Google Searching

Kodok Tebu (Rhinella Marina)

Kura-Kura Brazil

Kura-kura Brazil
Kura-kura Brazil 

Kura-kura Brazil populer dengan nama kura-kura ''red-ear slider'' atau dalam bahasa latin ''trachemys scripta elegans''. Adanya semburat warna merah tepat di belakang matanya sehingga menyerupai telinga berwarna merah ini yang menyebabkan kura kura ini disebut dengan nama kura-kura ''red-ear slider''. Warna tempurung kura kura ini merupakan campuran antara hijau dan kuning, hewan ini berasal dari bagian selatan Amerika Serikat. Kura-kura brazil termasuk salah satu spesies reptil berkaki empat yang banyak digemari oleh para pecinta hewan, karena sifatnya yang jinak dan daya tahan tubuhnya. Kura-kura brazil hidup diair tawar dapat mencapai usia 25 tahun dengan panjang tubuhnya maksimal sekitar 40 cm.

Makanan Kura kura Brazil

Kura-kura brazil termasuk omnivora atau pemakan segala, bisa mengonsumsi makanan hewani dan nabati. Jenis serangga seperti jangkrik atau cacing menjadi makanan yang sangat disukai disamping makanan lainnya seperti: sayuran, seperti wortel, kangkung, dan sawi.

Kura kura jantan dan betina. 

Perbedaan kura kura brazil jantan dan betina​.Cara membedakan kura kura jantan dan betina dapat dilihat dari lubang Kolaka nya, yaitu lubang saluran kotoran yang terletak di bagian ekor kura-kura. Jika bentuk kloakanya memanjang artinya berjenis kelamin jantan, namun sebaliknya jika bentuknya bulat maka dia berjenis kelamin betina. 

Perbedaan kura kura jantan dan betina
Perbedaan kura kura jantan dan betina.

Bisa juga dengan melihat kukunya. Kuku kura-kura Brazil jantan lebih panjang dan tajam dibandingkan dengan kura kura betinanya.

kura kura jantan dan betina
Kura-kura jantan dan betina

Cara lainnya bisa dilihat dari plastronnya. Plastron merupakan bagian bawah dari cangkang kura-kura. Bentuk plastron kura-kura Brazil jantan lebih cekung sedangkan untuk kura-kura betinanya lebih membulat. Jika kalian ingin melihatnya, kalian harus ekstra hati-hati saat memegangnya soalnya dia sangat sensitif jika dipegang bagian plastronnya ini. 

Usia siap kawin

Tanda tanda kura kura siap kawin, biasanya pada saat kura-kura jantan berusia 2-3 tahun dan betina 5-7 tahun. Perkawinan biasanya terjadi pada bulan-bulan Januari dan Februari. Kura-kura Brazil berkembang biak dengan cara bertelur, dengan jumlah telur bervariasi antara 6 hingga 15 butir tergantung kesuburan dan cuaca. Waktu yang dibutuhkan untuk menetas dibutuhkan waktu sekitar 60 hari. Setelah menetas, anak kura-kura brazil akan segera mencari perairan untuk tumbuh dewasa.

Taksonomi Kura-Kura Brazil

Kerajaan Animalia

Filum Chordata

Kelas Reptilia

Ordo Testudines

Famili Emydidae

Genus Trachemys

Spesies Trachemys scripta

Subspesies Trachemys scripta elegans, Wied-Neuw., 1839


Artikel lainnya:

- Gambar Kura Kura Kolase Tugas Pelajaran SBDP

- Kura-Kura Termasuk Golongan Reptil

Download Mewarnai Gambar Kura-kura

- Kura-Kura Brazil 


Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Kura-kura_brazil

https://www.hobinatang.com/2017/03/cara-membedakan-kura-kura-brazil-jantan-dan-betina.html

https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/6/2/629ae9773e8b3d2ed0d9e662c4eb2c5560a0134f.jpeg

https://www.gramedia.com/best-seller/fakta-menarik-kura-kura-brazil/

Komentar