Google Searching

Tanaman Kacang tanah (Arachis Hypogea)

Kura-Kura Termasuk Golongan Reptil

 

Berbagai Jenis Kura Kura 

(Sumber Foto: https://cdn.britannica.com/62/99062-050-C3752373/Turtles.jpg)



Kura-kura termasuk kedalam golongan Reptil.

Hewan bersisik berkaki empat, disebut (ordo) Testudinata (atau Chelonians) ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku.

Batok kura-kura ini terdiri dari dua bagian. Bagian atas yang menutupi punggung disebut karapas (carapace) dan bagian bawah (ventral, perut) disebut plastron. Kemudian setiap bagiannya ini terdiri dari dua lapis. Lapis luar umumnya berupa sisik-sisik besar dan keras, dan tersusun seperti genting; sementara lapis bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang yang tersusun rapat seperti tempurung. Perkecualian terdapat pada kelompok labi-labi (Trionychoidea) dan jenis penyu belimbing, yang lapis luarnya tiada bersisik dan digantikan lapisan kulit di bagian luar tempurung tulangnya.

Ada tiga kelompok hewan ini, Yaitu: 

Penyu (bahasa Inggris: sea turtles), 

Labi-labi atau Bulus (freshwater turtles) 

Kura-kura (tortoises). 

Kura-kura Hijau

Taksonomi Kura-Kura

Kerajaan: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Reptilia

Ordo: Testudines, Batsch, 1788

Subordo:  Cryptodira, Pleurodira

Habitat Kura-Kura

Berdasarkan tempat hidupnya Kura kura dibedakan dalam dua golongan yaitu Kura-kura darat dan Kura kura air. 

Kura-kura hidup di berbagai tempat, mulai daerah gurun, padang rumput, hutan, rawa, sungai dan laut. Sebagian jenisnya hidup sepenuhnya akuatik, baik di air tawar maupun di lautan. 

Sistem berkembang biak Kura-kura

Kura-kura berkembangbiak dengan bertelur (Ovipar).  Hewan ini dapat bertelur hingga lebih dari seratus butir telur, setiap kali bertelur, telur telurnya diletakan pada lubang pasir di tepi sungai atau laut, kemudian ditimbun dan dibiarkan menetas dengan bantuan panas matahari. Telur penyu menetas kurang lebih setelah dua bulan (50-70 hari) tersimpan di pasir.

Makanan Kura-kura

Kura-kura ada yang bersifat pemakan tumbuhan (Herbivora), pemakan daging (Karnivora) atau campuran (Omnivora). Kura-kura di habitat aslinya memiliki makanan asli nya adalah:

-  Ikan 

Ikan air Tawar yang berukuran kecil yang masih segar.

- Buah dan sayur 

Buah yang cocok untuk pakan kura-kura adalah pepaya, pisang, apel, dan tomat. Untuk sayuran, kura-kura menyukai sawi, selada, wortel, bayam, dan sayuran hijau lainnya. 

- Pelet 

Pelet termasuk dalam golongan pakan alami yang sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan kura-kura.  Makanan kura-kura berbentuk pelet banyak tersedia di toko pakan hewan peliharaan. 

- Serangga 

Kura-kura mengonsumsi serangga di habitat aslinya. Jenis serangganya antara lain: Jangkrik,  Belalang, Semut, Nyamuk atau Jentik nyamuk, dapat juga memberinya cacing. Jenis cacing yang biasa dikonsumsi kura-kura adalah cacing  sutra, mealworm, atau cacing tanah

- Tulang sotong 

Merupakan jenis makanan yang sangat kaya akan kalsium untuk kura-kura. Kalsium adalah bahan utama untuk pembentukan tulang yang sehat, dan akan membantu mencegah penyakit tulang metabolik pada kura-kura. Sehingga, tulang sotong adalah suplemen makanan yang penting terutama bagi kura-kura yang sedang berada di fase pertumbuhan.

# Reptil # Amphibi

Lihat Juga: 

Gambar Kolase Ikan Nemo Cantik.

Gambar Kura Kura Kolase Tugas Pelajaran SBDP

Download Mewarnai Gambar Kura-kura

Download Mewarnai Gambar Lucu




Komentar