Google Searching

Tanaman Kacang tanah (Arachis Hypogea)

Andaliman dikenal dengan "Merica Batak"


Andaliman atau Merica Batak

Andaliman dikenal dengan "Merica Batak"


Andaliman atau  nama latinya Zanthoxylum Acanthopodium, merupakan jenis bunga-bungaan di dalam keluarga citrus. Tumbuhan Andaliman di Sumatera Utara dikenal dengan sebutan "Merica Batak". Tumbuhan Andaliman ini banyak ditemukan di Asia Timur dan Selatan. Mereka sering menyebut sebagai Szechuan Peper. Andaliman termasuk kedalam rumpun jeruk-jerukan mengandung vitamin C , E dan senyawa minyak atsiri dan alkaloid yang berfungsi sebagai anti oksidan dan anti mikroba.

Buah Andaliman yang berbentuk bulat dan kecil berenteng itu hanya tumbuh di dataran tinggi dengan suhu sejuk di sekitar Danau Toba.

Tanaman endemik Danau Toba ini kerap disebut 'merica Batak' karena sering digunakan sebagai bumbu dasar dalam masakan khas Batak. Andaliman merupakan bumbu masakan yang digunakan kulitnya, bumbu ini meninggalkan jejak rasa getir, kelu atau kebal di lidah. Disamping sebagai bumbu dapur, oleh masyarakat juga dibuat produk olahan berbahan dasar andaliman seperti Pizza andaliman, Bandrek, Sambal dan lainnya. 

Menu masakan yang menggunakan andaliman ini antara lain Dekke arsik, Jagal naniarsik, Saksang atau Tanggo-tanggoSambal rias dan Sambal untuk daging panggang.





Komentar