Google Searching

Info

Minggu, 14 Februari 2016

Jamur Tiram


Jamur Tiram
Jamur Tiram

Jamur tiram atau dalam bahasa latinnya Pleurotus ostreatus, masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii. Jamur Tiram atau sering disebut dengan King Oyster Mushroom memiliki ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Bagian tudung dari Jamur tersebut berubah warna dari hitam, abu-abu, coklat, hingga putih, dengan permukaan yang hampir licin, diameter 5-20 cm yang bertepi tudung mulus sedikit berlekuk.Jamur tiram juga memiliki spora berbentuk batang berukuran 8-11×3-4μm serta miselia berwarna putih yang bisa tumbuh dengan cepat.

Jamur Tiram


Di alam bebas, jamur tiram bisa dijumpai hampir sepanjang tahun di hutan pegunungan daerah yang sejuk. Pada saat ini banyak orang membudidayakan ajmur tiram untuk konsumsi. Membudidayakan jamur tiram haruslah memperhatikan habitat asli tempat ia tumbuh. Media yang umum dipakai untuk membiakkan jamur tiram adalah serbuk gergaji kayu.

Dalam siklus hidupnya, umumnya jamur tiram atau Pleurotus ostreatus, mengalami dua tipe perkembangbiakan yakni secara aseksual maupun seksual. Seperti halnya reproduksi aseksual jamur, reproduksi aseksual basidiomycota secara umum yang terjadi melalui jalur spora yang terbentuk secara endogen pada kantung spora atau sporangiumnya, spora aseksualnya yang disebut konidiospora terbentuk dalam konidium.

Jamur Tiram

Pada reproduksi secara seksual terjadi melalui penyatuan dua jenis hifa yang bertindak sebagai gamet jantan dan betina membentuk zigot yang kemudian tumbuh menjadi primodia dewasa. Spora seksual pada jamur tiram putih, disebut juga basidiospora yang terletak pada kantung basidium.

Manfaat Jamur tiram selain untuk konsumsi ternyata mempunyai manfaat lainnya menurunkan kolesterol, sebagai antibakterial dan antitumor, serta dapat menghasilkan enzim hidrolisis dan enzim oksidasi. Selain sebagai penurun kolestrol, jamur tiram juga dapat berguna dalam membunuh nematoda.

Jamur Tiram

Jamur Tiram juga dipercaya mempunyai khasiat obat untuk berbagai penyakit seperti penyakit lever, diabetes, anemia. Selain itu jamur tiram juga dapat bermanfaat sebagai antiviral dan antikanker.

Lihat: Video Jamur Tiram

Klasifikasi ilmiah Jamur tiram

Status konservasi: Aman
Kerajaan:     Fungi
Filum:     Basidiomycota
Kelas:     Homobasidiomycetes
Ordo:     Agaricales
Famili:     Tricholomataceae
Genus:     Pleurotus
Spesies:     P. ostreatus
Nama binomial:  Pleurotus ostreatus
Champ. Jura. Vosg. 1: 112, 1872
Sumber: wikipedia.org

Posting lainnya:
Fungi atau Jamur 

Lihat: Video Jamur Tiram
 

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Lazada Promo