Google Searching

Info

Sabtu, 24 Februari 2018

Jamur Tudung Pengantin (Phallus indusiatus)

 Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus)
  Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus)
Sumber foto: Facebook

Jamur tudung pengantin tergolong jamur yang memiliki bentuk yang unik. Jamur ini memiliki jaring-jaring halus pada tudung jamur yang bentuknya menyerupai tudung atau slayer pengantin mempelai wanita di pelaminan. Sejauh ini jaring-jaring halus yang ditemukan memiliki variasi warna, yaitu Jamur tudung pengantin warna putih dan Jamur tudung pengantin warna oranye.




Yang disebut tudung pengantin pada jamur ini adalah bagian dari tubuh jamur yang tumbuh pada saat jamur sudah berusia matang.Jaring Jaring ini tumbuh dari bagian atas kepala jamur dan akan terus bertambah panjang. Semakin ke bawah, lubang pada jaring akan semakin kecil.  Jamur tudung pengantin ini tingginya dapat mencapai 20 cm, sedangkan jaring jaring nya dapat mencapai panjang 12 cm. Usia tumbuh  Jamur tudung pengantin hanya 30 hari.

Di Indonesia, beberapa jenis jamur sudah dimanfaatkan, misalnya jamur merang, jamur kuping dan sebagainya. Namun, Salah satu jamur yang unik dan mulai langka adalah jamur tudung pengantin.
Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus) atau The Bridal Veil Mushroom berbeda dengan jamur pada umumnya. Jamur ini umum ditemukan di Indonesia hingga India. Memiliki aroma berbau sedikit seperti bangkai.


Klasifikasi ilmiah Jamur tudung pengantin:
Kingdom:     Fungi
Divisi:     Basidiomycota
Kelas:     Agaricomycetes
Ordo:     Phallales
Famili:     Phallaceae
Genus:     Phallus
Spesies:     P. indusiatus
Nama binomial: Phallus indusiatus Vent. (1798)
Sinonim:
     Dictyophora indusiata (Vent.) Desv. (1809)
     Hymenophallus indusiatus (Vent.) Nees (1817)


Tag: #Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus) , #Jamur tudung pengantin, #Phallus indusiatus,#The Bridal Veil Mushroom,#Jamur Tudung Pengantin Warna Kuning,Jamur tudung pengantin aneka warna unik, #Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus) , #Jamur tudung pengantin, #Phallus indusiatus,#The Bridal Veil Mushroom,#Jamur Tudung Pengantin Warna Kuning,

Mobile ads:




Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Phallus_indusiatus
http://www.greeners.co/flora-fauna/jamur-tudung-pengantin-kecantikan-alam-yang-mulai-langka/

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo