Google Searching

Sirih Cina (Peperomia pellucida)

Sirih Cina (Peperomia pellucida)
Sirih Cina (Peperomia pellucida)

Tanaman Sirih Cina atau dengan nama lain Tumpang air, tumpang angin atau suruhan (Peperomia pellucida), Saladaan (Sunda), Rangu-rangu, Sladanan, Suruhan (Jawa), Tumpangan air (Sumatra, Jakarta), Gofu goroho (Ternate).

Tanaman Sirih Cina ini memiliki bentuk daun menyerupai hati dengan warna daunnya yang hijau berkilauan. Dikenal sebagai tanaman herbal yang kaya akan kandungan senyawa tanin, flavonoid, dan alkaloid. Termasuk golongan rumput liar, namuin manfaat daun sirih cina sangat banyak dan baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Tumbuhan Sirih Cina (Peperomia pellucida) memiliki klasifikasi ilmiah sebagai berikut:

Taksonomi

Divisi: Tracheophyta

Subdivisi: Spermatophytes

Klad: Angiospermae

Klad: magnoliids

Ordo: Piperales

Famili: Piperaceae

Subfamili: Piperoideae

Genus: Peperomia

Spesies: Peperomia pellucida 

Tata nama: Basionim Piper pellucidum

Tanaman Sirih Cina ini menyukai tanah yang lembab, banyak tumbuh sebagai tumbuh liar di tepi saluran air atau pematang dan taman. Memiliki batang sukulen (berair), cerah, berdaging, demikian pula daunnya yang agak tebal tapi lunak, dengan ukuran panjang pohon 15 sampai 45 cm. Tanaman ini berkembang biak dengan biji.

Manfaat tanaman Sirih Cina:

Dari berbagai referensi yang ada ternyata tanaman Sirih Cina ini memiliki berbagai manfaat mulai dari mengobati asam urat, menghilangkan sakit kepala, hingga mengobati jerawat, Skincare dan sebagai olahan dari berbagai sajian. Masakan dari daun sirih cina ini bisa disayur, ditumis bahkan bisa jadi campuran pecel.


Lihat juga: 

Wajah Glowing Secara Alami Dengan Sirih Cina


Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Tumpang_air

https://www.liputan6.com/hot/read/5389778/17-manfaat-daun-sirih-cina-yang-jarang-diketahui-obati-asam-urat-dan-jerawat?page=5

https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/mitha/daun-sirih-cina-untuk-wajah-glowing

https://www.popmama.com/life/fashion-and-beauty/mitha/daun-sirih-cina-untuk-wajah-glowing



Komentar