Google Searching

Kodok Tebu (Rhinella Marina)

Rumah Adat Sulawesi Dari Stik Es Krim


Rumah Adat Sulawesi Dari Stik Es Krim

Provinsi Sulawesi Utara terletak di bagian utara pulau Sulawesi, yang memiliki banyak keunikan dalam adat istiadat dan budayanya. Salah satu adalah Rumah Adat.  Rumah Adat daerah Sulawesi Utara yang terkenal artistik terbuat dari bahan kayu dengan bentuk rumah panggung


Rumah Walewangko
Rumah Walewangko 

Ada dua macam rumah adat tradisional yang dimiliki oleh Suku Minahasa ini, yaitu: Rumah Walewangko dan Rumah Bolaang Mongondow.



Rumah adat sulawesi utara
Rumah Walewangko (Pic: www.rumahkayumanado.com)  

Rumah Walewangko memiliki ciri khas dari bentuk rumah panggung, dengan keberadaan balok kayu dan 2 tangga yang terletak tepat di kanan dan kiri rumah sepeeti terlihat pada gambar diatas.



 Rumah Bolaang Mongondow (Pic: www.rumahkayumanado.com)  

Rumah Bolaang Mongondow memiliki atap dengan bentuk melintang dan punggungan yang cukup curam. Disamping itu rumah ini memiliki 2 anak tangga menuju bagian depan rumah dan teras yang tidak memiliki dinding di serambi rumah.

Rumah Adat Bolaang Mongondow terdapat di sebelah barat Provinsi Sulawesi Utara tepatnya di Kabupaten Bolaang Mongondow. Rumah adat tradisional ini merupakan rumah suku Bolaang Mongondow atau biasa juga disebut suku Bolmong yang  berada di Kabupaten Bolaang Mongondow.


Rumah Adat Sulawesi hasil prakarya dari Stik Es Krim

Perbedaan antara Rumah Bolaang Mongondow dengan rumah adat Walewangko, terletak pada desain arsitekturnya. Dimana desain arsitektur rumah Bolaang Mongondow terlihat lebih sederhana dari rumah rumah adat Walewangko.

More:

Rumah Adat Sulawesi Dari Stik Es Krim

Rumah Adat Jambi Dari Stik Es Krim

Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Lumbung Padi Mini Dari Stik Es Krim


Komentar