Google Searching

Info

Rabu, 26 Oktober 2011

Naga Laut (phycodurus eques)

Naga Laut  (phycodurus eques)
Naga Laut  (phycodurus eques)

Naga Laut  (phycodurus eques)

Naga Laut (phycodurus eques) memiliki sulur-sulur mirip daun di seluruh tubuhnya yang membantunya bersembunyi di antara rumput-rumput laut, sehingga baik mangsa maupun predatornya sulit mengetahui keberadaannya. Naga laut bisa ditemukan di sepanjang garis pantai Australia. Naga laut dewasa ukurannya bisa mencapai 45cm (18 inci).


Leafy Sea Dragon  dan  Weedy Sea Dragon
 Leafy Sea Dragon  dan  Weedy Sea Dragon
Melihat sosok tubuhnya, banyak orang menduga sea dragon termasuk Kuda laut. Tetapi sea dragon bukanlah kuda laut. Ada tiga hal yang membedakannya yaitu:

1. Bentuk tubuhnya yang ekstrim. Weedy sea dragon (Phyllopteryx taeniolatus) dan Leafy sea dragon (Phycodurus eques) dapat dikenali secara baik dari bentuk tubuhnya yang unik.

2. Sea dragon tidak memiliki 'kantong khusus' seperti kuda laut. Seperti yang kita ketahui, kuda laut memiliki kantong khusus ini untuk membesarkan dan memelihara anaknya, seperti kanguru.

3. Sea dragon tidak seperti kuda laut yang ekor kuda laut ini selalu menggantung di tanaman laut agar tidak terbawa arus.

Ada dua jenis sea dragon, Weedy sea dragon ( Naga laut berbentuk rumput laut ) dan Leafy sea dragon ( Naga laut berbentuk daun ). Leafy sea dragon memiliki panjang maksimal 35 cm, adapun Weedy sea dragon panjang maksimalnya 45 cm. Ukuran yang imut bagi hewan sekelas naga bukan?

Naga Laut  (phycodurus eques)


Kedua sea dragon ini memiliki tubuh yang lonjong dan panjang, matanya yang dapat bergerak bebas dan mereka tidak memiliki gigi atau perut. Leafy sea dragon mudah sekali dikenali karena bentuk tubuhnya yang seperti dedaunan. Dan bentuk tubuh ini sebagai pelindung tubuh mereka dari pemangsa karena dapat berkamuflase dengan dedaunan tanaman laut. Warna dari leafy sea dragon biasanya hijau keemasan dan oranye dengan Dan leafy sea dragon lebih mudah dikenal daripada weedy sea dragon karena bentuk tubuhnya yang banyak 'rumbai-rumbai'.
Weedy sea dragon bentuk tubuhnya juga lonjong dan memanjang dan warna khas biru terdapat di bagian atas tubuhnya.

Lokasi dan Habitat
Leafy sea dragon dapat ditemui di bagian Selatan Australia di sepanjang pantai antara pulau Rottnest di bagian Barat dan pulau kanguru di sebelah Timurnya. Adapun weedy sea dragon dapat ditemui di tempat yang sama dan lebih ke Timur dari Negara bagian New South wales. Mereka suka berada di daerah di mana banyak terdapat tumbuhan laut yang dilindungi oleh koral-koral dan daerah dekat pantai yang mengalami pasang surut dengan banyak rumput lautnya.

 

Makanan
Kedua sea dragon ini memangsa binatang crustacean seperti udang-udang kecil. Bayi sea dragon yang baru lahir memangsa "zooplankton" seperti copepods and rotifers hingga mereka dewasa dan memangsa crustacean.


Masa Reproduksi
Selama musim kawin Naga Laut  (phycodurus eques), sang betina akan menyimpan hingga 250 telur-telur yang berwarna pink terang pada bagain bawah ekor pejantannya dimana mereka kemudian saling menempel dan terjadi pembuahan.

Sumber: www.megindo.net

Lihat Juga:
Naga Laut (Phycodurus Eques),
Leafy sea dragon (Phycodurus eques),
Weedy sea dragon Binatang unik
Weedy Sea Dragon (Phyllopteryx taeniolatus),



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo