Google Searching

Biawak


Biawak
Baby  Biawak
Hewan Reptil Biawak termasuk dalam golongan kadal besar, suku biawak-biawakan (Varanidae), yang merupakan binatang Reptilia.Banyak sebutan untuk Biawak dalam berbagai bahasa antara lain: berekai (Madura), bayawak (Sunda), menyawak atau nyambik (Jawa),  dan monitor lizard atau goanna (Inggris).

Biawak raksasa dan terkenal ialah biawak komodo (Varanus komodoensis), yang panjangnya dapat melebihi 3 m. Biawak ini dapat memburu rusa, babi hutan dan anak kerbau. Bahkan ada kasus-kasus di mana biawak komodo menyerang manusia, meskipun jarang terjadi.
Biawak raksasa ini memiliki habitat menyebar terbatas di beberapa pulau kecil di Nusa Tenggara, seperti di p. Komodo, p. Padar, p. Rinca dan di ujung barat p. Flores.

Biawak yang sering ditemukan di desa-desa dan perkotaan di Indonesia barat kebanyakan adalah biawak air dari jenis Varanus salvator. Biawak ini memiliki panjang tubuhnya (moncong hingga ujung ekor) umumnya sekitar 1 m lebih sedikit, meskipun ada pula yang dapat mencapai 2,5 m.


Habitat dan Makanan Biawak

Biawak memangsa aneka serangga, ketam atau yuyu, berbagai jenis kodok, ikan, kadal, burung, serta mamalia kecil seperti tikus dan cerurut untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Selain itu biawak juga kerap mencuri telur, memangsa anak burung atau memakan bangkai, telur kura-kura, penyu atau buaya yang hidup di habitat hutan bakau. Biawak termasuk jenis hewan yang pandai memanjat pohon. 

Video :   Baby Biawak di Tengah Kota

Kehidupan Biawak

Hewan Biawak ini berkembang biak dengan bertelur. Biawak jantan biasanya berkelahi lebih dulu untuk memperlihatkan penguasaannya sebelum mengawini betinanya . Pertarungan biawak ini unik dan menarik, karena dilakukan sambil ‘berdiri’. Kedua biawak itu lalu saling pukul atau saling tolak sambil berdiri pada kaki belakangnya, sehingga tampak seperti menari bersama. 

Telur-telur biawak disimpan di pasir atau lumpur di tepian sungai, bercampur dengan daun-daun busuk dan ranting. Panas sinar matahari dan proses pembusukan akan menghangatkan telur, sehingga menetas.


Komentar