Info

Minggu, 26 Juli 2020

Manfaat Resin


Resin banyak dimanfaatkan orang dalam kehidupan sehari hari, Berikut manfaat dari resin yang diantaranya adalah:

1. Membuat sabun vernis
Resin sendiri ternyata bisa digunakan untuk salah satu bahan untuk membuat sabun, dimana pada resin mengandung asam-asam resinat yang memiliki sifat gabungan dari fenol-fenol dan asam-asam karboksilat. Asam-asam ini pula keadaannya bebas, adapun yang terikat sebagai ester-ester, dari asam-asam tersebut maka akan dilarutkan dengan alkali yang nantinya akan membentuk larutan seperti sabun atau suspensi koloid yang memiliki buih. Lalu terdapat resinat yang merupakan garam-garam logam pada resin, logam-logam tersebut adalah bahan yang digunakan untuk membuat sabun yang vernis.

2. Kegunaan dalam lapangan farmasi
Selain dipakai sebagai bahan untuk membuat sabun, ternyata resin juga dapat dipakai untuk kepentingan bidang farmasi khususnya di lapangan. Tipe resin yang dipakai untuk kepentingan farmasi ini sering disebut sebagai Resin Farmaseutis. Pada kepentingan farmasi ini, resin didapatkan dengan banyak cara salah satunya dengan pemisahan minyak, pemanasan pada tumbuhan yang mengandung resin copaive, pengumpulan eksudat atau getah yang masih terdapat dalam tumbuhan, pengumpulan resin yang bersumber dari fosil.

 3. Menghilangkan kandungan kapur (CaCO3)
Kapur yang dihilangkan dalam air tanah dan mengandung nilai kapur yang tinggi dimana air tersebut akan dipergunakan untuk air minum atau untuk keperluan sehari-hari lainnya. Resin yang dipakai untuk membuang kandungan kapur dalam air tanah dan juga air gunung adalah resin kation.

 4. Menghilangkan kandungan magnesium (Mg)
Kandungan yang dihilangkan dalam air gunung dan air tanah tidak hanya kandungan kapur, namun juga magnesium yang juga ikut menghilang di dalam prosesnya. Sama seperti halnya pada proses menghilangkan kandungan kapur, pada magnesium pula menggunakan resin kation dalam proses menghilangkan magnesium tersebut.

 5. Menghilangkan kandungan kalsium
Tidak hanya kandungan kapur dan magnesium saja yang dihilangkan, pada air gunung atau air tanah yang masih mempunyai kesedahan tinggipun masih mengandung banyak kalsium. Dengan menggunakan proses yang sama yaitu dengan resin kation, kalsium yang terdapat dalam air tersebut juga akan menghilang. Maka air tersebut akan mengandung kesedahan yang rendah agar bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari.

 6. Sebagai softener
Softener merupakan pelembut terhadap air yang memiliki kesadahan yang tinggi, dimana air yang memiliki kesadahan yang tinggi tidak dapat digunakan dan jika digunakan akan menyebabkan terhadap fungsi air pada proses pencucian dan pembersihan. Resin yang dipakai dalam proses tersebut adalah resin kation.

 7. Menghancurkan berbagai herbivora, serangga dan pathogen
Selain sebagai kepentingan limbah, resin juga bisa dimanfaatkan untuk hal yang lainnya, misalnya pada point ini. Dimana pada point ini senyawa resin dapat beracun yang dimana dapat menghancurkan berbagai macam herbivora, serangga dan patogen, jadi bisa digunakan pula jika dilihat dari statement ini untuk obat serangga.

 8. Untuk pernis dan perekat
Resin yang memiliki tekstur keras dan bermassa ini bisa digunakan sebagai bahan dari pernis dan pelekat, atau bahkan dapat digunakan untuk pelapis makanan agar tampak terlihat agak mengkilat.

9. Untuk membuat kemenyan
Jenis oleo-resin yang mempunyai bau-bauan lembut merupakan resin yang biasanya dipakai untuk kemenyan.

10. Untuk terapi dan dupa
Manfaat lainnya dari resin yang dipakai merupakan resin permen yang terdapat kandungan minyak essensial untuk terapi dan dupa. Kandungannya adalah gamboge, asafoetida dan ammoniacum.

11. Pembuatan busur instrumen string
Resin juga bisa dipakai sebagai bahan untuk membuat busur instrument string, rebec fan erhu serta biola. Resin yang dipakai adalah resin yang berbentuk rosin, alasannya adalah resim mempunyai kemampuan pada senar ketika digesekan. Resin tersebut bisa memberikan gesekan tambahan untuk meningkatkan kualitas suara. Selain itu resin juga digunakan pada sepatu balerina, caranya adalah dengan mengoleskannya pada sepatu supaya pegangan di lantai bisa meningkat sehingga tidak licin.

12. Membuat piagam
Resin juga mempunyai manfaat lain untuk proses pembuatan kerajinan tangan seperti patung dan juga piagam. Resin yang dipakai adalah Resin 108.

13.  Membuat bola bowling
Resin juga dipakai pada sepuluh-pin nya dengan memberikan partikel tambahkan pada sampul bola bowling, alasannya yaitu untuk memberikan kemudahan dalam pencapaian dalam serangan terhadap pin dan ketika bola bowling menggelinding pada trackier.

14. Bahan campuran pembuatan kapal
Resin yang dipakai untuk membuat kapal ini adalah resin dengan jenis 157 BQTN, yang dimana pada resin ini mempunyai daya tahan terhadap air pada suhu normal dan pada asam lemah.

Resin yang digunakan untuk membuat kapal ini adalah resin jenis 157 BQTN, dimana pada resin jenis ini memiliki ketahanan yang baik terhadap air dengan suhu normal serta pada asam lemah.

15. Untuk menyelubungi antenna
Resin adalah salah satu bahan campuran dalam GRP atau nama lainnya adalah Glass-reinforced Plastic, GRP adalah plastic yang memiliki serat kaca. GRP dapat digunakan untuk menyelubungi bagian luar antena, hal itu karena kemampuan GRP yang mampu menyerap frekuensi radio serta dapat menurunkan pemancaran sinyal yang rendah pada antena.

Diatas merupakan penjelasan mengenai bagaimana resin terbentuk, beberapa jenis resin dan manfaat resin yang dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari bagi manusia, baik untuk kegiatan industri maupun yang lainnya.

Referensi:
https://manfaat.co.id/manfaat-resin
https://id.wikipedia.org/wiki/Resin
https://resincraft.wordpress.com/2016/03/18/resin-sintesis-bening-untuk-kerajinan/
https://lycal-indonesia.com/mengenal-jenis-jenis-resin-fungsi-dan-kegunaannya/
https://www.chelidonian.com/jenis-jenis-resin-dan-kegunaannya/

Postingan lainnya: 


Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo