Google Searching

Info

Rabu, 28 November 2018

Kelelawar Besar (Megachiroptera)

Kelelawar Besar (Megachiroptera)
Kelelawar Besar (Megachiroptera) 

Codot merupakan nama hewan hama yang sudah tidak asing lagi bagi para pekebun, petani atau pecinta tanaman. Codot adalah nama umum bagi jenis-jenis kelelawar pemakan buah. Codot, bersama dengan kalong, nyap, paniki dan sebangsanya, membentuk suku Pteropodidae, subordo Megachiroptera (kelelawar besar). Dalam bahasa Inggris, kelompok ini diistilahkan sebagai fruit bats atau old world fruit bats.
Codot termasuk dalam kelompok kelelawar besar (Megachiroptera), tak seperti namanya, tidak selalu bertubuh besar. Kelelawar besar yang terkecil memiliki panjang tubuh sekitar 6 cm; jadi, lebih kecil dari beberapa jenis kelelawar kecil (Microchiroptera) yang berbadan besar.

Kelelawar Besar (Megachiroptera)

Sebagian besar kelelawar buah (yakni 24 dari total 42 marga) memang bertubuh relatif kecil, dengan panjang lengan bawah kurang dari 70 mm. Akan tetapi Megachiroptera terbesar, yakni kalong kapauk (Pteropus vampyrus), bisa mencapai berat 1.500 gram, bentangan sayap hingga 1.700 mm, dan lengan bawah sekitar 228 mm.

Kebanyakan Codot memiliki mata yang besar, yang memungkinkan hewan tersebut melihat dalam suasana kurang cahaya di hutan, pada saat senja atau dini hari. Indra penciumannya pun bekerja dengan sempurna, membantunya menemukan buah-buah yang telah masak di kejauhan. Dan, berlawanan dengan kelelawar pemakan serangga (Microchiroptera), kelelawar buah tidak menggunakan ekholokasi untuk memandu gerakannya, kecuali anggota marga Rousettus.

Walaupun kelelawar secara umum dapat ditemukan di seluruh dunia, codot hanya ditemukan di daerah-daerah tropis di Asia, Afrika dan Oceania. 
Info Bisnis:
Mobile ads:

Referensi:
https://educalingo.com/en/dic-bn/badura
https://id.wikipedia.org/wiki/Codot
https://www.wired.com/2014/06/tequila-booze-and-bats/
https://id.wikipedia.org/wiki/Kampret
https://www.kaskus.co.id/thread/57d4c503582b2ede098b456b/tentang-kampret-batman-versinya-orang-indonesia/
https://www.haaretz.com/what-s-it-like-to-be-a-bat-1.5179822



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo