Google Searching

Info

Kamis, 25 Juni 2020

Benarkah Jamur Enoki Disebut Picu Wabah Listeria?



Jamur Enoki Disebut Picu Wabah Listeria?


Jamur Tauge atau Jamur Jarum Emas merupakan nama lain dari Jamur Enoki.

Berikut ini hasil pencarian berdasarkan tulisan yang dimuat di website kompas.
Pemerintah mendapatkan informasi  dari International Food Safety Authority Network (INFOSAN) melalui Indonesia Rapid Alert System for Food and Feed (INRASFF) tentang Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia akibat mengkonsumsi jamur enoki asal Korea Selatan. 

Jamur enoki asal Korea Selatan itu disebut tercemar bakteri Listeria monocytogenes. 
INFOSAN merupakan jaringan otoritas keamanan pangan internasional di bawah FAO/WHO. 

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng, mengatakan, BKP telah melakukan investigasi menindaklanjuti informasi tersebut. 

Melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, 
Kamis (25/6/2020), disebutkan, pada 21 April 2020 dan 26 April 2020, petugas Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Pusat (OKKPP) Kementan memeriksa sampe dari importis yang memperoleh produk jamur enoki asal produsen Korea Selatan yang dinotifikasi oleh INFOSAN. 

Setelah melakukan pengujian sampel, importir diminta agar tidak mengedarkan jamur, sampai investigasi selesai. 

Alasannya, berdasarkan hasil pengujian tersebut, 5 lot tidak memenuhi persyaratan karena terdeteksi mengandung Bakteri Listeria Monocytogenes  dengan kisaran 1,0 x 104 hingga 7,2 x 104 colony/g.

Angka ini melewati ambang batas aman untuk dikonsumsi. 
Langkah selanjutnya, Kementan memerintahkan kepada importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea Selatan. 

"Pemusnahan dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT. Siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, yang dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP, sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kilogram," kata Agung, dalam keterangan tertulisnya. 

Selain itu, seluruh OKKP di daerah diminta melakukan pengawasan jamur enoki asal Korea Selatan. 
Badan Karantina Pertanian juga diminta melakukan peningkatan pengawasan keamanan pangan jamur enoki asal Korea Selatan tersebut. 

Imbauan untuk masyarakat dan pelaku usaha 
Bakteri Listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang tersebar luas di lingkungan pertanian baik di tanah, tanaman, silase, fekal, limbah, dan air. 
Karakter bakteri ini adalah: 
- Tahan terhadap suhu dingin sehingga mempunyai potensi kontaminasi silang terhadap pangan lain yang siap dikonsumsi dalam penyimpanan; 
- Dapat dihilangkan melalui pemanasan suhu 75oC; 

Terkontaminasi bakteri  listeria monocytogenes bisa menyebabkan penyakit listeriosis yang mempunyai konsekuensi sakit hingga meninggal dunia, terutama pada golongan rentan, balita, ibu hamil, dan manula. 
Agung menyebutkan, KLB Listeria monocytogenes pernah terjadi di Amerika Serikat pada 2014 dan 2020, serta di Afrika Selatan pada 2018. 
Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih cermat dan berhati-hati dalam membeli produk pangan khususnya pangan segar asal tumbuhan. 

"Pilih pangan yang sudah terdaftar, ditandai dengan nomor pendaftaran PSAT," ujar Agung. 

Pelaku usaha juga diimbau untuk menerapkan praktik sanitasi higiene di seluruh tempat dan rantai produksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 


Selain itu, memisahkan jamur enoki yang diimpor dari Green Co Ltd dan mengembalikan kepada distributor untuk ditangani lebih lanjut. 

Agung menekankan, hingga hari ini, belum ditemukan adanya kasus KLB di Indonesia karena kontaminasi Bakteri Listeria Monocytogenes  dari jamur enoki tersebut. 
Langkah yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian saat ini merupakan langkah pencegahan.  

Penulis Nur Rohmi Aida | Editor Inggried Dwi Wedhaswary
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Hasil Investigasi Kementan soal Kontaminasi Listeria pada Jamur Enoki asal Korea Selatan", https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/25/130401165/ini-hasil-investigasi-kementan-soal-kontaminasi-listeria-pada-jamur-enoki?page=all.

Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo