Google Searching

Rumah Adat Perahu Kumureb Jawa Barat

Rumah Adat Perahu Kumureb Jawa Barat
Rumah Adat Perahu Kumureb 

Rumah Adat Perahu Kumureb Jawa Barat memiliki keunikan tersendiri yaitu pada bagian atap rumah yang memiliki empat bagian, dengan sepasang bidang atap yang sama luasnya berbentuk trapesium. Jika dilihat pada bentuk atap "jubleg nangkub", yaitu terdapat dua buah "jure" (batang kayu yang menghubungkan satu di antara ujung batang suhunan kepada kedua sudut rumah) secara landai sehingga terbentuknya satu bidang atap segitiga. Pada atap bagian depan berbentuk segitiga, yang dijadikan sebagai sebagian depan rumah. Betuk suhunan atap rumah adat ini jika dilihat dari samping, maka akan terlihat bentuk atap "jubleg" (lesung) yang "nangkub" (telungkup) atau seperti perahu tengkurap atau terbalik, makanya rumah adat ini dinamakan “Parahu Kumureb”.

Struktur badan rumah pada bagian depan dibuat sedikit menjorok ke dalam guna untuk membuat teras. Rumah adat ini biasanya dilengkapi dengan anak tangga dan masyarakat sunda menyebutnya dengan Golodok yang berfungsi untuk membersihkan kaki sebelum masuk kedalam rumah, dan biasanya jumlah anak tangganya tidak lebih dari tiga. 

Rumah adat Jawa barat dengan bentuk atap Perahu Kumureb ini banyak di jumpai di daerah Tasikmalaya, Garut selatan dan Ciamis.

Beberapa nama rumah adat Sunda Jika dilihat dari bentuk suhunan dan atapnya, antara lain: rumah Jolopong, Tagog Anjing, Badak Heuay, Perahu Kemureb, Jubleg Nangkub, Buka Pongpok, Calopon, Capit Gunting, dan Adat Kesepuhan.


#RumahAdat, #PerahuKumureb, #RumahAdatJawabarat, #RumahAdatSunda

Lainnya:

Rumah Adat Jawa Barat Ragam Dan Jenisnya

Koleksi Miniatur Rumah Adat Dari Stik Es Krim di Tokopedia

Rumah Adat Nusantara 33 Provinsi di Indonesia

Rumah Adat Provinsi Jawa Timur (Rumah JOGLO Situbondo)

Rumah Adat Provinsi Bengkulu


Sumber referensi:

https://ruangarsitek.id/rumah-adat-sunda/

https://saintif.com/rumah-adat-sunda/

https://polri.go.id/berita-polri/872

https://tambahpinter.com/rumah-adat-jawa-barat/


 

Komentar