Google Searching

Tanaman Kacang tanah (Arachis Hypogea)

Ikan Belida Ikan Yang Dilindungi

foto: fishlaboratory.com

Ikan Belida atau Knife Fish


Ikan Belida memiliki bentuk tubuh yang unik, ikan ini termasuk jenis ikan air tawar yang banyak hidup di perairan Indonesia. Ikan Belida termasuk Ikan yang dilindungi pemerintah Indonesia. 

Ada empat jenis ikan belida yang dilindungi,  Sesuai Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan (Kepmen KP) Nomor 1 tahun 2021, yaitu Belida Sumatera (Chitala hypselonotus), Belida Lopis (Chitala lopis) Belida Borneo (Chitala chitala), dan Belida Jawa (Notopterus notopterus). Bersasarkan Kepmen KP tersebut, Ikan Belida termasuk yang dilindungi dan larangan menangkap dan mengonsumsi ikan belida. 


The clown knifefish, Chitala ornata,
FLORIDA MUSEUM PHOTO BY ZACHARY RANDALL

Ciri-Ciri Fisik Ikan Belida

Ikan belida memiliki bentuk pungungnya yang melengkung seperti sebuah pisau. Punggungnya meninggi sehingga bentuk badannya terlihat lebar dan pipih.

Ikan belida memiliki tampilan fisik yang unik, yang secara umumbentuk tubuh ikan belida memanjang yang mirip dengan bentuk pisau atau lidah sehingga sering disebut sebagai knife fish atau ikan pisau. Ukuran rata-rata ikan belida yang umum tertangkap adalah 15-90 sentimeter. Namun, tubuh ikan belida bisa memanjang hingga 150 sentimeter. Bentuk tubuh yang unik Ikan Belida dijadikan sebagai ikan Hias. Dua jenis ikan belida yang umum dijadikan ikan hias, yaitu ikan belida afrika dan ikan belida bangkok. Kedua jenis ikan belida ini merupakan ikan belida impor dengan karakteristik berbeda. 

Ikan belida Afrika: Memiliki garis-garis hitam tebal menyerupai batik di tubuhnya, sementara 

Ikan belida Bangkok: Memiliki tubuh pipih dengan warna perak abu-abu. 

Makanan Ikan Belida

Ikan belida termasuk golongan karnivora. Di alam liar mereka adalah hewan predator, terutama piscivora, artinya mereka kebanyakan makan ikan dan makan makanan segar seperti cacing atau ikan kecil, 

Habitat Ikan Belida

Ikan ini mendiami danau, rawa, dan perairan stagnan yang mengalir lambat di sungai sedang hingga besar. Ikan muda hidup dalam kawanan-kawanan di antara tanaman air dan akar yang terendam. Ikan dewasa cenderung menjadi penyendiri yang biasanya ditemukan di dekat pantai di daerah dengan vegetasi yang menggantung. Mereka memanfaatkan udara untuk bertahan hidup di perairan yang hangat dan stagnan dengan sedikit oksigen.

Klasifikasi ilmiah Lopis (ikan belida)

Klasifikasi ilmiah Lopis (ikan belida)

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Osteoglossiformes

Famili: Notopteridae

Genus: Chitala

Spesies: C. lopis

Nama binomial: Chitala lopis, (Bleeker, 1851)

Sinonim: Notopterus chitala H.B.

Nilai Ekonomi Ikan Belida

Meski memiliki banyak duri, Ikan ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi untuk dijadikan ikan hias, selain tu juga banyak diolah menjadi aneka makanan pendamping yang gurih. Ikan belida bisa langsung diolah menjadi lauk pauk dengan beberapa metode masak, seperti goreng, bakar, dan dijadikan makanan berkuah atau yang paling umum ditemukan adalah Pempek, kerupuk, bakso, sosis, abon, dan siomai.

Jenis Jenis Ikan Belida

1. Ikan Belida Royal

Ikan Belida Royal

Belida royal atau royal clown knifefish ini mempunyai nama latin Chitala blanci. Ikan belida royal mempunyai marking totol totol hitam yang lebih kecil dan terdapat totol marking bergaris juga. 

2. Ikan Belida Bangkok

 

Ikan Belida Bangkok

Ikan belida bangkok dengan nama latin Chitala Chitala, memiliki ciri-ciri marking totol totol hitam berbentuk hitam dan lebih sedikit.

