Google Searching

Lidah Mertua Tanaman Penyerap Polutan Penyebab Kanker

 

Lidah Mertua Tanaman Penyerap Polutan Penyebab Kanker
Lidah Mertua Tanaman Penyerap Polutan Penyebab Kanker

Tanaman hias Sansevieria mulai masuk Indonesia sekitar tahun 1980-an. Pada awalnya, tanaman ini hanya digunakan sebagai hiasan di pagar pagar. 

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, dan banyaknya penelitian tentang tanaman ini, sehingga dapat mengungkap manfaat tanaman ini dari sisi yang lain. 

Berikut ini beberapa manfaat dari tanaman lidah mertua dari berbagai sumber: 

Lidah Mertua Sebagai Penangkal Radiasi:

Tanaman ini memiliki kandungan pregnane glikosid, yang memiliki kemampuan untuk menangkal radiasi dari alat-alat elektronik dengan cara menyerap dan mengolahnya sehingga lingkungan menjadi lebih sehat.

Kemampuan tanaman hias ini dalam mengurangi radiasi komputer dan peralatan elektronik lain secara alami. Lidah mertua dapat digunakan sebagai penangkal radiasi barang elektronik di dalam rumah. Sansevieria dapat diletakkan di dalam ruangan atau dekat komputer untuk mengurangi radiasi. 

Lidah Mertua Sebagai Penyerap Polusi:

Lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap racun akibat polusi udara dan  CO2 untuk membantunya dalam berfotosintesis, lalu proses ini akan menghasilkan oksigen. Disamping itu tanaman ini juga menyerap polutan lain seperti benzene, formaldehyde, xylene, dan toluene yang merupakan polutan penyebab kanker. Penelitian yang dilakukan oleh NASA bekerja sama dengan ALCA, telah menunjukan bukti-bukti bahwa tanaman ini secara alami mampu mengurangi polusi tersebut.(Wikipedia)

Lidah Mertua Sebagai Penyerap Bau

Lidah mertua juga disebut bisa menetralkan bau dalam satu ruangan karena kemampuannya dalam menyerap bau tidak sedap. Di Jepang, Sanseviera digunakan untuk menghilangkan bau perabotan rumah di ruangan (wikipedia).

Lidah Mertua Sebagai Aroma Terapi

Lidah mertua ini memiliki bunga yang mengeluarkan aroma khas yang bisa menenangkan siapa saja yang menghirupnya. Sehingga wangi harum bunga Lidah Mertua banyak  yang memanfaatkannya  sebagai aromaterapi.

Lidah Mertua Sebagai Bahan Kecantikan

Tanaman ini dalam bidang kecantikan, digunakan sebagai hair tonik untuk mendapatkan rambut sehat berkilau dengan memanfaatkan akarnya. Bagian akar dari tanaman ini diolah menjadi sari, lalu usapkan pada rambut anda sebagai  perawatan rambut. Hal ini membantu merawat rambut anda agar tetap sehat dan berkilau.

Lidah Mertua Sebagai Pereda Penyakit Ringan:

Manfaat lainnya dari tanaman hias lidah mertua ini, sebagai tanaman obat.Tanaman ini dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit mulai dari yang ringan hingga yang berat. Misalnya dijadikan sebagai obat sakit kepala dengan cara dibakar.

Demikianlah berbagai manfaat dari tanaman hias lidah Mertua. semoga bermanfaat.



Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Sansevieria

https://www.kompasiana.com/mugi77409/635d2c69e2c0f9586d7cd013/pemanfaatan-tanaman-lidah-mertua-sanseviera-sebagai-penyerap-radiasi-gelombang-elektromagnetik-alat-elektronik

https://www.fajar.co.id/2023/06/14/manfaat-luar-biasa-tanaman-lidah-mertua-boleh-diletakkan-di-dalam-kamar/2/

https://www.grid.id/read/042485097/lagi-hits-tanaman-hias-lidah-mertua-ternyata-punya-12-manfaat-mengejutkan-ini?page=all


Komentar