Google Searching

Info

Kamis, 15 November 2018

Melati Putih (Jasminum Sambac)

Melati Putih (Jasminum Sambac)

Melati Putih (Jasminum Sambac)

Bunga Melati merupakan salah satu jenis bunga yang populer dan disukai masyarakat dengan warnanya yang putih bersih dan harum wanginya. Tanaman melati banyak ditanam orang sebagai tanaman hias atau untuk diambil bunganya.

Bunga Melati putih termasuk tanaman perdu yang tumbuh sangat baik di daerah tropis dengan tekstur tanah yang ringan, kaya akan unsur hara dengan sistem drainase yang baik. Sehingga Indonesia sebagai Negara yang terletak di daerah tropis sangat memenuhi syarat untuk tumbuh dan berkembangnya bunga melati.

Melati putih atau Jasminum sambac adalah spesies melati yang berasal dari Asia selatan (di India, Myanmar dan Sri Lanka. Penyebaranya dimulai dari Hindustan ke Indocina, lalu Kepulauan Melayu. Bunga ini menjadi satu dari tiga bunga nasional Indonesia (sebagai "Puspa Bangsa"). Bunga ini juga menjadi bunga nasional Filipina. (Wikipedia).

Melati Putih (Jasminum Sambac) menjadi bunga Nasional berdasarkan:Keputusan Presiden No.4/1993, Negara Indonesia memiliki 3 bunga nasional. Bunga Nasional adalah bunga yang melambangkan karakteristik suatu bangsa dan Negara. Jenis-jenis bunga yang dinobatkan sebagai Bunga Nasional Indonesia adalah :

1. Bunga Melati Putih ( Jasminum sambac ) sebagai Puspa Bangsa.
2. Bunga Anggrek Bulan ( Phalaenopsis amabilis ) sebagai Puspa Pesona.
3. Bunga Padma Raksasa ( Rafflesia arnoldi ) sebagai Puspa Langka.
Peranan bunga Melati sebagai Puspa Bangsa,memiliki makna penting dalam berbagai tradisi dan budaya Indonesia. 

Melati Putih (Jasminum Sambac)
Melati Putih (Jasminum Sambac)

Bunga Melati Putih (Jasminum Sambac) ini merupakan bunga yang paling penting dalam berbagai upacara perkawinan dari suku suku di Indonesia. Dalam lagu dan puisi perjuangan Indonesia , melati juga digunakan sebagai perlambang pahlawan yang gugur di medan juang. Sosoknya mungil , putih bersih terlihat sangat sederhana dan memiliki keanggunan yang luar biasa. Melati putih banyak digunakan dalam melambangkan kesucian, keanggunan dan ketulusan.  Makna lain dari  Melati putih juga melambangkan kerendahan hati karena meskipun bunga melati ini kecil dan sederhana namun memiliki aroma harum semerbak yang lembut dan menawan.

Melati putih memiliki kandungan-kandungan zat seperti minyak eteris (zat berbau) , Indole, Linalcohol , Asetat benzilic , alcohol benzilik , Livalyacetaat dan jasmon. Berbagai kandungan zat-zat kimia tersebut bisa dijadikan bahan dasar obat untuk mengatasi nyeri otot , nyeri sendi , sakit kepala , meredakan ketegangan syaraf , menumbuhkan gairah dan semangat hingga bisa menekan sikap apatis dan kecemasan. Aromanya yang wangi , lembut , dapat membuat tekanan darah stabil sehingga mencegah stroke.  Bunga melati ini memiliki aroma yang dapat menstabilkan emosi.

  
Klasifikasi ilmiah Melati Putih (Jasminum Sambac)

Kingdom:     Plantae
Divisi:     Magnoliophyta
Kelas:     Magnoliopsida
Ordo:     Lamiales
Famili:     Oleaceae
Genus:     Jasminum
Spesies:     J. sambac
Nama binomial: Jasminum sambac (L.) Sol. ex Aiton, 1789


Posting Bunga Lainnya:
Melati Putih (Jasminum Sambac)
Bunga Rafflesia Arnoldii Bunga Terbesar Dunia
Bunga Bangkai (Amorphophallus Titanum)
Bunga Neelakurinji Bunga Terlangka di Dunia
Bunga Keduduk
Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)
Bunga Pukul Delapan
Koleksi Bunga Adenium Corak Unik
Koleksi Bunga Adenium Warna Pink
Koleksi Bunga Adenium Warna Putih
Koleksi Bunga Adenium Warna Merah


 Referensi:
 https://id.wikipedia.org/wiki/Melati_putih
 https://indonesianplants.blogspot.com/search/label/Melati%20putih%20%28%20Jasminum%20sambac%20%29

Info Bisnis:
 
Mobile ads:


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo