Google Searching

Tanaman Kacang tanah (Arachis Hypogea)

Zebra

Zebra (Foto: Instagram/@runeerdal)

Zebra Hewan Afrika yang memiliki nama ilmiah subgenus Hippotigris, hewan ini juga disebut juga Kuda Zebra, Kuda loreng. Zebra dikenal akan tubuhnya yang berbelang hitam-putih ini termasuk dalam bagian dari genus Equus seperti halnya kuda dan keledai. Pada saat ini ada tiga spesies yang masih ada saat ini, yaitu zebra grévy (Equus grevyi), zebra dataran (E. quagga), dan zebra gunung (E. zebra). 


Gambar Spesies Zebra (Foto: Wikipedia)

Zebra dapat ditemui di berbagai jenis habitat seperti sabana, padang rumput, daerah berhutan, lahan bersemak, dan daerah bergunung, Yang banya di bagian timur dan selatan Afrika, 

Zebra adalah hewan herbivora, pemakan rumput yang dapat bertahan hidup dengan mengonsumsi tumbuhan bermutu rendah. Hewan Zebra ini menjadi mangsa singa dan biasanya melarikan diri ketika merasa terancam, disamping itu mereka juga bisa menggigit dan menendang. 

Zebra di alam Liar (Foto: https://www.piqsels.com/id/public-domain-photo-fljwl/download)

Spesies-spesies zebra memiliki perilaku sosial yang berbeda-beda. Zebra dataran dan zebra gunung hidup dalam harem yang stabil dan terdiri dari seekor jantan, beberapa ekor betina, dan anak-anak mereka, sementara zebra grévy hidup sendiri atau dalam kawanan yang tidak memiliki ikatan erat. Dalam spesies yang memiliki harem, betina dewasa hanya berkawin dengan jantan dari harem mereka. Sementara itu, zebra grévy jantan membentuk teritori yang menarik betina, dan spesies ini juga bergonta-ganti pasangan. 

Taksonomi Hewan Zebra

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Ordo: Perissodactyla

Famili: Equidae

Genus: Equus

Upagenus: Hippotigris 

Spesies:   †E. capensis, E. grevyi, †E. koobiforensis, †E. mauritanicus, †E. oldowayensis, E. quagga, E. zebra,

Sumber wikipedia. 

 # Kuda, # Herbivora# Hewan,  # Vertebrata# Mammalia


More: 

Komentar