Google Searching

Fenomena Hujan Meteor Taurid di November 2023

Fenomena Hujan Meteor Taurid
Fenomena Hujan Meteor Taurid
(Pic: https://www.scientificamerican.com)

Meteor, atau sering disebut bintang jatuh, sebetulnya adalah penampakan meteoroid, asteroid, atau komet yang terbakar ketika memasuki atmosfer Bumi. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi.

Penampakan seperti bintang jatuh,tersebut disebabkan oleh panas yang dihasilkan oleh tekanan rpm (bukan oleh gesekan, sebagaimana anggapan umum sebelum ini) pada saat meteoroid memasuki atmosfer.

Jika Meteor ini banyak yang terlihat pada saat tertentu disebut Hujan Meteor. Menurut pengertian dari wikipedia Hujan meteor adalah fenomena astronomi yang terjadi ketika sejumlah meteor terlihat bersinar pada langit malam. Meteor ini terjadi karena adanya serpihan benda luar angkasa yang dinamakan meteoroid, yang memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi. 

Ukuran meteor umumnya hanya sebesar sebutir pasir, dan hampir semuanya hancur sebelum mencapai permukaan Bumi. Serpihan yang mencapai permukaan Bumi disebut meteorit. Hujan meteor umumnya terjadi ketika Bumi melintasi dekat orbit sebuah komet dan melalui serpihannya. 

Meteor Data Centre mencatat sekitar 600 kasus dugaan hujan meteor, dan sekitar 100 sudah dibuktikan.

Nah, hari ini tgl 3 nov 2023 ada berita akan terjadi hujan meteor Hujan Meteor Taurid di bulan November 2023 ini.

Fenomena antariksa apaan lagi nih?

Setelah cari informasi dengan Mbah Google ternyata, 

Hujan Meteor Taurid adalah hujan meteor tahunan yang berhubungan dengan komet Encke. Taurid sebenarnya adalah dua pancuran terpisah, dengan komponen Selatan dan Utara. 

Taurid Selatan berasal dari Komet Encke, sedangkan Taurid Utara berasal dari asteroid 2004 TG10, kemungkinan merupakan pecahan besar Encke karena parameter orbitnya yang serupa.

Mereka diberi nama berdasarkan titik pancarannya di konstelasi Taurus, tempat mereka terlihat berasal dari langit. Karena kemunculannya pada akhir Oktober dan awal November, bola api ini juga disebut bola api Halloween. Karena 2P/Encke adalah komet berperiode pendek, meteor-meteor ini memiliki kecepatan tumbukan paling lambat dibandingkan hujan meteor tahunan yang diketahui.

Komet Encke dan kompleks Taurid diyakini merupakan sisa-sisa komet kelas 40 km yang terganggu sekitar 10.000 tahun yang lalu, pecah menjadi beberapa bagian dan melepaskan materi akibat aktivitas komet normal, kehilangan massa melalui spin- naik, atau kadang-kadang karena pertemuan dekat dengan gaya pasang surut Bumi atau planet lain (Whipple, 1940; Klačka, 1999). 

Secara total, aliran meteoroid ini merupakan yang terbesar di Tata Surya bagian dalam. Karena alirannya agak tersebar di ruang angkasa, Bumi membutuhkan waktu beberapa minggu untuk melewatinya, menyebabkan aktivitas meteor dalam periode yang lebih lama, dibandingkan dengan periode aktivitas hujan lainnya yang jauh lebih kecil. 

Taurid juga terbuat dari material yang lebih berat, yaitu kerikil, bukan butiran debu. Hujan siang hari aktif pada bulan Mei hingga Juli (Beta Taurid dan Zeta Perseids), sedangkan hujan malam hari aktif pada bulan September hingga Desember.Wikipedia (Inggris).

Lalu kapan waktu pasti terjadinya Fenomena Hujan Meteor Taurid di November 2023 ?

Sementara dilansir laman Space, waktu terjadinya hujan meteor Taurid Selatan akan mencapai puncaknya antara tanggal 4-5 November 2023. Sedangkan hujan meteor Taurid Utara akan mencapai puncaknya antara tanggal 11-2 November 2023.

Secara umum, menurut LAPAN BRIN, Taurid adalah hujan meteor kecil yang berlangsung lama dan hanya menghasilkan sekitar 5-10 meteor per jam. Hujan meteor Taurid muncul setiap tahunnya dengan perkiraan waktu kejadian antara September hingga Desember.

Hujan Meteor Taurid Selatan: Titik radian hujan meteor Taurid Selatan terletak di konstelasi Cetus. Titik radian Taurid Selatan terbit setelah senja (sekitar pukul 18.30) dan terbenam sebelum fajar (sekitar pukul 04.30). Taurid Selatan telah terjadi sejak 28 September hingga 2 Desember mendatang. Puncak hujan meteor Taurid Selatan terjadi pada 4-5 November 2023.

Hujan Meteor Taurid Utara: Titik radian hujan meteor Taurid Utara terletak di konstelasi Taurus. Hujan meteor Taurid Utara yang berintensitas 5 meteor setiap jamnya dapat disaksikan sejak tengah malam hingga menjelang Matahari terbit. Puncak hujan meteor Taurid-Utara akan terjadi pada 12 November 2023 mendatang. 

Sedangkan akun Instagram Observatorium Bosscha menjelaskan puncak hujan meteor Taurid-Utara terjadi mulai 18:27 WIB hingga fajar tanggal 13 November.

Untuk melihatnya, masyarakat Indonesia dapat melihat dari arah rasi Taurus di langit utara. Hujan meteor ini juga akan berakhir pada 2 Desember mendatang.

#Hujan Meteor Taurid,  #Meteor Taurid, #Meteor Shower


Baca juga: 

Fenomena Hujan Meteor Taurid di November 2023 

Menakar Luasnya Alam Semesta ini !

Embrio Bintang yang Melebihi Matahari

Galaksi Bima Sakti

Matahari Punya Saudara Kembar?

Macam Macam Galaksi di Alam Semesta

Bumi Kita di Tengah Jagat Raya

Gejala-gejala yang akan terjadi menjelang kematian matahari

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Meteor

https://id.wikipedia.org/wiki/Hujan_meteor

https://news.detik.com/berita/d-7017233/seputar-fenomena-hujan-meteor-taurid-terjadi-di-november-2023

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231103094641-37-486065/puncak-hujan-meteor-taurid-bisa-dilihat-di-ri-ini-jadwalnya

https://www.scientificamerican.com/article/perseid-meteor-shower-peaks-this-weekend-in-a-stargazing-must-see/

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20231103094641-37-486065/puncak-hujan-meteor-taurid-bisa-dilihat-di-ri-ini-jadwalnya

https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/12/170000723/jangan-lewatkan-fenomena-hujan-meteor-taurid-utara-puncaknya-malam-ini

https://pict.sindonews.net/webp/940/salsabila/slider/2023/08/24535/fenomena-hujan-meteor-bakal-mengguyur-bumi-sepekan-lagi-aaj.webp

Komentar