Google Searching

Tanaman Kacang tanah (Arachis Hypogea)

Ikan Hias Zebra

 

Ikan Hias Zebra ( Gbr: Wikipedia)


Ikan Hias ini dinamai Zebra karen pada tubuhnya terdapat garis garis Horizontal, memanjang dari kepala hingga ekor, mirip dengan garis garis yang ada pada binatang Zebra
Ukuran ini tergolong kecil dengan panjanga 3-5 centimeter dengan warna kulit  belang berwarna biru kehitaman, Pink  dan jingga kekuningan. 

Siklus hidup ikan zebra dimulai dari tahap embrio, larva, ikan muda, hingga ke tahap ikan dewasa. Tubuh ikan zebra terdiri dari mata, mulut, otak, organ-organ pencernaan, hidung, otot, darah, tulang, dan gigi. Selain itu, ikan zebra juga memiliki lima sirip.Ikan zebra memiliki indera penglihatan yang baik serta memiliki telinga dan gurat sisi sebagai organ penyensor gerakan. Penciuman ikan zebra berfungsi sebagai sensor tanda akan adanya bahaya dan sebagai isyarat kekerabatan.

Ikan ini termasuk jenis Omnivora, Makanan ikan zebra berupa organisme hidup yang berukuran lebih kecil dari ukuran tubuhnya. 

Ikan zebra suka membentuk kawanan dan kelompok-kelompok yang mempunyai penampilan dan tingkah laku yang serupa.Dalam suatu kawanan ikan zebra selalu terdapat ikan pejantan yang dominan.
Ikan zebra hidup di perairan yang tenang dengan permukaan tanah berpasir, berlanau, atau berkerikil di area persawahan, lahan basah, dan akuarium. Habitat asli ikan zebra adalah di negara-negara yang termasuk dalam kawasan Asia Selatan, seperti: India, Nepal, Pakistan, Bangladesh, Bhutan, Myanmar dengan Jenis iklim Tropis.

Di alam liar, ikan zebra bereproduksi setiap musim hujan, sedangkan di laboratorium, reproduksi berlangsung sepanjang tahun.Variasi genetik lebih banyak ditemukan pada ikan zebra yang berada di alam liar. 

Ikan zebra memiliki hubungan kekerabatan dengan kelompok spesies Danio aesculapii, Danio kyathit, dan Danio nigrofsciatus, serta dengan subkelompok spesies Danio albolineatus, Danio jaintianensis, Danio quagga, dan Danio tinwini. 
Pada saat ini kan zebra cukup populer di pelihara orang sebagai ikan hias, Ikan Aquascape dll.


Klasifikasi Ilmiah ikan Hias Zebra

Taksonomi
Kerajaan Animalia
Filum Chordata
Kelas Actinopteri
Ordo Cypriniformes
Famili Cyprinidae
Genus Danio
Spesies: Danio rerio (Hamilton, 1822, 1822)

Tata nama
Sinonim takson
Barilius rerio
Brachydanio rerio
Cyprinus chapalio
Cyprinus rerio
Danio frankei
Danio lineatus
Nuria rerio
Perilamopus striatus
Distribusi
Endemik Asia Selatan


# Ikan,# Ikan Hias, 






Komentar