Google Searching

Ayam Jago (Gallus gallus domesticus)


Ayam peliharaan (Gallus gallus domesticus)
Gambar: http://avise-birds.bio.uci.edu
 Ayam Jago (Gallus gallus domesticus)

Bagi anda yang tinggal di pedesaan, hewan peliharaan ayam mungkin sudah tidak asing lagi. Ayam menjadi hewan peliharaan yang sangat popular dimasyarakat untuk dikonsumsi baik telur dan dagingnya. Sebagian masyarkat juga memeanfatkan bulunya atau yang dikenal dengan Bulu ayam dimanfaatkan sebagai alat dekorasi dan aneka kerajinan tangan seperti: Bola Bulu tangkis, Kamoceng, Hiasan Rambut dll.

Ayam peliharaan  yang memiliki nama ilmiah Gallus gallus domesticus adalah unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Ayam peliharaan ini   merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan yang dikenal sebagai ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bangkiwa (bankiva fowl). Kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan bermacam-macam fungsi; yang paling umum adalah ayam potong (untuk dipotong) dan ayam petelur (untuk diambil telurnya). Ayam biasa dapat pula dikawin silang dengan kerabat dekatnya, ayam hutan hijau, yang menghasilkan hibrida mandul yang jantannya dikenal sebagai ayam bekisar.

Ayam betina (Gallus gallus domesticus)
Gambar: http://avise-birds.bio.uci.edu
Induk ayam dengan anaknya

Dengan populasi lebih dari 24 milyar pada tahun 2003, Firefly's Bird Encyclopaedia menyatakan ada lebih banyak ayam di dunia ini daripada burung lainnya. Ayam memasok dua sumber protein dalam pangan: daging ayam dan telur.

Ayam Jago (Gallus gallus domesticus)
Gambar: http://avise-birds.bio.uci.edu

Sudut pandang tradisional peternakan ayam dalam domestikasi spesies ini termaktub dalam Encyclopædia Britannica (2007): "Manusia pertama mendomestifikasi ayam asal India untuk keperluan adu ayam di Asia, Afrika, dan Eropa. Tidak ada perhatian khusus diberikan ke produksi telur atau daging ... "  (Sumber: Wikipedia)


Baca Juga:
Ayam Golden Pheasant Berwarna Gold
AYAM LEGHORN Petelur Unggul
Ayam Cemani
Klasifikasi Ilmiah Ayam Peliharaan
Ayam Jago (Gallus gallus domesticus)
Uniknya Ayam Mutiara (Guinea Fowl)
AYAM LEGHORN Petelur Unggul


Posting lainnya:
Buah Buahan Langka dan Khasiatnya
10 Tempat Pusat Budaya dan Kesenian di Jakarta
Budaya dan Adat Istiadat Nusantara
Resort Hotel Terindah wajib dikunjungi
Rumah Mini dari Stik Es Krim 
Tips Kesehatan
Bird of Paradise
Lampion Unik dan Cantik
Posting semua

Info Lainnya:


Info Bisnis:






Mobile ads:





Komentar