Google Searching

Fungi atau Jamur

Fungi atau Jamur
Fungi atau Jamur

Jamur atau Fungi adalah nama regnum dari sekelompok besar makhluk hidup Eukaariotik Heterotrof yang mencerna makanannya diluar tubuh setelah itu lalu menyerap molekul nutrisi masuk kedalam sel-selnya.
Fungi atau jamur memiliki bermacam-macam bentuk sehingga banyak menemui kesulitan dalam mengidentifikasinya. Kesulitan dalam hal mengenal fungi sedikit banyak disebabkan adanya pergiliran keturunan yang memiliki penampilan yang sama sekali berbeda.

Fungi memperbanyak diri dengan 2 cara yaitu: secara Seksual dan Aseksual.

Fungi atau jamur memiliki 2 cara bereproduksi yaitu:

 - Generatif :   Dengan cara peleburan dua buah gamet

 - Vegetatif :   - Spora vegetatif
                        - Fragmentasi (pemisahan)    
                        - Membelah diri                     
                        - Tunas (budding)

Jamur dalam bahasa Indonesia sehari-hari memiliki beberapa arti yaitu:.

 1. Arti pertama adalah semua anggota kerajaan fungi dan beberapa organisme yang pernah dianggap berkaitan, seperti jamur lendir dan "jamur belah" (Bacteria).
2. Arti kedua berkaitan dengan sanitasi dan menjadi sinonim bagi kapang.

Jamur merupakan kelompok organisme eukariotik yang membentuk dunia jamur atau regnum fungi. Jamur pada umumnya multiseluler (bersel banyak).

Ciri-ciri jamur berbeda dengan organisme lainnya dalam hal cara makan, struktur tubuh, pertumbuhan, dan reproduksinya. Jenis jamur mempengaruhi struktur tubuh jamur. tergantung pada jenisnya.  Ada jamur yang satu sel, misalnya khamir, ada pula jamur yang multiseluler membentuk tubuh buah besar yang ukurannya mencapai satu meter, contohnya jamur kayu.
Tubuh jamur tersusun dari komponen dasar yang disebut hifa. Hifa membentuk jaringan yang disebut miselium. Miselium menyusun jalinan-jalinan semu menjadi tubuh buah.

Cara Makan dan Habitat Jamur Semua jenis jamur bersifat heterotrof. Namun, berbeda dengan organisme lainnya, jamur tidak memangsa dan mencernakan makanan. Untuk memperoleh makanan, jamur menyerap zat organik dari lingkungan melalui hifa dan miseliumnya, kemudian menyimpannya dalam bentuk glikogen. Oleh karena jamur merupakan konsumen maka jamur bergantung pada substrat yang menyediakan karbohidrat, protein, vitamin, dan senyawa kimia lainnya seperti:
- Oomycotina
- Zygomycotina
- Ascomycotina
- Basidiomycotina
- Deuteromycotina

  Filum-Filum

 a. Myxomycota biasa disebut jamur lendir Plasmodial.
Sebagian besar spesies Myxomycota memiliki ciri berpigmen terang, umumnya berwarna kuning atau orange dan semuanya heterotrofik. Tahapan memperoleh makanan merupakan suatu masa Amoeboid yang disebut Plasmodium. Plasmodium merupakan suatu massa tunggal sitoplasma yang tidak dibagi oleh membran dan mengandung banyak nukleus. Plasmodium dapat tumbuh hingga diameternya mencapai beberapa sentimeter. Meskipun berukuran besar, Plasmodium tidaklah multiseluler.
Contoh dari jamur lendir Plasmodial Physarium. Yang memiliki ciri yang khas, yaitu sebelum terjadi singami (penggabungan) terdapat sel-sel haploid yang menyerupai sel berflagel dan amoeba (sel amoeboid)

B. Acrasiomycota Jamur lendir seluler berbeda dengan jamur lendir palsmodial karena jamur lender seluler merupakan organisme haploid (hanya zigot saja yanh diploid). Adapun pada jamur lendir Plsmodial, kondisi diploid lebih dominan dalam siklus hidupnya. Jamur lendir seluler memiliki tubuh buah (fruiting body) yang berfungsi dalam reproduksi aseksual. Sebagian besar jamur lendir seluler tidak memiliki tahapan berflagel. Contoh spesiesnya adalah Dyctyostelium.

 C. Oomycota contohnya adalah jamur air (water mold), karat putih (white rust), dan jamur berbulu halus (downy mildew). Oomycota berasal dari kata, Oo = telur dan mycota = jamur. Istilah ini lebih dikenal dengan “fungi telur”. Sebagian besar jamur air merupakan pengurai yang tumbuh seperti kumpulan kapas. Jamur air biasanya terdapat pada hewan atau alga yang mati, terutama di air tawar. Oomycota merupakan pengurai yang penting dalam ekosistem air. karat putih, jamur berbulu halus umumnya hidup di tanah sebagai parasit pada tumbuhan.
Contoh spesies Oomycota adalah Saprolegnia.


Tag: #Fungi, #Jamur #Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus) , #Jamur tudung pengantin, #Phallus indusiatus,#The Bridal Veil Mushroom,#Jamur Tudung Pengantin Warna Kuning,Jamur tudung pengantin aneka warna unik, #Jamur tudung pengantin (Phallus indusiatus) , #Jamur tudung pengantin, #Phallus indusiatus,#The Bridal Veil Mushroom,#Jamur Tudung Pengantin Warna Kuning,

Info:

Komentar