Google Searching

Apa itu Hipertensi?

 

Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi sering kita dengar tahukah anda Apa itu Hipertensi?

Hipertensi adalah nama lain dari tekanan darah tinggi. Tekanan darah adalah kekuatan yang diberikan oleh sirkulasi darah terhadap dinding arteri tubuh, yaitu pembuluh darah utama dalam tubuh. Tekanan ini tergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa keras jantung bekerja. Semakin banyak darah yang dipompa jantung dan semakin sempit arteri, maka semakin tinggi tekanan darah.

Denyutan jantung bisa memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Ketika darah dipompa ke dalam pembuluh arteri, tekanan yang mendorong dinding pembuluh arteri disebut sebagai “tekanan darah”. “Tekanan sistolik” atau “tekanan darah atas” merupakan tekanan yang diberikan pada dinding pembuluh arteri saat jantung berkontraksi. “Tekanan diastolik” atau “tekanan darah bawah” merupakan tekanan yang diberikan pada dinding pembuluh arteri saat jantung berelaksasi. Tekanan darah umumnya diukur dalam satuan milimeter air raksa (mmHg).

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, definisi hipertensi atau tkanan darah tinggi ditandai adalah pembacaan tekanan darah yang melebihi nilai lebih dari 140 (tekanan darah tinggi) dan 90 (tekanan darah rendah) mmHg dengan pengukuran berulang saat orang tersebut sedang dalam kondisi istirahat.

Apa saja faktor risiko Hipertensi?

Faktor risikonya adalah:

- Usia: risiko meningkat seiring dengan pertambahan usia

- Riwayat Kesehatan Keluarga: orang cenderung lebih mudah untuk menderita hipertensi jika ada anggota keluarganya yang pernah menderita penyakit yang sama sebelumnya

- Berat: kelebihan berat badan atau obesitas

- Pola Makan: terlalu banyak garam (natrium) dalam makanan untuk jangka waktu yang lama

- Gaya hidup: merokok, minum, stres, dan kurang olahraga.

Bagaimana cara untuk mencegah Hipertensi?

Pencegahan hipertensi dimulai dengan kebiasaan hidup yang baik:

- Garam umumnya terbuat dari bahan natrium, dan kandungan natrium yang tinggi dalam makanan bisa menyebabkan hipertensi. Waspadalah terhadap asupan garam dalam makanan Anda sehari-hari, misalnya dengan mengurangi konsumsi makanan yang diasapi atau diawetkan dengan kandungan garam yang tinggi. Tanaman herbal, rempah atau jus lemon bisa digunakan untuk menggantikan garam atau MSG (senyawa untuk meningkatkan citarasa makanan) dalam memasak.

- Konsumsi lebih banyak sayuran dan Buah-buahan.

- Berhenti merokok dan kurangi konsumsi minuman beralkohol.

- Pengendalian berat badan.

- Olahraga secara teratur: kurangnya olahraga akan memengaruhi fleksibilitas pembuluh darah, yang bisa menyebabkan kekakuan pembuluh darah dan memicu hipertensi.

- Jaga agar pikiran Anda tetap rileks atau santai.

 Apa penyebab Hipertensi?

Hipertensi bisa dikategorikan menjadi dua jenis, primer dan sekunder, dengan penyebab yang berbeda:

- Hipertensi primer: 

Sekitar 90% dari kasus hipertensi adalah hipertensi primer, tidak ada penyebab yang bisa diidentifikasi dan sebagian besar terkait dengan faktor keturunan, kepribadian, stres mental, dan obesitas.

- Hipertensi sekunder: 

umumnya disebabkan oleh penyakit lain atau perubahan pada kondisi kesehatan, misalnya penyakit ginjal dan gangguan endokrin (gangguan kelenjar endokrin yang mengeluarkan hormon). Tekanan darah pasien akan kembali normal jika penyakit tersebut sudah disembuhkan.

Bagaimana cara untuk menyelidiki dan mendiagnosis Hipertensi?

Hipertensi dapat didiagnosis dengan Cara yang paling mudah dan paling sederhana adalah dengan menggunakan pengukur tekanan darah untuk mengukur tekanan darah Anda. Bila diperlukan, dokter akan menentukan pemeriksaan kesehatan pasien lebih lanjut, seperti tes darah, elektrokardiogram (rekam listrik jantung untuk memeriksa apakah jantung berfungsi dengan baik), pemeriksaan dada dengan sinar-X, tes urine dan pemeriksaan fundus (permukaan interior mata), dll untuk mengidentifikasi penyebab hipertensi dan potensi bahayanya terhadap organ internal.

