Google Searching

Indahnya Panorama di Aquascape

Aquascape
 Aquascape

Apa Itu Aquascape?
Perbedaan  istilah Aquarium dengan Aquascape.  Yang membedakan antara aquarium dan Aqua scape adalah teknik dalam pemanfaatan dan penggunaan pada box tersebut (isi). 

Kalau Aquarium merupakan tempat memelihara ikan hias (biasanya berukuran sedang, seperti maskoki, arwana, dsb) biasanya media yang digunakan tembus pandang seperti kaca atau fiber. Sedangkan Aqua scape bagian dari Aquarium dengan tampilan hiasan dapat berupa berbentuk taman, hutan, gunung/bukit, atau pun kombinasi dari semuanya. 

Sehinggga dapat dikatakan Aquascape adalah seni mengatur tanaman air, batu, karang dan kayu agar terlihat alami dan indah dipandang dalam akuarium sehingga memberikan efek/sensasi seperti berkebun di bawah air.

Taman yang tumbuh dalam Aquascape dapat terdiri dari tanaman air, fosil/batu, dan kayu sebagai media pertumbuhan tanaman (moss)dan  ikan yang hidup didalamnya merupakan jenis ikan berukuran kecil yang tidak merusak tanaman (pemakan tanaman) atau ikan bertipe predator. Aquascape sendiri merupakan sebuah  bentuk ekosistem/biota laut kecil. Umumnya setelah berumur aquascape berumur 2 bulan, ekosistemnya sudah mulai tercipta. Ada 4 faktor utama dalam aquascape, yaitu :

- Lighting/pencahayaan (pengganti matahari untuk fotosintesis), 
- Karbon dioksida atau Co2 untuk tanaman
- Nutrisi/pupuk pada tanaman, dan 
- Filterisasi (saringan untuk menjaga kualitas air). 

Selain itu juga perlu diperhatikan suhu air dijaga antara 26-28 derajat celcius (kalau air terlalu panas bisa terjadi alga booming karena fotosintesis berlangsung cepat, tumbuhan dan ikan mati, sedangkan kalau air terlalu dingin juga bisa membuat beberapa tipe ikan menjadi pasif), tingkat keasaman air (pH) dengan rentang nilai 1 -14, idealnya 7 (netral), kandungan mineral dalam air (Ca, Mg, Sr, Fe, Mn, dsb), serta karbon dioksida (co2) dan oksigen (o2) terlarut.

Untuk jenis tanamannya sendiri biasanya yang mudah dirawat saja (seperti moss), karena ada beberapa jenis tanaman air memerlukan teknik perawatan tinggi dalam pengembangbiakannya, seperti suhu air harus dibawah 20 derajat (biasanya tidak semua ikan dapat bertahan di suhu itu), dan itu memerlukan chiller/pendingin air.Aqua scape juga memerlukan tabung co2 dan 1 set alatnya (regulator, reaktor, difuser, check valve, buble counter, selangg).

Aquascape
Indahnya Panorama di Aquascape dengan ikan Kardinal Tetra.

Jenis ikan yang biasa dipelihara umumnya bukan jenis predator seperti:  clown fish, blue tang, neon tetra, dsb. Sebagian hobiis memelihara ikan bertipe cleaning service/office boy sebagai pembersih alami, seperti ikan cae/lae, atau udang red cherry dan keong turbo (keong tanduk). Jenis Keong yang satu ini tugasnya memakan lumut, alga dan kotoran laut lainnya dengan rakus. Terdapat Pilihan untuk pembersih ini yaitu antara udang atau keong, tapi ingat jangan terlalu banyak karena apabila kebanyakan, bisa-bisa tanaman air-nya ikut dimakan juga.

Dibawah ini ada beberapa gambar dari Aquascape yang saya dapat kan dari berbagai sumber di Internet:

Lihat Video: 
Uniknya Aquascape Berkabut, Keren Abis !



Aquascape

Indahnya Panorama di Aquascape dengan Ikan Guppy

Aquascape
Indahnya Panorama di Aquascape Dengan Hiasan batu alam.

Aquascape

 Beberapa type Aquascape yang saya dapatkan dari berbagai sumber di Internet, Gimana indahkan terasa adem yah. keren.


Lihat Video: 
https://www.youtube.com/watch?v=hBDGI9DMcXg



More:


.

Komentar