Google Searching

Tanaman Kacang tanah (Arachis Hypogea)

Jangkrik atau Cengkerik (Gryllidae)

 

Jangkrik atau Cengkerik (Gryllidae)


Jangkrik, Jengkerik atau cengkerik (Gryllidae) tergolong kedalam  kelas kelas insekta atau Serangga. Jangkrik merupakan serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, memiliki tubuh kecil silindris, kepala hampir bulat dan sungut panjang seperti benang. 

Jangkrik adalah omnivora, dikenal dengan suaranya yang khas, yang dihasilkan oleh cengkerik jantan. Suara ini digunakan untuk menarik kedatangan betina dan mengusir kehadiran jantan lainnya. Suara cengkerik ini semakin keras dengan naiknya suhu sekitar. Di dunia dikenal sekitar 900 spesies cengkerik, termasuk di dalamnya adalah gangsir.

Jenis Jangkrik yang sering dipelihara orang untuk didengan suaranya maupun di adu, antara lain: 

Jangkrik kalung (Gryllus bimaculatus)

Jangkrik kalung 


Jangkrik celiring (Teleogryllus spp.)


Jangkrik celiring 


Jangkrik Gangsir (Brachytrupes portentosus)

Jangkrik Gangsir 

Habitat Jangkrik 

Jangkrik dapat hidup di berbagai macam habitat, meski Kebanyakan, jangkrik tinggal di antara rerumputan, semak-semak, dan sebagian lagi di atap tajuk pepohonan. Ada pula jebis Jangkrik juga hidup di tanah dan gua, ada yang menggali lubang-lubang yang dangkal ataupun dalam di tanah, ada pula yang hidup di balik tumpukan batu atau kayu lapuk.

Cara berkembang biak Jangkrik 

Jangkrik berkembang biak dengan cara bertelur dikategorikan sebagai metamorfosis tidak sempurna. Hal ini didasarkan karena siklus hidup jangkrik hanya ada tiga, yaitu telur, nimfa dan imago atau jangkrik dewasa. Karena tidak melalui pupa inilah jangkrik tidak mengalami metamorfosis sempurna.

Jangkrik berkembang biak dengan cara bertelur atau Ovipar. Jangkrik betina mengeluarkan telur-telurnya melalui sebuah alat reproduksi bernama Ovipositor, yang bentuknya menyerupai sebuah Jarum. Hal inilah yang membuat Jangkrik mudah dikenali apakah ia berjenis kelamin jantan atau betina. Jika ada Jangkrik yang memiliki "sebuah jarum" di bagian belakang tubuhnya, maka sudah bisa dipastikan bahwa Jangkrik tersebut adalah Jangkrik betina.

Makanan Jangkrik 

Jangkrik di habitat aslinya yang kebanyakan makan daun-daunan. Makanan jangkrik adalah sayuran. Jenis sayuran yang mengandung banyak air merupakan pakan yang cocok untuk jangkrik. seperti: Sawi putih, Sawi dan sayuran hijau seperti daun-daunan.





Komentar