Google Searching

Info

Kamis, 24 April 2014

Super Volcano Gunung Toba


Super Volcano Gunung Toba
Ilustrasi Super Volcano Gunung Toba
Gunung Toba telah meletus 75.000 tahun yang lalu, letusan tersebut merupakan terdahsyat sepanjang sejarah kehidupan manusia di bumi ini. Abu letusannya terbang sampai ke benua Antartika. Gunung raksasa ini berada di negeri kita tercinta Indonesia, Gunung itu bernama Gunung Toba

Gunung Toba termasuk golongan Gunung Raksasa karena didalamnya mengandung kantong Magma yang sangat banyak dan luas. Luas kantong Magma gunung toba mencapai puluhan kilometer, dibandingkan dengan gunung gunung biasa yang ada hanya memiliki luas kantong magma yang hanya beberapa ratusan meter saja. Dengan kantong magma yang begitu luas, sehingga Gunung toba ketika meletus menghasilkan sebuah letusan yang sangat hebat, termasuk yang terdahsyat sejak 2juta tahun lalu. 

Super Volcano Gunung Toba

Pada saat meletus, puncak gunung toba terlempar ke angkasa, sehingga menghasilkan sebuah lubang seluas 300 kilometer persegi. Luas ini setara dengan luas provinsi Jogyakarta. Dari hasil letusan ini menghasilkan lubang yang sangat besar, akhirnya lubang ini terisi dengan air hujan, pada saat ini terkenal dan telah menjadi danau terbesar di Indonesia yaitu Danau Toba.

Gunung Raksasa Toba telah memuntahkan 2800 kilometer kubik Magma dan 800 kilo meter kubik debu. Lelehan lavanya mengalir sampai selat Malaka dan samudra Hindia. Tebal lapisan magmanya setebal 400 meter. Letusan gunung toba, 2800 kali lebih besar dari letusan gunung Kelud tahun 2014 kemarin. Gunung Kelud hanya memuntahkan 0,2 kilometer kubik debu dan bebatuan. Letusan gunung kelud hanyalah sebuah letusan kecil jika dibanding dengan letusan gunung Toba.

Pada saat gunung Toba meletus, menurut para ilmuwan, getaran letusannnya sampai terasa pada lapisan tanah Greenland dan Antartika. Debu dari letusan gunung toba menyebar hingga ke benua asia, timur tengah, Afrika dan Australia. Debu letusan gunung toba juga mencapai hingga lapisan atmosfer yang sangat tinggi, hingga sinar matahari terhalang masuk ke permukaan Bumi. Letusan dahsyat dari gunung toba telah membuat perubahan musim dibeberapa tempat.

Dari semua informasi diatas, ternyata baru diketahui pada saat ilmu pengetahuan berkembang dijaman modern ini. Para ilmuwan menemukan debu hasil letusan gunung Toba berada diberbagai belahan dunia. Dari debu yang ditemukan inilah para ilmuwan membuat sebuah kesimpulan tentang letusan dahsyat gunung Toba.

SumberBerita dan Foto : Dari berbagai sumber



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo