Langsung ke konten utama

Unggulan

Nama Burung Di Indonesia

Nama Burung Di Indonesia Alap-alap     Alap-alap australia     Alap-alap capung     Alap-alap coklat     Alap-alap erasia     Alap-alap kawah     Alap-alap layang     Alap-alap sapi     Alap-alap walet     Alap-alap macan Alpine     Alpine papua Angsa     Angsa boiga     Angsa hitam Angsa-batu     Angsa-batu christmas     Angsa-batu coklat     Angsa-batu kaki-merah     Angsa-batu topeng Angsa-kerdil     Angsa-kerdil hijau     Angsa-kerdil kapas Anis     Anis buru     Anis cacing     Anis geomalia     Anis gunung     Anis hutan     Anis kening     Anis merah     Anis nusa tenggara     Anis punggung-merah     Anis siberia     Anis sisik     Anis sulawesi Anis-bentet     Anis-bentet kecil     Anis-bentet kelabu     Anis-bentet sangihe Anis-papua     Anis-papua besar     Anis-papua kecil Anis-puyuh     Anis-puyuh ajax Apung     Apung tanah     Apung zaitun Asi     Asi besar     Asi dada-kelabu     Asi kumis     Asi t

Kampret Binatang Malam


Kampret Binatang Malam

Klasifikasi Ilmiah Kampret


Kampret termasuk binatang malam, memiliki ciri khas dengan mata yang membulat lebar, telinga yang mencuat, berukuran paling kecil dari keluarga kelelawar dan memiliki indera penciuman yang tajam. Ciri utamanya binatang Kampret lainnya adalah pemakan buah-buahan, bunga, nektar, serbuk sari, dan juga dedaunan.

Secara fisik memiliki panjang tubuh sekitar 6 cm, dengan panjang lengan bawah kurang dari 70 mm. Hidup di sebagian besar iklim tropis macam Asia, Afrika dan Oceania. Kampret memiliki peran penting sebagai penyebar biji aneka tetumbuhan, terutama di hutan hujan tropika.

Bagaimana cara Kampret menyebar biji aneka tetumbuhan?
Kampret memakan daging buah dengan cara dikunyah-kunyah untuk diambil cairannya, sementara serabut buah dan bijinya dibuang. Hewan Kampret ini biasanya tidak memakan buah di pohonnya, melainkan dibawanya ke pohon lain atau tenggeran yang dianggap aman lalu memakannya. Lokasi tenggerannya ini, biasanya berjarak hingga 100–200 m dari pohon buahnya, sehingga secara tidak sengaja kampret telah menyebarkan biji buah-buahan di tempat lain.

Karena sifatnya yang makan selalu berpindah tempat, secara tidak langsung kampret menjadi bagian dari hewan penyerbuk dari bung-bunga yang di hinggapinya. Jenis-jenis kampret nektar sejauh ini tercatat mengunjungi 141 spesies tumbuhan untuk memakan nektar dan serbuk sari, beberapa di antaranya merupakan pohon-pohon ekonomis seperti buah Durian (Durio), Kapuk (Ceiba), Petai (Parkia) dan lainnya.

Berikut ini Klasifikasi ilmiah Kampret:
Kingdom: Animalia
Filum:     Chordata
Kelas:     Mammalia
Ordo:     Chiroptera
Subordo: Microchiroptera
Dobson, 1875

Superfamili:
Emballonuroidea
Rhinopomatoidea
Rhinolophoidea
Vespertilionoidea
Molossoidea
Nataloidea

More:
Kampret Binatang Malam
Klasifikasi Ilmiah Kampret
Apa sih bedanya Kampret dengan Kelelawar?
Kelelawar Besar (Megachiroptera)
Kelelawar Barong
Kampret

Info Bisnis:
Mobile ads:

Referensi:
https://www.wired.com/2014/06/tequila-booze-and-bats/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kampret
https://www.kaskus.co.id/thread/57d4c503582b2ede098b456b/tentang-kampret-batman-versinya-orang-indonesia/
https://www.haaretz.com/what-s-it-like-to-be-a-bat-1.5179822



Komentar

Postingan Populer