Info

Rabu, 06 November 2019

Membuat Pupuk Hijau Dari Sampah Dapur

Salah satu bentuk pupuk organik adalah pupuk hijau. Pupuk hijau merupakan pupuk yang berasal dari pelapukan tanaman, baik sisa panen, tanaman yang sengaja ditanam, maupun gulma atau sumber pupuk hijau yaitu tanaman liar.

Buat ibu ibu rumah tangga dapat juga membuat Pupuk Hijau dari limbah atau sampah rumah tangga yang terdiri dari sisa sampah dapur atau daun-daun hijau. Nah, bagi anda yang memiliki hobi bercocok tanam pastinya banyak menggunakan pupuk. Postingan kali ini, mari kita belajar Membuat Pupuk Hijau Dari Sampah Dapur. Persiapan dalam Membuat Pupuk Hijau Dari Sampah Dapur

Bahan dan Komposisi pembuatan pupuk hijau:
- 200 kg hijau daun atau sampah dapur.
- 10 kg dedak halus.
- Seperempat kg gula pasir/gula merah.
- Seperempat liter bakteri/mikroba atau 1 kapsul 500 mgr OH (lihat resep diatas)
- 200 liter air atau secukupnya.

Cara Pembuatan Pupuk Hijau Dari Sampah Dapur:

Daun-daun hijau atau sampah dapur dicacah dan dibasahi. Setelah semua bahan menjadi basah merata lalu campurkan dedak halus atau bekatul dengan daun-daun hijau yang telah dicacah tadi.

Cairkan gula pasir atau gula merah dengan air, lalu  masukkan bakteri ke dalam air. Campurkan dengan cairan gula pasir atau gula merah, lalu aduk hingga rata.

Cairan bakteri dan gula yang telah disiapkan, disiramkan pada campuran hijau daun/sampah dan bekatul. Aduk sampai rata, kemudian digundukkan/ditumpuk hingga ketinggian 15-20 cm dan ditutup rapat.

Dalam waktu 3-4 hari pupuk hijau sudah jadi dan siap digunakan.

Cara penggunaan pupuk organik hijau yaitu dengan cara pembenaman langsung pupuk hijau yang kita buat tadi pada tanaman yang akan kita beri pupuk. Tanaman pupuk hijau yang dibenamkan akan mengalami penguraiaan oleh mikroorganisme tanah, senyawa kompleks yang terdapat pada tanaman akan dipecah menjadi senyawa sederhana.
Pemakaian Pupuk hijau organik berfungsi sebagai sumber nutrisi, menjaga kelembaban tanah yang diaplikasikan sebagai mulsa, dan dapat mencegah erosi.
Fungsi, manfaat dan karakteristik pupuk hijau sama seperti pupuk organik lain yaitu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah dengan memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kapasitas tukar kation, memicu aktivitas biologi tanah atau mikroba tanah, sehingga dapat meningkatkan produktivitas lahan pertanian.

Tag: #Pupuk Hijau, #Pupuk Dari Sampah Dapur


Posting lainnya:
Membuat Pupuk Hijau Dari Sampah Dapur


Info Lainnya:


Info Bisnis:






Mobile ads:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo