Google Searching

Kue kantong semar

Kue kantong semar

Kue kantong semar

Jalan jalan ke Singkawang jangan lupa mencicipi kue Kantong Semar, Kue ini terasa unik karena dibungkus memakai tumbuhan kantong semar. Untuk membuat kue kantong semar, warga Singkawang berburu tumbuhan kantong semar. Mengambil 'kantong semar' yang berukuran agak besar dan kecokelatan. Lalu kantong semar dicuci bersih, disikat bagian dalamnya yang biasanya penuh kotoran, serangga mati dan tanah. Bagian pinggir 'mulut' kantong semar digunting sehingga terbentuk kantong yang rapi, meskipun ukurannya tak sama.

Kantong semar inilah yang dipakai sebagai cetakan kue. Untuk isiannya disiapkan berasa ketan putih yang sudah direndam dan dicuci bersih. Beras ketan kemudian dicampur dengan santan segar, gula, garam dan ditambahkan kacang beras (kacang tolo) yang sudah dicuci.

Selanjutnya, kantong semar diisi dengan beras ketan yang sudah dicampur dengan kacang tolo dan dituangi santan. Kantong semar ini disusun di atas kukusan. Kemudian dikukus dalam kukusan panas selama 2 jam lebih. Beras ketan yang dimasukkan dalam keadaan mentah sehingga perlu waktu lama untuk mematangkannya.


Kue kantong semar

Kue kantong semar

Setelah matang kantong semar warnanya kecokelatan. Setelah dingin, kantong semar bisa dinikmati. Rasanya kenyal pulen dengan rasa gurih manis. Ada tekstur empuk gurih kacag beras yang enak. Paling cocok buat teman ngopi.

Karena untuk membuatnya orang harus berburu kantong semar maka kini tak banyak orang mau membuatnya. Penjualnya juga terbatas. Karenanya saat hari raya imlek dan cap gomeh jajanan ini jadi buruan. Kue kantong semar ini dikenal dengan nama Cong Thien Ang. Harga per buah sekitar Rp 3.000 - Rp 5.000. Sebenarnya bukan hanya di Pontianak, di daerah Pekanbaru Riau juga dikenal kue seperti ini.

Sumber:https://food.detik.com/info-kuliner/d-4439200/si-kantong-semar-yang-pulen-enak-khas-singkawang.


More: 
Tumbuhan Pemangsa....
Kantong semar, Nepenthes tumbuhan pemangsa
Venus dan Sundew: Tumbuhan Penangkap Serangga
10 Jenis Tumbuhan Pemangsa


Info:

Komentar