Google Searching

Sacha Inchi (Plukenetia volubilis) Sikacang Gunung

 

Kacang sascha inci
Sacha Inchi (Plukenetia volubilis) Sikacang Gunung

Sacha inchi  memiliki nama latin Plukenetia volubilis, tanaman ini termasuk jenis kacang kacangan berasal dari hutan tropis amazon dikenal dengan Kacang Inka. Sacha inchi (Plukenetia volubilis Linneo) merupakan tanaman dari famili Euphorbiaceae. 

Kacang inka memiliki sebutan lain sebagai kacang gunung memiliki bentuk buah seperti bintang, terdapat 4-5 butir biji yang ada dalam satu bintang. Warna buah saat masih muda berwarna hijau sedangkan buah yang sudah tua bewarna coklat kehitaman.

Sacha inchi (SI) berasal dari Peru dan sudah mulai banyak dibudidayakan oleh beberapa negara seperti Amerika tengah dan selatan, serta di beberapa daerah asia tenggara yang meliputi Thailand, China, Vietnam, dan juga Indonesia.

Apa manfaat kacang Sacha inchi?

Tanaman ini memiliki berbagai bagian yang dapat dimanfaatkan seperti daun dan biji. Daunnya mengandung antioksidan dan dapat dimakan sebagai sayur ataupun diolah sebagai teh.  Biji buahnya memiliki kandungan asam lemak tidak jenuh dengan kadar pmega 3 mencapai 47 – 51 persen, dan omega 6 mencapai 34 – 37 persen, dibandingkan dengan minyak zaitun yang memiliki hanya 1 persen kadar omega 3  dan 9 persen Omega 9.

Kacang Inka Amazon
Sacha inchi (Plukenetia volubilis) 

Apa Manfaat kacang Sacha Inchi Untuk kesehatan?

Selain daun dan bijinya, minyak hasil ekstraksi biji sacha inchi memiliki berbagai manfaat baik untuk kosmetik sebagai pelembab dan pencerah kulit. Kacang Sacha Inchi sangat kaya akan kandungan asam lemak seperti omega 3, omega 6, dan omega 9 yang sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak. Selain itu, minyak Sacha Inchi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan seperti penurun kolesterol dan asam urat, peningkat kecerdasan, dapat mengurangi resiko jantung bengkak, resiko stroke, menurunkan aktifitas tumor, radang sendi dengkul, meningkatkan penglihatan (katarak), dan menurunkan rasa kesemutan.

Scientific classification:

Plukenetia volubilis

Kingdom: Plantae

Clade: Tracheophytes

Clade: Angiosperms

Clade: Eudicots

Clade: Rosids

Order: Malpighiales

Family: Euphorbiaceae

Genus: Plukenetia

Species: P. volubilis

Binomial name: Plukenetia volubilis.L.

Synonyms:

Fragariopsis paxii Pittier

Plukenetia macrostyla Ule

Plukenetia peruviana Müll.Arg.

Sajorium volubile (L.) Baill.

Berapa lama panen kacang sacha inchi? 

Panen pertama dapat dilakukan pada umur 7-8 bulan setelah tanam.

Berapa lama sacha inchi berbuah?

Tanaman sacha inchi mulai berbunga pada umur 3-4 bulan setelah tanam. Panen pertama pada umur 7-8 bulan setelah tanam. Panen selanjutnya sekitar 4-5 bulan berikutnya.


Sumber Referensi

https://dupanews.id/06/11/2022/kacang-ajaib-hasilkan-puluhan-juta-rupiah/

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/04/mengenal-sacha-inchi-kacang-sejuta-manfaat

https://en.wikipedia.org/wiki/Plukenetia_volubilis


Komentar