Google Searching

Teritip Gooseneck Pelagis

Cungkring Makanan Khas Bogor

Cungkring Makanan Khas Bogor (Foto: travel.kompas.com)

Cungkring  sebuah nama makanan khas yang ada di daerah Bogor. makanan ini merupakan menu sarapan di Bogor yang berbahan dasar kaki sapi yang disiram dengan bumbu sate. Sajian makanan ini dapat dijumpai di Jalan Surya Kencana - Bogor.

Makanan dengan nama Cungkring ini terbuat dari bahan dasar kaki sapi.  Olahan dasar sapi yang terdiri dari kikil, damrat, kulit hingg urat sapi. Dipadukan dengan lontong dan bumbu kacang, kunyit dan cabai, serta tidak lupa tempe keripik. 

Salah satu bahan dasar yang menjadi Favorit adalah urat sapi, dengan tekstur yang lebih mirip dengan daging sapi membuat cungkring semakin lezat untuk disantap.

Untuk membuat makanan ini tentunya butuh keahlian khusus untuk membuatnya. Ada trik trik tertentu dalam mengolahnya sehingga hasil olahan kaki sapi menjadi tidak berbau dan teksturnya tidak keras pada saat di makan. 

Saat ini banyak penjual Cungkring dengan bahan dasar kulit sapi, sehingga rasanya kurang sedap tidak seperti menggunakan bahan dasar kaki sapi,  hal ini terjadi akibat langkanya kaki sapi. 

Salah satu penjual Cungkring yang cukup lama dan terkenal di kalangan masyarakat Bogor adalah Pak Jumat, yang sekarang usahanya di lanjutkan oleh Kang Deden anak dari Pak Jumat sendiri yang berjualan di sekitar Jl Suryakencana, tepatnya di dekat perempetan Gang Aut, di kawasan puncak. Buka sejak jam 7.00 pagi, Harga seporsi cungkring Rp20 ribu saja dengan isian dua kikil, satu lontong dan keripik tempe untuk menikmati kuliner khas Bogor ini. Cungkring cocok untuk dijadikan sarapan pagi untuk memulai aktivitas. 

Nah bagi anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri dirumah dapat di coba resep membuat Cungkring khas Bogor dari cookpad.com. 

Bahan-bahan membuat Cungkring.

250 gr kaki sapi atau kulit sapi

Bumbu Ungkep :

5 siung bawang merah

2 siung bawang putih

1 ruas jari jahe

1 ruas jari kunyit

1 sdt garam

1/2 sdt lada bubuk

1 lembar daun salam

Bumbu Kacang :

50 gr kacang tanah, digoreng

50 gr kentang, direbus

2 siung bawang putih,digoreng

3 buah cabai keriting

1 sdm gula merah

1 sdm kecap manis

1/2 sdt garam

1/2 sdt gula pasir

2 lembar daun jeruk

Secukupnya air

Pelengkap :

Secukupnya lontong

Secukupnya gorengan (Bakwan sayur)

Secukupnya jeruk limau

Secukupnya bawang goreng

Secukupnya sambal

Secukupnya kecap manis

Secukupnya air

Secukupnya minyak goreng

Panduan Langkah-langkah membuat Cungkring Makanan Khas Bogor.

1. Siapkan kikil/kulit sapi. Potong-potong. Cuci bersih. Kemudian rebus sampai mendidih. Sisihkan.

2. Blender bumbu ungkep sampai halus. Kecuali daun salam. Kemudian tumis bersama daun salam sampai harum dan layu.

3. Masukkan kikil/kulit sapi. Aduk rata. Masak sampai bumbu meresap dan kuah menyusut.

4. Blender kacang tanah,kentang,bawang putih dan cabai keriting sampai halus. Kemudian masak bersama daun jeruk,air,gula merah,gula pasir,garam dan kecap manis sampai meletup-letup. Sisihkan.

5. Siapkan lontong,kikil/kulit sapi,bakwan di atas piring. Siram dengan bumbu kacang. Beri taburan bawang goreng,kecap manis dan perasan jeruk limau. 

Sajikan.

Lihat lainnya: 

Lokasi Wisata Kuliner di BOGOR,  # Aneka Kuliner, # Kuliner Bogor , # Tempat Wisata 



Komentar