Google Searching

Info

Kamis, 14 September 2017

Cara Belajar Sendiri Efektif dan Efesien Sukses !

Cara Belajar sendiri yang efektif dan efesien yang menyenangkan tentu sangat didambakan bagi semua siswa. Kegiatan belajar bagi para pelajar merupakan sebuah kegiatan yang wajib dilakukan jika ingin mendapat nilai dan hasil yang baik. Dengan belajar dengan baik dan efesien akan menghasilkan nilai yang baik dan sukses dalam menempuh pendidikan. Masalah yang sering terjadi, banyak para siswa yang kurang suka dengan kegiatan belajar ini.

Jika seorang siswa sudah tidak suka ddengan kegiatan belajar ini, maka dapat dipastikan mereka mendapat nilai pelajaran yang buruk dan mengalamai kegagalan dalam pendidikan. Bagaimanakah cara belajar yang baik efesien dan menyenangkan ? sehingga dapat sukses dalam pendidikan.

Berikut ini ada beberapa Tips untuk Belajar Efektif dan Efesien yang menyenangkan.

1. Berdoa.
Sebelum dan sesudah belajar diharuskan berdoa terlebih dahulu.  Dengan doa akan menguatkan jiwa dan semangat kita. Karena itu jangan pernah dilupakan.
   
2. Motivasi 
Motivasi diri anda dari tujuan belajar, belajar untuk apa, untuk mencapai apa, untuk menguasai apa? menentukan tujuan belajar akan membuat belajarmu lebih fokus dan bersemangat. jangan lupa tentukan juga target yang akan anda capai. Usahakan Targetnya tidak terlalu membebani anda, disesuaikan dengan kondisi.

3. Ruangan Nyaman.
Buat Ruangan dan Suasana Belajar yang Nyaman. Ruangan belajar yang nyaman diperlukan saat anda belajar sehingga anda dapat fokus pada materi yang sedang dipelajari.Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan suasana ini misalnya: Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik terutama jika anda sedang belajar yang banyak menghitung, belajar di tempat yang anda sukai misalnya di taman, dipinggir danau, kolam atau diruangan ber-AC. Jangan lupa anda juga harus memposisikan tubuh anda pada tempat yang nyaman sehingga anda dapat duduk dengan waktu yang lama tanpa mengalami keluhan saki, pegal dll.

 4. Jadwal.
Buatlah jadwal belajar dan disiplin dalam mentaati jadwal yang telah anda buat. Dengan jadwal ini akan membuat anda terprogram dan kedisiplinan akan membuat anda lebih cepat menguasai materinya.

5.Istirahat.
Jika anda mengalami kelelahan saat belajar, Istirahatlah jangan dipaksakan untuk belajar. Dengan kondisi yang penat, lelah akan sangat sulit bagi otak untuk menerima materi yang dipelajari. Setelah istirahat maka anda dapat melanjutkan kembali kegiatan belajar tadi.

6. Interaksi.
Pada saat anda mempelajari sebuah buku usahakan anda berinteraksi dengan buku tersebut, misalnya dengan cara: Tuliskan dan tandai dengan garis bawah, beri warna dengan stabilo atau pensil warna,beri keterangan singkat, lingkari. Usahakan membuat rangkuman dari materi yang anda pelajari dan mengerti maksud dan tujuan dari materi tersebut, rangkuman ini akan lebih cepat anda menguasai dan mengerti materi. Usahakan selalu agar anda mengerti isi dari materi yang anda pelajari.

7. Belajar dengan Praktik.
Pada materi materi tertentu yang membutuhkan Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif, seperti pelajaran matematika, Fisika,Biologi, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, hal ini akan membuat kita lebih mengenal dan berkesan dengan hal hal yang kita pelajari. Dengan melihat dan melakuakn sesuatu akan membuat otak kita mudah mengingatnya dibandikan jika kita hanya membacanya saja.

8. Referensi.
Jika anda menemui kesulitan dengan apa yang anda pelajari,  Usahakan anda mencari tahu misalnya dengan bertanya kepada seseorang yang lebih mengerti, membeli buku buku referensi, mancari jawaban di Google.

Demikianlan 7 cara belajar sendiri yang efektif dan efesien yang menyenangkan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua sukses selalu!

Lihat artikel lainnya:
Cara Sukses Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja
Info Lainnya:


LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo