Google Searching

Skincare Alami Dengan Sirih Cina

Skincare Alami Dengan Sirih Cina
Skincare Alami Dengan Sirih Cina   

Tanaman Sirih Cina atau dengan nama lain Tumpang air, tumpang angin atau suruhan (Peperomia pellucida), dikenal sebagai tanaman herbal yang kaya akan kandungan senyawa tanin, flavonoid, dan alkaloid

Salah satu manfaat Sirih Cina ini bagi kecantikan kulit wajah adalah untuk melembabkan, mencerahkan, dan mengatasi berbagai masalah kulit. Kandungan senyawa-senyawa yang terdapat pada tumbuhan Sirih Cina ini efektif menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, sehingga dapat membuat wajah Glowing. Sirih Cina untuk perawatan kulit alami, Skin care alami

Berikut ini beberapa manfaat daun Sirih Cina untuk kesehatan kulit wajah:

1. Mengatasi jerawat

2. Pudarkan flek hitam

3. Mengurangi sembab di wajah

4. Perawatan kulit sensitif

5. Mengurangi rasa gatal

6. Masker alami

7. Mengecilkan pori-pori. 

Nah, ternyata banyak sekali manfaat yang ditawarkan dari tumbuhan ini, dapat juga digunakan sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit. Penggunaan secara rutin, masker alami dari daun sirih cina dapat membantu meningkatkan kualitas kulit wajah Anda, sehingga wajahmu akan sehat tampak lebih cerah dan glowing. 

Penting! sebelum menggunakan ke seluruh wajah, pastikan dulu anda melakukan  tes alergi terlebih dahulu pada kulit. 

Caranya lakukan tes patch: Sebelum mengaplikasikan ke seluruh wajah, lakukan tes pada area kecil kulit untuk memastikan tidak ada reaksi negatif, Misalnya test pada kulit tangan dll. 

Mengapa harus melakukan Test Patch ? 

Meskipun daun sirih cina merupakan bahan alami dari tumbuhan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.  Namun penting juga untuk diketahui jenis kulit wajah kita ternyata memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda beda, hal inilah yang menimbulkan beberapa efek samping dan peringatan yang mungkin terjadi saat menggunakannya. 

Ada beberapa gejala yang kemungkinan muncul seperti: 

Iritasi kulit: Bagi sebagian orang, daun ini dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi ketika diaplikasikan ke kulit.

Kemerahan: Penggunaan daun sirih cina dapat menyebabkan reaksi kemerahan pada area kulit yang diaplikasikan.

Rasa gatal atau panas: Bagi sebagian orang mungkin merasakan sensasi gatal atau panas setelah penggunaan.

Reaksi alergi: Meskipun jarang terjadi, ada kemungkinan terjadi reaksi alergi seperti ruam, bengkak, atau gatal-gatal.

Jangan digunakan pada luka terbuka: Hindari penggunaan daun ini pada area kulit yang luka atau terinfeksi.

Selalu lakukan tes patch: Sebelum mengaplikasikan ke seluruh wajah, lakukan tes pada area kecil kulit untuk memastikan tidak ada reaksi negatif.

Jika Anda merasakan ada ketidaknyamanan atau terlihat tanda-tanda reaksi negatif, hentikan penggunaan dan segera konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli dermatologi.

Apakah daun sirih Cina bisa memutihkan wajah?

Kandungan alami di dalamnya yang dapat membantu mencerahkan kulit, meskipun tidak secara langsung memutihkan. Namun, penggunaan rutin dapat memberikan efek kulit yang lebih cerah dan merata.

Apakah daun sirih cina bagus untuk wajah?

Kandungan senyawa aktif di dalamnya seperti tanin, flavonoid, dan alkaloid yang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, dan peradangan.

Bagaimana cara mengolah daun sirih Cina untuk wajah?

Cara mengolah daun sirih Cina untuk wajah adalah dengan menumbuk daunya sebanyak 3-5 lembar hingga halus. Hasil tumbukan daun yang telah halus selanjutnya diaplikasikan sebagai masker pada wajah, diamkan selama 30 menit, gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pastikan untuk mencuci bersih daun sebelum diolah dan lakukan tes alergi sebelum mengaplikasikannya ke seluruh wajah.

Sebab, daun tersebut memiliki efek farmakologi sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 

#Sirih Cina, #Wajah Glowing Alami Dengan Sirih Cina, #Herbal, #Kecantikan, #Skincare


Referensi:
https://www.birdsnbees.co.id/ketahui-5-manfaat-daun-sirih-cina-untuk-wajah-agar-glowing-secara-alami/
https://id.wikipedia.org/wiki/Tumpang_air
https://www.liputan6.com/hot/read/5389778/17-manfaat-daun-sirih-cina-yang-jarang-diketahui-obati-asam-urat-dan-jerawat

Komentar