Google Searching

Tanaman Kacang tanah (Arachis Hypogea)

Jenis Sumber Energi Yang Dihasilkan Bumi

Ilustrasi sumber energi (www.iatekunsri.com)


Kehidupan sehari hari kita sangat membutuhkan Enegi, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, semuanya memerlukan energi untuk melakukan aktivitasnya. Selain mahluk hidup, berbagai kendaraan dan mesin juga membutuhkan Energi untuk membuatnya bergerak. 

Energi yang digunakan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari berbagai makanan dan minuman yang dimakannya, sumber energi ini dikenal dengan sumber energi yang dapat diperbaharui. Sumber energi ini tidak menimbulkan polusi udara. 

Sementara energi untuk mesin mesin yang digunakan berasal dari bahan bakar berupa bensin, solar, atau dapat juga berasal dari bahan bakar bentuk lainnya. Bahan bakar berupa Bensin dan solar itu sendiri diperoleh dari sumber energi tak terbaharui, yaitu sumber energi yang berasal dari fosil. Sumber energi yang berasal dari fosil ini,  merupakan sumber energi yang paling banyak digunakan oleh manusia. 

Karena tidak dapat diperbaharui maka banyaknya penggunaan jenis bahan bakar fosil membuat persediaannya menipis. 

Efek lainnya dari bahan bakar fosil ini yaitu hasil pembakarannya menimbulkan dampak negatif pencemaran dan pemanasan global. Untuk mengatasi permasalahan yang ada, setiap negara melakukan usaha usaha untuk menghemat energi penghematan energi dan pengurangan ketergantungan pada sumber energi fosil tersebut. 

Selain itu setiap negara mulai usaha usaha untuk mengembangkan dan menggunakan berbagai macam sumber energi alternatif yang bisa diperbaharui.

Jadi kesimpulannya ada dua jenis energi berdasakan sumbernya yaitu:

1. Sumber energi yang bisa diperbaharui.

2. Sumber energi yang tidak bisa diperbaharui.




Komentar