Google Searching

Info

Kamis, 26 Juli 2018

9 Tanaman Pengusir Nyamuk

 Tanaman Pengusir Nyamuk

  Tanaman Pengusir Nyamuk

Banyak Nyamuk dirumah terasa sangat menjengkelkan, membuat kita tida dapat duduk dan beraktifitas dengan nyaman.
Untuk mengusir nyamuk banyak tersedia obat pengusir yang dibuat dari cairan kimia. Tetapi setelah saya baca dan brosing di Internet tenyata ada tumbuhan yang dapat menangkal nyamuk. Nyamuk tidak menyukai tanaman ini dari bau bunga atau daunnya dan bau dari sarinya. Berikut ini nama dan jenis tanaman yang dapat menangkal nyamuk:

Anti nyamuk karena bau bunga atau daunnya:

1. Bunga Marigold
Tanaman Bunga Marigold, salah satu jenis tanaman berbunga. Masyarakat Bali menyebut bunga ini dengan nama bunga gumitir. Sekilas bunga marigold ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bunga kenikir, namun berbeda dengan bunga kenikir. Bunga marigold akan tumbuh pada setiap tangkai batang dengan warna kuning berkelopak merah dan berbentuk bulat.

Bunga marigold ini terdapat dalam berbagai jenis warna, seperti putih (Matrigold vanilla), kuning, oranye, oranye kemerahan (seperti marigold red cherry) dan warna campuran. Bunga marigold mengandung lebih banyak nektar sehingga serangga terutama lebah menyukai bunga ini. Bunga marigold ini banyak dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

2. Ageratum
Tanaman Ageratumatau dikenal dengan nama Bandotan (Ageratum conyzoides L.).
Merupakan tanaman bunga yang mekar pada musim panas, mudah tumbuh, dan bunga berbulu. Bentuk daun Ageratum menyerupai daun mint, meskipun bunga terlihat seperti aster kecil dilihat dari tanamannya. Bunganya memiliki beberapa jenis warna antara lain: warna biru, ungu, pink, dan bahkan putih dan merah. 

Tanaman ageratum tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari penuh atau teduh parsial dan merupakan salah satu dari bunga tahunan sangat sedikit yang mampu fleksibilitas tersebut. Karena tanaman ini memiliki bau yang menyengat sehinnga banyak serangga yang menghindarinya.

3. Geranium
Bunga geranium terkenal karena keindahannya, namun ternyata memiliki manfaat lain dari bunga ini seperti juga dengan cara menanam bunga calla lily. Dengan warna bunganya yang indah dan mencolok membuat siapapun yang melihat akan terpesona. apalagi jika ternyata memiliki khasiat lain sebagai tanaman pengusir nyamuk alami.

Dengan menanam tanaman ini di rumah, maka dipastikan hunian anda akan terbebas dari serangga yang cukup merugikan ini.  Zat citronella yang terkonsentrsi pada daun tanaman geranium akan mempu mengusir nyamuk dengan ampuh. Caranya cukup sederhana, letakkan tanaman di luar rumah. Kemudian saat angin meniup tanaman dan mengenai daun, maka daun akan bergoyang dan mengeluarkan aroma khas yang tidak sukai oleh nyamuk.





Anti nyamuk karena sarinya dioleskan pada tubuh:

1. Rosemary
 Bunga rosemary merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang cukup populer dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.Bunga rosemary dengan nama ilmiah Rosmarinus officinalis memiliki bunga yang berwarna paduan ungu dan putih, dikenal dengan baunya yang begitu harum dan menyegarkan.Biasanya, orang senang menanamnya di ruangan dalam rumah untuk menaruhnya sebagai pewangi ruangan alami, ataupun ditanam di taman pekarangan rumah. Kadang-kadang, ada juga yang suka menggunakannya untuk pengusir nyamuk.Selain itu, bunga ini juga dapat digunakan sebagai bahan makanan, biasanya diolah sedemikian rupa untuk pengharum kue dan juga diolah untuk kebutuhan obat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

2. Catnip
Catnip masuk dalam keluarga daun mint Ladies. Catnip adalah tanaman semak yang tumbuh liar di beberapa daerah seperti Eurasia dan Amerika Utara. Nama latin Catnip adalah Nepeta cataria. Catnip termasuk keluarga tumbuhan mint. Terlihat dari bau mint (menthol) yang disebarkannya.Tanaman ini sangat dibenci nyamuk, namun disukai kucing, cocok nih untuk Anda yang suka kucing.

3. Citronella/Minyak Sereh
Cara penggunaan  minyak sereh untuk mengusir nyamuk, oleskan minyak esensial ini setiap 30-60 menit sekali agar efeknya bertahan lebih lama. Dalam penggunannya dapat mencampur minyak sereh dengan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak kacang kedelai dan mengoleskannya ke badan Anda seperti menggunakan lotion. Anda dapat pula memasukkan minyak sereh tersebut ke dalam botol dan ditambahakan dengan air kemudian menyemprotkannya ke kulit, rambut, atau bahkan pakaian Anda. Menggunakan minyak sereh murni langsung ke badan Anda dipercaya memiliki efek yang lebih efektif dibandingkan lilin-lilin beraroma minyak sereh.

4. Tansy
Tansy liar adalah rumput lama dengan sebatang batang musim gugur yang rapi. Bunga Tansy memiliki batang tinggi payung bunga kecil berwarna kuning terang mengeluarkan bau yang kuat camphor, sering dijumpai di tengah-tengah padang rumput musim panas dan tepi hutan. Memiliki daun yang memiliki aroma bau menyengat.
Bunga dan batang, apabila dikeringkan, akan mengawetkan bentuk dan warna mereka, dan dapat digunakan untuk tujuan hiasan dan obat obatan. Terutama untuk minyak balsam aromatik, yang telah digunakan untuk merawat luka dan menguatkan rambut.

5. Kemangi
Basil yang khas dalam masakan Italia ini bisa digantikan dengan daun kemangi Ladies. Untuk mempercantik penataannya, Anda bisa memasukkan basil/kemangi dalam vas bunga yang berisi air, lalu letakkan di dalam dan di luar rumah.

6. LavenderTanaman Lavender sudah terbukti banyak dipakai sebagai bahan tambahan dalam obat nyamuk, tentu lavender sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Namun katanya, varian Lavender yang paling baik adalah lavandin, dengan kamper yang konsentrasinya tinggi, ampuh untuk mengusir semua serangga, bukan hanya nyamuk.

7. Lemon Balm
Aroma lemonnya akan mengingatkan kita padaaroma batang serai, namun lebih segar dan dapat membangkitkan selera makan. Kandungan citronellal yang tinggi membuat serangga tidak suka dekat-dekat tanaman ini.

8. Mint
Mint, bukan hanya dapat mengusir nyamuk, namun minyak esensial yang dikandungnya juga dapat mengobati kulit Anda dari gigitan nyamuk.Sedangkan minyak dari daun mint dan thyme dianggap efektif untuk melawan nyamuk Anopheles dan Culex yang merupakan penyebab malaria dan filariasis. 

9. Bawang putih
Bawang putih sudah lama dipercaya orang untuk digunakan sebagai mengusir nyamuk. Caranya sederhana dan mudah anda cukup mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat di mana sirkulasi udara berasal, misalnya jendela dan pintu rumah.
Demikianlah informasi tentang tanaman yang dapat berfungsi mengusir Nyamuk. Semoga bermanfaat.

More:
Tag:Tanaman penangkal nyamuk, Tanaman Pengusir Nyamuk ,

Mobile ads:




LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo