Google Searching

Lidah Mertua Tanaman Hias Multifungsi.

Sanseviera atau Lidah Mertua Tanaman Hias Multifungsi.
Lidah Mertua Tanaman Hias Multifungsi.


Tanaman Lidah mertua atau Sansevieria atau Snake plant merupakan tanaman hias yang cukup populer dan banyak disukai oleh ibu rumah tangga dan pecinta tanaman untuk ditanaman di lingkungan.  

Sansevieria termasuk genus Dracaena, tanaman berbunga yang dikenal secara historis merupakan tumbuahan asli Afrika, terutama Madagaskar, dan Asia selatan. 

Klasifikasi ilmiah Sansevieria Trifasciata

Kerajaan:       Plantae

Divisi:        Magnoliophyta

Kelas:        Liliopsida

Subkelas:       Liliidae

Ordo:       Asparagales

Famili:       Asparagaceae

Subfamili:     Nolinoideae

Genus:       Sansevieria.

Tanaman ini memiliki bentuk daun tebal yang keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Daun dari tumbuhan ini memiliki kandungan air sukulen, sehingga tahan kekeringan, namun  tumbuhan ini  akan tumbuh subur jika dalam kondisi lembap atau basah. Keistimewaan lidah mertua adalah memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan.  Sehingga tanaman ini cocok ditanam dimana saja baik sebagi tanaman outdoor atau tanaman indoor. 

Motif yang terdapat pada daunya memiliki alur atau garis-garis bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag. Untuk warna daun Sansevieria beragam, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, dan warna kombinasi putih kuning atau hijau kuning. 

Manfaat Tanaman Sanseviera 

Sanseviera populer dikenal sebagai sebagai tanaman hias, tetapi selain itu ternyata tumbuhan ini juga memiliki banyak manfaat lain seperti: 

Untuk kesehatan, menyuburkan rambut, mengobati diabetes, wasir, hingga kanker ganas

Sanseviera memiliki kemampuan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene. Sehingga sansevieria dikenal juga sebagai tumbuhan yang membersihkan udara terutama dari asap rokok jika di letakan di dalam ruangan.

Nah sudah tahukan banyak manfaatnya, yo kita tanam dirumah.

Dari berbagai sumber.


Baca juga:

9 Tanaman Pengusir Nyamuk

Deodoran dan 7 Tanaman Berkhasiat

Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Komentar