Langsung ke konten utama

Unggulan

Gambar Kura Kura Kolase Tugas Pelajaran SBDP

  Gambar Kura Kura Kolase  Disekolah pada pelajaran SBDP , Seni Budaya dan Prakarya, mendapat tugas membuat Gambar Kolase Kura-kura. Berikut ini adalah hasil prakarya yang aku buat, dengan warna Hijau di koombinasikan dengan Hijau tua pada bagian kaki, kepala dan ekor kura-kura.  Gambar Kura Kura Kolase Tugas Pelajaran SBDP Gambar Kolase Ikan Nemo Cantik . Cara membuat Gambar Kura Kura Kolase  Bahan bahan:  1. Pertama disiapkan dulu kertas yang berisi sketsa Kura kura.  Lihat: Koleksi Sketsa Kura-kura silahkan Download. 2. Kertas Origami  Kertas Origami pilih warna yang sesuai dengan gambar atau dengan warna yang diinginkan.  Beli kertas origami dengan tekstur dan warna yang berkualitas baik, untuk hasil yang baik. 3. Siapkan Pinset  Fungsinya untuk menempelkan guntingan kertas ke gambar sketsa kura-kura. 4. Siapkan Gunting kertas 5. Siapkan lem kertas  Untuk menempelkan guntingan kertas Origami. 6. Pinsil Gambar Kura Kura Kolase Tugas Pelajaran SBDP Cara membuat bentuk gambar kolase

Apa itu vitamin?



Apa itu vitamin?

Vitamin merupakan nutrien organic yang dibutuhkan dalam jumlah kecil untuk berbagai fungsi
biokimiawi dan yang umumnya tidak disintesis oleh tubuh sehingga harus dipasok dari makanan.
Vitamin adalah zat organik  yang sangat penting dalam membantu perkembangan fisik dan mental manusia, meski dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sedikit. 

Vitamin yang pertama kali ditemukan adalah vitamin A dan B. Kemudian ditemukan lagi vitamin-vitamin yang lain yang juga bersifat larut dalam lemak atau larut dalam air. Sifat larut dalam lemak atau larut dalam air dipakai sebagai dasar klasifikasi vitamin.

Jenis-jenis vitamin dan perbedaannya
Ada dua kelompok vitamin yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Vitamin yang larut dalam lemak 
Vitamin ini tersimpan pada sel-sel lemak dan memerlukan lemak agar dapat diserap. 
Yang termasuk vitamin larut lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Mirip seperti lemak, vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan jika jumlahnya sudah berlebih dan akan digunakan untuk proses selanjutnya. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya mengonsumsi suplemen vitamin-vitamin ini secukupnya saja. Bila dikonsumsi berlebihan, vitamin ini tidak dibuang oleh tubuh sehingga dapat berbahaya bagi kesehatan Anda.

Vitamin yang larut dalam air
Kebalikannya dari vitamin yang larut dalam lemak, vitamin yang larut dalam air tidak dapat disimpan dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh manusia perlu mengonsumsi vitamin larut air setiap hari dalam jumlah yang sesuai. Keunggulannya, vitamin jenis ini dapat diserap kapan pun tanpa harus membutuhkan lemak. Vitamin yang larut dalam Air adalah Vitamin C dan Vitamin B.
Vitamin yang larut dalam air tidak pernah dalam keadaan toksisitas di didalam tubuh karena kelebihan vitamin ini akan dikeluarkan melalui urin.

Manfaat masing-masing vitamin
Mengetahui manfaat dan efek kesehatan dari masing-masing vitamin adalah hal yang penting. Agar kita dapat menyeimbangkan pola makan dan mengetahui gejala-gejala defisiensi atau kekurangan vitamin tertentu. Ada 6 jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga fungsi tubuh manusia.

Vitamin A 
Berfungsi untuk memelihara kesehatan mata dan fungsi imun, menjadi salah satu faktor utama yang membantu pertumbuhan sel, serta berperan dalam proses pembentukan gen dan protein. Gejala kekurangan vitamin A adalah gangguan penglihatan dan rentan terkena infeksi.

Vitamin K 
Membantu proses pembekuan darah. Gejala kekurangannya antara lain jadi mudah lebam, darah berwarna hitam pekat, dan ada bekuan darah kecil di bawah kuku.

Vitamin D 
Membantu penyerapan kalsium dan fosfor yang penting bagi kesehatan tulang serta memelihara sistem saraf. Gejala kekurangan vitamin D adalah Rakitis pada anak-anak dan osteomalacia pada orang dewasa.

Vitamin E 
Melindungi membran sel, mencegah pembekuan darah yang berlebihan, serta memasok oksigen ke dalam darah. Gejala kekurangan vitamin E antara lain cemas, masalah pada sistem peredaran darah, dan sistem reproduksi.

Vitamin B
Menyediakan cadangan energi (vitamin B6) dan melepaskan energi (vitamin B12), memelihara sistem saraf dan visual. Gejala kekurangan vitamin B adalah anemia, peradangan, lemas, paranoid, parestesia, nyeri, diare, dan lain-lain.

Vitamin C 
Membantu pembentukan kolagen sekaligus melawan radikal bebas yang dapat merusak DNA. Maka, gejala kekurangan vitamin C di antaranya adalah badan lemas, nyeri otot dan sendi, kulit kering, lidah pucat, mimisan, luka lama sembuhnya, dan lain-lain.

Sayangnya, tubuh manusia tidak dapat memproduksi vitamin sendiri. Maka sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin.

Posting Kesehatan Lainnya:
Apa itu vitamin?
13 Jenis Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia Mencegah Batu Empedu Secara Alamiah
Gejala Aneurisma Apa Itu ?
Coffee can increase libido
Jahe untuk Terapi Kanker
Cara Alami Untuk Awet Muda Dengan kolagen
10 Makanan Ini Tingkatkan Metabolisme Tubuh
Inilah 10 Makanan Penyembuh
Lemak Berkurang Dengan Makanan ini
Cara Tradisional Usir Bau Badan
Stroberi Dapat Melindungi Jantung
Cobalah konsumsi enam makanan membantu Anda mengusir stres secara sehat.
Jangan biarkan otak melemah akibat pola diet tak seimbang.


Referensi:
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/jenis-vitamin-adalah/
http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/9
https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/jenis-vitamin-adalah/


Info:

Komentar

Postingan Populer