Google Searching

Rempah-Rempah Nusantara

Rempah-Rempah Nusantara

 Rempah-Rempah Nusantara


Menurut Kamus besar bahasa Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional, rempah-rempah merupakan berbagai hasil jenis tanaman yang beraroma yang digunakan untuk memberikan bau dan rasa khusus pada makanan. 

Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang beraroma atau berasa kuat yang digunakan dalam jumlah kecil di makanan sebagai pengawet atau penambah rasa dalam masakan. Rempah-rempah biasanya dibedakan dengan tanaman lain yang digunakan untuk tujuan yang mirip, seperti tanaman obat, sayuran beraroma, dan buah kering.

Menurut Yasa Boga, rempah berasal dari bagian tanaman tertentu seperti akar, kulit batang, daun, bunga, buah, dan biji. Sejak jaman dahulu, rempah sudah digunakan dan dimanfaatkan manusia. Beberapa di antaranya berfungsi sebagai obat, pemberi aroma dan rasa pada masakan, atau sebagai pengawet dan pewarna pada makanan. Dalam bukunya yang membahas tentang rempah- rempah yang banyak digunakan untuk bumbu masakan Indonesia menurut Yasa Boga pada buku Dapur Indonesia terbitan PT. Gramedia tahun 2014

Beberapa daerah penghasil rempah-rempah terpenting di dunia adalah India, Zanzibar, dan Kepulauan Maluku. Tetapi kebanyakan negara di dunia mengimpor rempah-rempah dari India karena India merupakan pusat rempah-rempah terbesar di dunia.

- Rempah-rempah berfungsi sebagai bumbu Dapur:

Adas · Adas manis · Adas sowa (dill) · Andaliman · Asam cikala · Asam gelugur · Asam jawa · Asam kandis · Bangle · Bawang bombay · Bawang merah · Bawang putih · Bunga lawang (kembang pekak) · Cengkih · Daun bawang · Jahe · Jeruk nipis · Jeruk Limau ·  Jeruk purut · Jintan · Jintan hitam · Jintan putih · Kapulaga · Kapulaga seberang · Kecombrang (honje, bunga kantan dan honje hutan) · Kemangi · Kemiri · Kencur · Ketumbar · Klabet · Kulit manis (kayu manis) · Kunyit · Lada · Laurel (salam sebrang) · Lempuyang · Lengkuas · Mustar · Pala dan fuli · Pandan wangi · Ruku-ruku · Salam · Salam koja · Selasih (basil) · Serai · Suji · Temu giring · Temu hitam · Temu kunci · Temu lawak · Temu mangga · Temu putih · Temu putri · Temu rapet · Temu tis · Vanili · Wijen

- Rempah-rempah berfungsi sebagai Wangi-wangian antara lain:

Akar wangi · Cendana · Damar · Gaharu · Kapur barus  · Kayu putih (gelam) · Kayu mesoyi (masoi) · Kemenyan · Kemenyan arab · Kemenyan jawa · Kopal · Kenanga · Mawar.

- Rempah-rempah berfungsi sebagai penyamak kulit dan pewarna antara lain:

Gambir · Kesumba · Secang (sepang) · Soga · Suji · Tarum (indigo)

Rempah-rempah, # Rempah-rempah,

Info ads

Komentar