Google Searching

Info

Selasa, 01 Agustus 2017

Cara Pemijahan Ikan Cupang (Betta sp)


 Cara Pemijahan Ikan Cupang (Betta sp)
Cara Pemijahan Ikan Cupang (Betta sp)

Ikan Hias Cupang (Betta sp) di Thailand disebut pla-kad (ikan menggigit) dan trey krem di Khmer.Ikan cupang termasuk dalam spesies keluarga gourami yang populer sebagai ikan akuarium. Ikan cupang termasuk salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama, meskipun dalam kondisi volume air sedikit dan tanpa alat aerasi (sirkulasi udara).

Makanan alami ikan Cupang ini bervariasi dari berbagai macam seperti: zooplankton, krustasea, dan larva nyamuk dan serangga air lainnya.  Di penangkaran mereka bisa diberi makan makanan pelet yang bervariasi, makanan serpihan dan makanan beku seperti udang air asin, cacing darah, daphnia dan banyak lainnya.Untuk memijahkan ikan hias ini membutuhkan keahliah tersendiri, berikut ini teknik dan caranya.

Cara Pemijahan ikan cupang
Siapkan tempat wadah bisa dari baskom plastik dengan diameter +/- 20cm atau akuarium kecil ukuran panjang 20 cm. Siapkan juga gelas plastik untuk tempat ikan cupang betina. Siapkan juga tumbuhan air seperti eceng gondok, ganggang, kayambang dan bisa juga daun ketapang untuk tempat telur menempel.

Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang dapat membuahkan sampai 1000 butir telur. Telur itu bakal menetas kurun waktu 24 jam sesudah pembuahan.

Langkah langkah pemijahan ikan cupang :
    Isi tempat pemijahan dengan air bersih setinggi 10-15 cm, gunakan air tanah atau air sungai yang jernih. Hindari pemakaian pemakaian air air PAM yang berbau kaporit. Letakan juga tanaman air dalam tempat pemijahan tadi. Banyaknya tanaman air hanya satu atau dua buah saja, tanaman ini berguna untuk menempelnya telur dan berlindung burayak pada saat menetas nanti.

    Masukkan ikan cupang jantan yang sudah telah siap kawin. Diamkan ikan itu sepanjang sehari dalam wadah pemijahan. Dalam masa ini biasanya Ikan cupang jantan akan membuat  gelembung-gelembung hawa yang menempel pada dinding permukaan air atau tanaman air tadi. Fungsinya untuk menaruh telur yang telah dibuahi. 

   Setelah semuanya siap masukan ikan betina dalam plastik bening terpisah (dapat menggunakan gelas aqua)  lalu letakan di dalam wadah pemijahan yang ada ikan jantannya sehingga terpisah oleh sekat plastik tadi. Biarkan selama satu hari untuk pengenalan dan memancing indukan betina membuat banyak gelembung.

    Sesudah indukan jantan banyak membuat gelembung, lalu lepaskan indukan betina secara perlahan agar tidak merusak gelembungnya.
 Ikan Cupang Kawin
Ikan Cupang Kawin Gambar: Pinterest

Waktu pemijahan ikan cupang umumnya berlangsung antara jam 7-10 pagi atau jam 4-6 sore. Tutuplah wadah tempat pemijahan dengan penutup dan letakan ditempat yang aman da tidak bising, karena ikan cupang cukup peka saat kawin.
Telur ikan Cupang
Gambar Telur ikan Cupang dari http://bettasource.com

Setelah satu hari lihatlah pada gelembung, apakah ada warna putih ? jika ada, warna putih pada gelembung adalah telur yangditempelkan oleh indukan jantan. Jika telurnya sudah banyak dan indukan jantan selalu mengusir indukan betina, maka saatnya untuk mengangkat indukan betina dan membiarkan indukan jantan menjaga telurnya. Jika indukan betina tak diangkat, maka telur-telur yang sudah dibuahi bakal dikonsumsi si betina.

    Sesudah lebih kurang satu sampai dua hari semua telur-telur itu akan menetas menjadi burayak.  Dalam 3 hari kedepan burayak tak perlu di beri pakan lantaran burayak masih memiliki nutrisi yang terbawa dalam telur. Ikan cupang jantan akan berpuasa sepanjang melindungi burayak.

 Burayak ikan Cupang Gambar http://www.theaquariumguide.com

    Setelah tiga hari terhitung mulai sejak telur menetas, anda dapat memberi pakan burayak ini dengan kutu air (moina atau daphnia) atau dapat juga dengan kuning telur. Pemberian pakan janganlah terlalu banyak, karena pakan akan mengotori air dan mengakibatkan kematian pada burayak.

    Indukan jantan baru diangkat setelah burayak berusia 2 minggu, Pindahkan burayak itu pada wadah yang lebih besar dan beri pakan kutu air atau larva nyamuk.  Anakan Ikan Cupang ini dapat dilihat tipe kelaminnya setelah 1,5 bulan.

Lihat Juga:
Perkembang biakan Ikan Cupang (Betta sp)
9 Jenis Ikan Louhan yang di jual dipasaran,
Klasifikasi ilmiah Ikan Lou han,
Ikan Hias Red Blood Parrot Cichlid
Klasifikasi ilmiah Ikan Cupang (Betta sp)
Cara Beternak Ikan Cupang (Betta sp)
Cara Pemijahan Ikan Cupang (Betta sp)
Pesona Ikan Cupang Fancy 
Ikan Hias Cantik
   
Lihat Video Cupang cantik Luar biasa:


https://youtu.be/SIrIKuGtNdE
Gaya Sibrontok Cupang Fancy




Beta Fish Mono color


 
Halfmoon Metalic Betta Fish


Red Blood Parrot Fish


Refferensi :
Gambar Pinterest
http://bettasource.com/more-betta/breeding/
http://www.theaquariumguide.com/articles/betta-fish-series-breeding-betta

More:




LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo