Google Searching

Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Joglo Dari Stik Es Krim
Rumah Adat Joglo sumber: Tokopedia

Rumah Adat Joglo JawaTengah 

Joglo adalah nama sebutan bagi rumah adat Jawa Tengah. Rumah Adat Joglo sendiri berasal dari kata Tajug Loro (Juglo) yang artinya dua gunung. Dalam filosofi Jawa, gunung adalah tempat yang tinggi dan sakral. Jika melihat bangunan rumah Joglo, maka akan ditemukan dua gunung yang dapat dilihat dari bentuk atap rumah Joglo. 

Rumah adat Joglo juga melambangkan nilai filosofis yang dalam yang dapat dilihat dari detail bagian dari bangunannya. Rumah adat ini memiliki empat pilar utama yang menjadi penyangga utama rumah. Tiang utama ini masing-masing mewakili arah angin, barat-utara-selatan-timur. Selain itu rumah adat ini juga terdiri dari beberapa bagian seperti: Pendhopo, Pringgitan dan juga Omah ndalem/Omah njero. 

Bagian Pendhopo dalam rumah adat ini merupakan bagian Joglo yang lazim dipakai untuk menjamu tetamu. Sementara ruangan rumah adat yang disebur Pringgitan, merupakan bagian dari rumah adat yang berada diruang tengah bisa digunakan untuk menerima tamu yang lebih dekat. 

Bagian rumah adat yang lainnya yang dikenal dengan istilah Omah Ndalem atau Omah Njero, merupakan ruang yang dibiasa digunakan untuk anggota keluarga bercengkrama. 
Ruang Omah Ndalem atau Omah Njero, ini pun dibagi lagi ke dalam beberapa ruangan (kamar/senthong), yakni senthong tengah, kanan dan juga kiri.

Nilai filosofis lainnya dapat di lihat selain dari tiang utama, ruangan yaitu pada bagian pintu rumah. Bagian pintu rumah Joglo yang berjumlah tiga. Pintu utama di tengah, dan pintu lainnya ada di kedua sisi (kanan dan kiri) rumah. Tata letak pintu ini juga pada posisi yang tidak sembarangan,

Selain ruang diatas ada satu ruangan yang disebut dengan nama gedongan, yang digunakan untuk  tempat perlindungan, tempat kepala keluarga mencari ketangan batin, tempat beribadah dan berbagai  kegiatan sakral lainnya. Ruang ini juga digunakan sebagai kamar pengantin yang baru menikah.

Teras Luas
Umumnya rumah adat Joglo memiliki teras dengan ukuran yang cukup luas, Fungsinya untuk melakukan interaksi sosial seperti silaturahmi antara penghuni rumah dengan masyarakat lain.

Pagar Mangkok
Pagar rumah Joglo yang biasa disebut pagar mangkok ini berasal dari tanaman perdu dengan ketinggian kurang dari satu meter, memiliki makna agar interaksi antar tetangga atau masyarakat lebih mudah terjadi dan terjalin dengan baik.

Simbol Status Sosial
Rumah adat di setiap daerah menjadi simbol status sosial, begitu juga dengan rumah adat Joglo ini bisa dijadikan acuan untuk menakar status sosial seseorang. Tidak semua rakyat atau masyarakat Jawa Tengah memiliki rumah ini, meski tampilannya cukup sederhana, namun kerumitan struktur bangunan, bahan baku serta proses pembangunan rumah adat Joglo memakan biaya juga waktu. Sehingga hanya kalangan priyayi dan bangsawan saja yang memiliki rumah Joglo ini. 

Joglo sebagai rumah tradisional dikenal memiliki desain yang tidak sembarangan, Struktur dan desainnya mengerucut pada pembagian rumah Joglo itu sendiri, antara lain:
Rumah Joglo Pangrawit.
Rumah Joglo Jompongan.
Rumah Joglo Limasan Lawakan.
Rumah Joglo Semar Tinandhu.
Rumah Joglo Mangkurat.
Rumah Joglo Sinom.
Rumah Joglo Hageng.

Berikut ini beberapa gambar rumah ada Joglo yang terbuat dari stik es krim. 

Rumah Adat Joglo sumber: Tokopedia


Rumah Adat JawaTengah Dari Stik Es Krim
Rumah Adat Joglo sumber: Tokopedia


Rumah adat Joglo dari jawa tengah ini memiliki cita rasa seni yang tinggi tercermin dari struktur dan bentuk bangunannya. Rumah adat ini menjadi salah satu aset budaya yang wajib untuk dilestarikan dari generasi yang satu hingga generasi selanjutnya.



More:

Rumah Adat Joglo Dari Stik Es Krim

Rumah Adat Sulawesi Dari Stik Es Krim

Rumah Adat Jambi Dari Stik Es Krim

Rumah Adat Betawi Dari Stik Es Krim

Lumbung Padi Mini Dari Stik Es Krim

Koleksi Miniatur Rumah Adat Dari Stik Es Krim di Tokopedia

Referensi:

https://www.tokopedia.com/blessoil/miniatur-joglo-rumah-adat-jawatengah-dari-stik-es-krim

http://dpad.jogjaprov.go.id/coe/jateng/view

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5592183/rumah-adat-joglo-berasal-dari-mana-ini-makna-dan-filosofinya.

http://kebudayaan1.blogspot.com/2013/10/rumah-adat-jawa-tengah-joglo.html

https://www.kompas.com/stori/read/2022/01/17/130000279/sejarah-dan-filosofi-rumah-joglo?page=all



Komentar