Info

Minggu, 26 Juli 2020

Resin Sintesis


Resin sintesis memiliki dua sifat jika dilihat dari proses pembentukannya. Jika dibentuk dengan tanpa reaksi kimia ia akan bersifat Termoplastik (dapat kembali ke bentuk semula) dan apabila dibentuk secara reaksi kimia maka sifatnya adalah Termoset (tidak bisa kembali ke bentuk semula) sebagai contoh: epoxy, polyuretan, polyster dll.

Resin sintesis yang banyak ditemukan di tempat berjualan untuk membuat kerajinan fiberglass biasanya terdiri dari 2 zat yaitu polymed yang berfungsi untuk hardenernya dan resin sintesis yang berfungsi sebagai basenya.

Rupa-rupa resin sebagai bahan untuk membuat menjadi kerajinan yang ada di pasaran: 

Epoxy Clear Resin AB
Kuatnya daya tahan yang dimiliki, mempunyai sifat waterproofing yang begitu tinggi, tahan pada asam dan alkali. Terdapat 2 unsur yaitu Epoxy resin PolyAmido Amine yang bersifat cair dan juga bersifat transparan dengan adanya perbandingan antara based: hardener tergantung jenis kebutuhan.

Resin Lycal
Resin jenis ini memiliki kualitas yang cukup diakui dan banyak digunakan.  Terdiri dari 2 komponen yaitu part A (resin) dan part B (hardener). Resin ini memang dibuat secara khusus untuk kerajinan tangan dan untuk pelapisan yang sangat bening dan transparan. Tahan terhadap pancaran sinar matahari.  Salah satu sifat dari resin lycal ini dibanding jenis lainnya, yaitu sifatnya yang lebih kental. Apabila Anda ingin menggunakan resin lycal ini, Anda dapat menggunakan perbandingan sebagai berikut, resin : hardner umumnya 2:1.

Resin Upcast
Jenis resin yang kemungkinan paling mudah Anda temui di pasaran. Namun, resin jenis ini sering disebut sebagai resin bening karena biasanya para penjual di toko kimia memiliki  nomor seri resin 3126 atau resin 108. Kelemahan resin jenis ini tidak tahan pada sinar UV, apabila terkena sinar matahari maka resin jenis ini akan kuning. Dengan sifatnya yang sedikit buram, resin seperti ini tepat sekali jika digunakan untuk keperluan pelapisan tipis. Selain digunakan untuk media kerajinan, Resin memiliki manfaat lainnya dalam kehidupan sehari hari. 

More:

Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo