Google Searching

Miniatur Rumah Adat Bolon Sumatra Utara

Miniatur Rumah Adat Bolon Sumatra Utara
Miniatur Rumah Adat Bolon Dari Sumatra Utara


Rumah adat suku Batak Toba dinamakan Rumah Bolon, memiliki keunikan sesuai dengan budaya masyarakat setempat. Rumah adat bolon milik masyarakat Sumatra Utara, memiliki arsitektur yang unik dapat dilihat secara kasat mata.Keunikan dan ciri khas rumah adat bolon terlihat dari ukurannya yang besar serta bentuk atapnya yang runcing pada tepian depan dan belakang. 


Rumah Adat Bolon Sumatra Utara

 Rumah Adat Bolon Sumatra Utara (Gbr https://www.gramedia.com)


Rumah adat bolon ini pada jaman dahulu digunakan sebagai tempat tinggal para Raja dan bangsawan, termasuk permaisuri, dan pengawal raja. Namun, seiring berjalannya waktu rumah ini menjadi rumah bagi penduduk setempat. Rumah bolon banyak terdapat di desa adat Ompu Marjobu Situngkir, Kabupaten Samosir. 

Rumah Bolon Sumatra Utara merupakan milik suku Batak Toba. Rumah adat bolon dibangun setinggi 1,75 meter dari permukaan tanah dan berjenis Rumah panggung. Bagian kolong dari rumah adat ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti: penyimpanan barang, bahan pangan, hingga pemeliharaan hewan seperti kambing atau ayam.

Konstruksinya dibangun dengan bahan utama kayu, yang disambung menggunakan pasak di sudut-sudutnya agar rumah dapat berdiri kokoh. 

Untuk dapat masuk ke dalam rumah, menggunakan anak tangga yang memiliki jumlah ganjil. Ukuran pintu rumahnya berukuran rendah, hal ini dibuat sesuai dengan makna filosofis yang dimiliki masyarakat adat. Makna yang terkandung dari ukuran pintu rumah adat ini adalah agar para tamu yang masuk kedalam rumah harus menunduk terlebih dahulu untuk menghargai tuan rumah.  Tiang-tiang penyangga kolong rumah adat ini dihiasi dengan ukiran dengan motif ornamen gatip-gatip atau jenis ular berbisa. 

Terdapat beberapa jenis dari rumah adat ini seperti: rumah Bolon Simalungun, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Angkola, rumah Bolon Toba, rumah Bolon Pakpak, rumah Bolon Karo.



More:

Rumah Adat Kariwari dari Papua

Miniatur Rumah Adat Bolon Sumatra Utara

Rumah Adat Sulawesi Dari Stik Es Krim

Rumah Adat Jambi Dari Stik Es Krim

Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Lumbung Padi Mini Dari Stik Es Krim

Koleksi Miniatur Rumah Adat Dari Stik Es Krim di Tokopedia

Referensi:

https://tirto.id/mengenal-rumah-adat-bolon-sumatera-utara-konstruksi-fungsinya-gm2q

https://www.gramedia.com/literasi/rumah-adat-sumatera-utara/

Komentar