Google Searching

Kasifikasi Ilmiah Jamur Enoki


Jamur Enokitake (Flammulina velutipes)

Jamur Enokitake (Flammulina velutipes) 

Jamur Enoki (Flammulina velutipes) pada habitat aslinya tumbuh pada batang pohon yang sudah lapuk di alam bebas yang berhawa sejuk. Sebutan jamur Enoki karena Jamur ini banyak tumbuh di permukaan batang pohon Celtis Sinensis (bahasa Jepang: Enoki) yang sudah melapuk,

Selain di pohon Enoki, jamur ini bisa tumbuh di permukaan batang kayu lapuk pohon-pohon berdaun lebar seperti Kesemek dan Bebesaran. Jamur ini tumbuh subur terutama pada musim-musim dengan udara sejuk seperti musim gugur hingga awal musim semi. Jamur ini juga dapat tumbuh di bawah salju.

Tumbuhan Jamur ini sering dianggap sebagai hama bagi beberapa produk pertanian. Bentuk jamur nan ada di alam terbuka berdaun lebar dengan diameter kurang lebih 3 cm, berwarna coklat, dan merah muda dengan batang padat berisi dan pendek.


Jamur Enokitake Hasil Budidaya

Jamur Enokitake Hasil Budidaya

Jamur Enoki atau Enokitake banyak tumbuh di negri Jepang. Jamur enoki termasuk jamur pangan dengan tubuh buah hasil budidaya berbentuk panjang-panjang berwarna putih seperti Tauge. Sehingga jamur ini juga terkenal dengan sebutan jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas.


Kasifikasi Ilmiah Jamur Enoki 
Kerajaan: Fungi
Divisi: Basidiomycota
Kelas: Homobasidiomycetes
Ordo: Agaricales
Famili: Marasmiaceae
Genus: Flammulina
Spesies:
Flammulina callistosporioides
Flammulina elastica
Flammulina fennae
Flammulina ferrugineolutea
Flammulina mediterranea
Flammulina mexicana
Flammulina ononidis
Flammulina populicola
Flammulina rossica
Flammulina similis
Flammulina stratosa
Flammulina velutipes


More:


Info:

Komentar