3. Ikan Belida Albino

Ikan Belida Albino

Ikan belida albino merupakan ikan belida yang mempunyai kelainan genetik yaitu terlahir menjadi albino. Ciri ciri ikan albino pada dasrnya memiliki tubuh putih dan mata yang merah. Berbeda dengan platinum yang memilki mata hitam.

4. Ikan Belida Jawa

Ikan Belida Jawa

Ikan Belida jawa mempunyai spesifik nama Notopterus notopterus ini memiliki ciri ciri tubuh yang polos tanpa marking dan sedikit gelap bahkan adayang berwana hitam.

5. Ikan Belida Afrika

Ikan Belida Nile  Afrika

Ikan belida nile afrika ini memiliki bentuk tubuhnya sedikit berbeda dengan ikan belida pada umumnya dan marking ikan belida afrika ini full seluruh badan.


Reproduksi Ikan Belida

Ikan belida berkembang biak dengan cara bertelur. Telur biasanya diletakkan di dasar sungai dengan kedalaman 1 meter. Sedangkan untuk belida budidaya atau penangkaran, umumnya menggunakan batang bambu atau papan agar telur dapat menempel.

Ikan Belida melakukan pemijahan saat musim penghujan, yaitu antara Agustus hingga Maret. Dalam sekali pemijahan, seekor ikan betina dapat menghasilkan 288 telur, bahkan pada beberapa ikan bisa menghasilkan dua kali lipat dari jumlah tersebut.

Persentase keberhasilan pembuahan sekitar 30% hingga 100 %. Sedangkan persentasi penetasan sekitar 72,2% dan kemampuan bertahan hidup larva adalah 64,2%. Larva tersebut akan menetas sekitar 72 hingga 120 jam atau 3 sampai 5 hari pada suhu air 29° atau 30 °C.

Larva ikan belida bersifat kanibal sehingga membutuhkan perlindungan. Anakan belida usia 3 hari sudah mulai mampu memakan udang artemia. Kemudian ikan berusia satu bulan sudah dapat dideder di akuarium, dan satu bulan selanjutnya siap dideder di kolam. Sedangkan ikan yang ukurannya telah mencapai 15 cm telah siap untuk pembesaran.Belida adalah ikan yang cenderung aktif pada malam hari dan mulai berburu mangsa pada sore hari. Ikan ini menyukai area sungai yang gelap, seperti dibawah bebatuan, semak atau pepohonan.

Cara Merawat Ikan Belida

Ikan Belida merupakan jenis ikan yang tidak agresif ke sesama ikan dengan ukuran yang sama. Tetapi ikan ini jangan di campur dengan ikan yang ukuranya kecil, maka akan dimakannya karena ikan ini juga termasuk sebagai predator.

Ikan ini jika dipelihara di akuarium, harus mempunyai akuarium yang cukup besar agar ikan ini mampu bergerak dengan bebas di air.

Berikan akarium yang mempunyai filter yang baik karena ikan belida suka dengan air yang memiliki ph yang tinggi. Untuk suhu air yang bagus untuk ikan ini adalah sekitar 24-27 celsius. Berikan hiasan pada aquarium kamu agar tampak seperti habitat ikan belida yaitu rawa-rawa jadi kamu harus memberikan tanaman air, kayu untuk bersembunyi, dan beri alas pasir dan bebatuan.

Ikan ini juga bisa terkena penyakit jika akuarium mempunyai air yang kotor dan penyakit yang biasa mengenai ikan belida adalah White Spot.Untuk mencegah hal tersebut kamu bisa menggunakan air yang bagus seperti air ledeng dan diberikan sinar ultra violet jika ikan belida kamu sudah terkena White Spot maka harus segera disembuhkan dengan menggunakan Methyln Blue dan berikan sesuai dosis.

# Ikan, # Pisces, # Ikan Hias, Ikan Belida

Referensi:

https://www.floridamuseum.ufl.edu/science/florida-invasive-species-clown-knifefish/

https://www.kompas.com/food/read/2021/09/07/175102475/apa-itu-ikan-belida-bahan-baku-pempek-yang-kini-masuk-hewan-dilindungi?page=all

https://www.ikanesia.id/2020/02/5-jenis-ikan-predator-belida-beserta.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Lopis

https://rimbakita.com/ikan-belida/

https://hewanairinfo.blogspot.com/2020/08/ikan-belida.html

Komentar