Apa tindakan pengobatan terhadap Hipertensi?

Pengobatan Hipertensi:

Obat yang umum digunakan untuk mengobati hipertensi termasuk diuretik (obat yang bekerja pada ginjal, untuk membantu tubuh menghilangkan natrium dan air,  untuk mengurangi volume darah), penyekat beta (obat yang mengurangi beban kerja jantung dan pembuluh darah yang terbuka, membuat jantung berdenyut lebih lambat dan dengan kekuatan yang lebih lemah), penyekat saluran kalsium (obat yang mencegah kalsium memasuki sel pada dinding jantung dan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan darah), penghambat enzim konversi Angiotensin (obat yang membantu mengendurkan pembuluh darah), penyekat alfa (obat yang mengendurkan otot tertentu dan membantu pembuluh darah kecil tetap terbuka), dan vasodilator (obat yang membuka pembuluh darah), dll. Pasien harus mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter mereka, sesuai dengan jadwal dosis yang ditetapkan. Jika pasien merasa kurang sehat setelah mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan, maka pasien harus berkonsultasi kembali dengan dokter sesegera mungkin. Umumnya tindakan pengobatan bisa bekerja dengan baik.

Untuk menjaga kebiasaan hidup yang baik:

Penderita hipertensi harus menyesuaikan gaya hidup mereka dan berhenti merokok, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, mengendalikan berat badan, memperhatikan pola makan, seperti mengurangi konsumsi makanan yang asin, dan berolahraga secara teratur. Latihan aerobik baik bagi penderita hipertensi. Olahraga air merupakan olahraga yang terbaik karena air bersifat dingin dan memberikan sedikit rangsangan pada sistem kardiovaskular. Dengan demikian, tekanan darah dan detak jantung pasien tidak akan meningkat secara tiba-tiba karena berolahraga. TaiChi dan berjalan kaki juga merupakan latihan yang baik bagi penderita hipertensi.

 Apa komplikasi dari Hipertensi?

Hipertensi yang tidak terkendali bisa menyebabkan komplikasi berikut ini:

-  Arteriosklerosis (pembuluh darah yang memasok oksigen dan nutrisi lainnya ke organ tubuh mengeras dan menjadi lebih sempit): Arteriosklerosis bisa menyebabkan penyakit serius, misalnya penyakit jantung dan stroke.

-  Aneurisma (pembuluh darah yang bengkak): hipertensi yang tidak terkendali bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi tipis dan mengembang, dan mengakibatkan aneurisma. Hal ini bisa berakibat fatal jika aneurisma pecah.

-  Gagal jantung: peningkatan tekanan darah akan meningkatkan resistensi pembuluh darah, memberikan beban tambahan pada jantung; dan akan menyebabkan kegagalan jantung.

- Stroke: pecahnya aneurisma di otak bisa menyebabkan stroke. Hipertensi yang tidak terkendali juga bisa menyebabkan pembekuan darah di arteri karotis (arteri di leher). Bekuan darah tersebut bisa menyebabkan stroke emboli bila memasuki otak.

- Gagal ginjal: hipertensi yang tidak terkendali akan memengaruhi arteri di ginjal, menyebabkan kerusakan pada fungsi ginjal.

- Retinopati (kerusakan pembuluh darah pada jaringan peka cahaya di bagian belakang mata): hipertensi yang tidak terkendali akan memengaruhi arteriol (cabang arteri) di mata, sehingga menyebabkan lesi.

Bagaimana cara untuk merawat  penderita Hipertensi?

Pasien harus mengunjungi dokter secara berkala dan mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan saran medis yang diberikan. Secara umum, penderita hipertensi harus mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang lama dan mereka tidak boleh menyesuaikan dosisnya sendiri. Mereka harus membawa obat-obatan dalam jumlah yang cukup saat bepergian. Mereka juga bisa mengukur dan mencatat tekanan darah mereka secara berkala untuk tujuan pemantauan kesehatan. Kebiasaan dan gaya hidup yang baik bisa membantu mengendalikan penyakit.



Info:

Komentar