Langsung ke konten utama

Unggulan

Jenis Sumber Energi Yang Dihasilkan Bumi

Ilustrasi sumber energi (www.iatekunsri.com) Kehidupan sehari hari kita sangat membutuhkan Enegi, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, semuanya memerlukan energi untuk melakukan aktivitasnya. Selain mahluk hidup, berbagai kendaraan dan mesin juga membutuhkan Energi untuk membuatnya bergerak.  Energi yang digunakan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari berbagai makanan dan minuman yang dimakannya, sumber energi ini dikenal dengan sumber energi yang dapat diperbaharui. Sumber energi ini tidak menimbulkan polusi udara.  Sementara energi untuk mesin mesin yang digunakan berasal dari bahan bakar berupa bensin, solar, atau dapat juga berasal dari bahan bakar bentuk lainnya. Bahan bakar berupa Bensin dan solar itu sendiri diperoleh dari sumber energi tak terbaharui, yaitu sumber energi yang berasal dari fosil. Sumber energi yang berasal dari fosil ini,  merupakan sumber energi yang paling banyak digunakan oleh manusia.  Karena tidak dapat diperbaharui maka banyaknya penggunaan jenis

Lampion Damar Kurung Khas Gresik

 
Lampion Damar Kurung Khas Gresik

Lampion Damar Kurung merupakan tradisi warga muslim Gresik

Sudah merupakan tradisi warga muslim di kabupaten Gresik, untuk menyambut Lailatul Qadar pada bulan Ramadhan dalam kalender Hijriyah, dengan menggantungkan lentera atau lampion Damar kurung di depan rumah.  Kabupaten Gresik memiliki jenis lampion khas yang dinamakan Damar Kurung
 
 
Nama Damar Kurung diambil dari kata Damar berarti Lampu yang mengeluarkan cahaya dari api kecil. sedangkan Kurung diartikan seperti tempat hewan tinggal yang lebih menuju ke Kandang atau sangkar burung buatan manusia dengan peletakan dengan cara di gantung. 


Lampion Damar Kurung Khas Gresik
 Lampion Damar Kurung Khas Gresik

Sehingga jika disatukan menjadi sebuah arti keseluruhan dari Damar Kurung adalah Sebuah Lentera dengan bentuk kurung-an yang diletakan dengan cara di gantung. 

Lampion Damar kurung jika dilihat dari bentuk dan Strukturnya  lebih memiliki kekerabatan ke lentera Jepang yang biasa disebut Andon. Upaya agar Damar Kurung tidak hilang di makan zaman maka pemerintah Kabupaten Gresik mengadakan Festival Damar Kurung setiap tahun.
Lihat Videonya:
How to make Triangle Lantern for Chinese New Year decor
Mini Lantern From Ang Pao Paper

Postingan Lampion Lainnya:
Lampion Angpau Desi Bebek
How to make Triangle Lantern for Chinese New Year decor
Lampion Kertas Angpau Sederhana Mudah Dibuat
Lampion Naga Raksasa di Nusa Dua Lantern Festival.
Lampion Kertas Angpau Sederhana Mudah Dibuat
Lampion Damar Kurung Khas Gresik
Lampion Dari Kertas Ang Pao
Buah Buahan Langka dan Khasiatnya
10 Tempat Pusat Budaya dan Kesenian di Jakarta
Budaya dan Adat Istiadat Nusantara
Resort Hotel Terindah wajib dikunjungi
Rumah Mini dari Stik Es Krim 
Tips Kesehatan
Bird of Paradise
Lampion Unik dan Cantik
Posting semua


Info:

Komentar

Postingan Populer