Info

Jumat, 31 Juli 2020

Manfaat Aromaterapi Minyak Esensial Rosemary

Manfaat Aromaterapi Minyak Esensial Rosemary
Bunga Rosemary (Wikipedia)

Rosemary (Rosmarinus officinalis L.) merupakan suatu bahan rempah dan salah satu tanaman yang termasuk dalam tanaman herbal aromatik karena memiliki aroma yang khas. Rosemary termasuk dalam divisi Magnoliophyta , karena tanaman rosemary merupakan tanaman berbunga bukan monokotil maka digolongkan dalam kelas Magnoliopsida yang tergabung dalam famili Lamiaceae.

Tanaman yang berasal dari negara Eropa ini secara luas digunakan di dunia karena memiliki aroma khas dan kaya akan minyak atsiri dan dipercaya sebagai aromaterapi yang mampu membantu fungsi dan kerja otak.
Minyak esensial rosemary mengandung beberapa komponen dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Komponen utama terdiri dari a-pineole, 1,8- cineole and camphor. 

Senyawa aktif 1,8-cineole yang terdapat dalam rosemary ini dapat merangsang sistem saraf pusat terutama locus cereleus untuk mensekresikan noradrenalin yang bersifat stimulan sehingga dapat mempengaruhi kemampuan kognitif seseorang. Literatur lain juga melaporkan bahwa dampak pembau minyak esensial rosemary dapat merangsang dan mengontrol kerja simpatis di sistem saraf pusat sehingga mampu mempengaruhi daya konsentrasi dan memori. 

Manfaat Aromaterapi Rosemary

1. Meningkatkan Sistem Imun
Minyak Rosemary mengandung carnosol dan myrcene, dua bahan kimia yang bertindak sebagai antioksidan kuat dan memburu radikal bebas yang dapat merusak sel-sel Anda dan menyebabkan sejumlah infeksi dan penyakit. Dengan demikian, menghirup minyak rosemary secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.

2. Anti- Inflamasi
Minyak ini bekerja sebagai agen anti-inflamasi yang kuat karena mengandung asam caffeic, asam rosmarinic, dan α-pinene yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri. Saatnya Anda mulai memijat area tersebut dengan minyak esensial rosemary.

3. Meningkatkan Pencernaan
Menggosok minyak rosemary di perut dan bagian bawah kaki Anda benar-benar dapat membantu sistem pencernaan. Ini karena minyak rosemary meningkatkan kualitas sekresi asam lambung dan volume empedu yang diproduksi oleh hati – dua komponen yang diperlukan untuk pencernaan yang baik. Dengan demikian, dapat membantu meringankan sembelit, kram perut, kembung, perut kembung (ya, maksud saya kentut), dan gejala dispepsia.

4. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi
Memerangi rasa sakit, rosemary adalah salah satu pilihan obatnya, karena kandungan carnosol dan kampernya. Keduanya ini adalah analgesik (mengurangi rasa sakit), anti-inflamasi (mengurangi pembengkakan), dan anti-nociceptive (memblokir sensasi rasa sakit). Oleh karena itu, secara tradisional telah digunakan untuk meringankan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo, dan gejala radang sendi dan rematik. Meskipun minyak rosemary telah disetujui oleh Komisi E Jerman untuk mengobati kondisi ini dan terbukti memiliki efek ini pada tikus, tidak ada bukti ilmiah yang konklusif bahwa ia melakukannya pada manusia.

5.Meningkatkan Sirkulasi
Penggunaan topikal minyak rosemary telah didapati mampu meningkatkan sirkulasi darah di area tertentu. Peningkatan sirkulasi darah dapat menawarkan sejumlah manfaat lain seperti menghilangkan rasa sakit dan membantu pembekuan darah yang cepat, yang pada gilirannya dapat mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Menyembuhkan Sakit Kepala 
Menggosok beberapa tetes minyak rosemary di antara kedua telapak tangan Anda dan menaruhnya di atas hidung dan mulut Anda. Sifat penghilang rasa sakit dari minyak esensial ampuh ini telah ditemukan sangat efektif dalam mengurangi sakit kepala.

 7. Meredakan Batuk, Demam dan Flu
Faktor umum antara batuk, pilek, dan flu? Ya, mereka semua disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Minyak esensial rosemary, ketika terhirup, bertindak sebagai agen antibakteri ampuh dan melawan infeksi ini.

8. Membantu Meningkatkan Aktivitas Pernafasan
Jika Anda ingin bernapas dengan mudah, saatnya Anda mengambil sebotol minyak esensial rosemary. Minyak kuat ini telah ditemukan untuk memberikan bantuan yang signifikan ketika datang ke gangguan pernapasan.
Eucalyptol dan kamper hadir dalam minyak rosemary membantu melebarkan bronkus di paru-paru Anda dan membantu aliran udara yang lebih baik. Dengan demikian, itu membantu dalam mengurangi sejumlah masalah pernapasan seperti membersihkan dada dan hidung tersumbat, mengurangi batuk, pilek, dan sakit tenggorokan, dan mengobati gejala alergi pernapasan dan sinusitis. Minyak rosemary juga memiliki sifat antispasmodic (meredakan kejang otot) yang bekerja dengan baik dalam mengobati asma bronkial.

9. Menurunkan Stres
Relaksasi dengan minyak rosemary, Setiap kali Anda merasa stres atau memiliki dorongan yang terlalu akrab “melawan-atau-terbang”, itu tidak lain adalah hormon kortisol yang dilepaskan ke dalam tubuh Anda. Siapa pun yang menderita stres kronis dapat memiliki kelebihan kortisol yang dilepaskan dalam tubuh mereka, yang dapat merusak keseimbangan hormon yang rumit dan mengganggu metabolisme normal, sehingga memberi jalan ke sejumlah penyakit lainnya. Tapi ada kabar baik! Wangi Minyak rosemary telah didapati bermanfaat untuk mengurangi tingkat kortisol dalam air liur secara signifikan. 

10. Bantu Lawan Kanker
Carnosol, komponen minyak rosemary, telah menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan dalam melawan kanker. Penelitian ekstensif yang dilakukan pada hewan juga telah membuktikan efek anti-kanker dari minyak rosemary pada usus besar, pankreas, payudara, prostat, leher rahim, kandung kemih, kanker ovarium, dan leukemia. Ini juga telah terbukti menghambat penyebaran karsinoma hati dan memperlambat pertumbuhan tumor. Namun, masih ada jalan panjang sebelum tautan tak terbantahkan ditemukan antara minyak rosemary dan efek anti kankernya.

11. Menghilangkan Bau Tidak Sedap
Minyak rosemary memancarkan aroma harum yang tak tertandingi oleh aroma lainnya. Tetapi apa yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa senyawa volatil myrcene yang ditemukan dalam minyak esensial ini yang memberikan aroma yang menyenangkan ini. Minyak rosemary banyak digunakan sebagai penyegar ruangan dan lilin wangi untuk menghilangkan bau tak sedap. Ini juga digunakan dalam kosmetik, produk mandi beraroma, dan parfum.

12. Mencegah STD
Minyak esensial rosemary mengandung dua senyawa yang sangat penting – beta-pinene dan limonene – yang memiliki sifat anti virus. Dua komponen ini telah ditemukan untuk mengurangi infektivitas virus herpes oleh 100% menakjubkan ketika diuji in-vitro. Namun, penelitian ekstensif masih perlu dilakukan untuk melihat seberapa efektif minyak akan ketika dihirup atau digunakan secara topikal untuk benar-benar mengurangi gejala dan infektivitas PMS dalam skenario kehidupan nyata.

13. Meningkatkan Kesehatan Mulut
Setengah sendok teh minyak rosemary dicampur dalam secangkir air suling bekerja sebagai obat kumur yang sangat baik. Aktivitas anti bakteri dari minyak rosemary membantu mencegah gigi berlubang, gingivitis, dan penumpukan plak. Ia bahkan menghilangkan bakteri Streptococcus sobrinus yang berakar di rongga gigi Anda dan merupakan penyebab utama kerusakan gigi.

14. Membantu Detoksifikasi Hati Dan Meningkatkan Fungsi Kandung Empedu
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa sifat antioksidan minyak rosemary membantu penyembuhan sel hati yang terluka pada tikus dan juga menghentikan penyebaran sel kanker di sel hati secara in-vitro. Menghirup rosemary juga telah dikenal untuk mengatur produksi dan penyimpanan empedu oleh hati dan kantong empedu, sehingga meningkatkan fungsi sistem pencernaan.

15. Meningkatkan Fungsi Kognitif
Menghirup beberapa minyak rosemary atau menambahkan beberapa tetes ke dalam alat pewangi ruangan Anda. Tidak hanya membantu meningkatkan konsentrasi, tetapi juga bagus untuk meningkatkan memori.

16.Membantu Mengurangi Ketegangan dan Kelelahan Saraf
Menghirup minyak rosemary ketika Anda merasa lelah atau tegang, bertindak sebagai stimulan dan membantu meningkatkan tekanan darah, detak jantung, dan laju pernapasan Anda. Ini, pada gilirannya, membantu Anda merasa lebih segar dan lebih berenergi.

17. Bekerja Sebagai Antidepresan
Khasiat lain digunakannya minyak rosemary untuk kesehatan mental adalah dengan bertindak sebagai antidepresan. Asam carnosol dan betulinic yang ditemukan dalam minyak rosemary telah ditemukan menciptakan efek antidepresan pada tikus. Aromaterapi menggunakan minyak rosemary juga membantu orang bersantai dan mengobati gejala depresi.

18. Membantu dalam Menghilangkan Kecemasan
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa menghirup minyak rosemary sebelum tes membantu mengurangi stress yang mengambil tes dan tingkat kecemasan secara keseluruhan pada mahasiswa keperawatan.

19. Mengurangi Jerawat Dan Melawan Tanda Penuaan
Aplikasi oles rosemary telah ditemukan untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Tapi bukan itu saja! Ini juga mengurangi bengkak di bawah mata dan meningkatkan sirkulasi untuk memberi Anda kulit bersinar. Selain itu, ia melawan kerusakan akibat sinar matahari dan kerusakan radikal bebas dan mengencangkan kulit Anda untuk melawan tanda-tanda penuaan.

20. Meningkatkan Kesehatan Rambut
Manfaatkan rosemary untuk meningkatkan kesehatan rambut ini, menanamkan kehidupan baru untuk rambut yang menipis, memberi Anda kunci yang lebih tebal, dan membantu mengobati ketombe. Selain itu, minyak esensial ini juga telah ditemukan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mengobati alopecia.

21. Bertindak Sebagai Pengusir Nyamuk dan Serangga
Minyak esensial Rosemary mengandung limonene dan kamper yang bekerja luar biasa dalam memukul mundur semua jenis serangga, terutama nyamuk.

Ternyata minyak rosemary menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Jadi silahkan dicoba!

Baca Juga:


Referensi:
https://wanita22.com/kesehatan-dan-kebugaran/manfaat-minyak-esensial-rosemary/
https://www.alodokter.com/6-manfaat-rosemary-bagi-kesehatan-tubuh
https://doktersehat.com/manfaat-rosemary-untuk-kecantikan/

Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo