Google Searching

8 Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Dan Cara Mengatasinya


Delapan masalah kesehatan sering dialami ketika kita menjalani aktivitas atau ketika kita selesai menjalaninya, ada beberapa masalah kesehatan yang sering kita alami seperti: Tersedak makanan, Salah bantal, Kram kaki, Kesemutan, Keseleo, Sakit Punggung,  Mimisan,  Cegukan.

Masalah kesehatan ini datang mendadak dan tanpa sengaja mengganggu kegiatan sehari-hari anda. 
Masalah kesehatan ini sering terjadi dan tidak fatal memang, namun cukup mengganggu kegiatan sehari-hari Anda bukan? 
Melalui artikel ini mari kita pelajari apa yang dapat kita lakukan jika hal-hal itu terjadi, Ini adalah pengetahuan yg dapat menolong orang dan diri sendiri. Cara pertolongan sebagai berikut:

Kondisi tersedak terjadi karena terganggunya saluran napas oleh benda cair ketika minum ataupun benda padat ketika makan. Ketika kita mengalami tersedak jangan panik, anda masih dapat batuk, berbicara, dan bernapas, batuklah sambil sedikit membungkuk ke depan untuk menghentikan tersedak. Langkah selanjutnya minum air putih sedikit sedikit dan perlahan untuk menghilangkan sumbatan yang mengganggu saluran pernapasan. 

Langkah lainnya yang dapat juga anda lakukan hanya perlu  “mengangkat tangan”.
Dengan mengangkat tangan ke atas kepala maka makanan yg tersangkut di tenggorokan akan turun dengan sendirinya.

Tindakan yang berbeda jika anda tersedak sampai memiliki kesulitan untuk berbicara dan bernapas, maka anda memerlukan bantuan orang lain untuk membantu mengatasinya. Tekan kepalan tangan ke arah perut dengan cepat namun pasti, sebanyak 5 kali ke arah belakang atas hingga benda yang mengganggu napas akan keluar.

Langkah lainnya anda perlu mengorek untuk mengeluarkan benda yang nyangkut di kerongkongan anda.

Kondisi Salah bantal atau salah tidur dapat mengganggu aktivitas harian dengan tidak membiarkan leher untuk menoleh dengan leluasa. Salah bantal bisa terjadi ketika bantal yang digunakan terlalu tinggi atau terlalu keras, atau ketika posisi tidur sama sekali tidak berubah dalam jangka waktu berjam-jam. 

Kadangkala ketika bangun tidur, kita menemukan diri kita merasa nyeri di leher, sebagian orang menyebutnya dengan istilah salah bntal.  Apa yg harus dilakukan ketika kita mengalami salah bantal? Ketika merasa salah bantal, Anda hanya perlu mengangkat kaki anda, kemudian tarik ibu jari kaki dan pijat dgn memutar searah atau berlawanan arah jarum jam.

Langkah lainnya setelah bangun tidur langsung melakukan pemanasan untuk melemaskan otot-otot yang nyeri. Apabila leher sudah sangat nyeri dan sangat susah untuk digerakkan, cobalah minta orang terdekat untuk pelan-pelan memijat dan mengompres leher Anda dengan air hangat.

Ketika anda mengalami mimisan,lakukanlah duduk tegak dengan posisi kepala lebih tinggi daripada jantung, dan membungkuk ke depan. Posisi tersebut dapat menghentikan pendarahan, dan dapat mencegah tertelannya darah. Jangan tidur terlentang karena akan membuat pendarahan semakin parah. Setelah berada pada posisi duduk yang benar, tekan perlahan cuping hidung Anda, tutup kedua lubang hidung dan bernapaslah lewat mulut selama 5-10 menit. Pendarahan akan segera berhenti dengan dua langkah di atas.

Info Bisnis:
Mobile ads:





Mengalami kaki kram tentunya sangat tidak menyenangkan karena rasa sakitnya itu. Jika anda mengalami kaki kram lakukanlah langkah berikut ini:
Ketika kram kaki kiri, angkat tangan kanan tinggi2, ketika kram kaki kanan, angkat tangan kiri tinggi2, segera akan terasa lebih enak. Langkah pencegahan ada baiknya diperbanyak makan buah buahan untuk menambah cairan elektrolit didalam tubuh.

Mengalami kaki kram tentunya sangat tidak menyenangkan karena rasa sakitnya itu. Jika anda mengalami kaki kram lakukanlah langkah berikut ini:
Ketika kaki kiri kesemutan, ayun telapak tangan kanan dgn sekuat tenaga, ketika kaki kanan kesemutan, ayun telapak tangan kiri dengan sekuat tenaga.

Kondisi Cegukan ternyata terjadi akibat katup tenggorokan terbuka pada saat udara dari rongga perut kembali. Bisa di akibatkan karena masuk angin, terlalu banyak mengkonsumsi minuman soda, minuman terlalu panas, merokok sebelum makan maupun masuk angin.

Kondisi Cegukan terbagi dari dua jenis, cegukan sementara dan cegukan jangka panjang. Cegukan jangka panjang perlu penanganan khusus dari dokter. Cegukan jangka panjang di kategorikan bila sang penderita sudah mengalami cegukan lebih dari 2 jam. Penderita cegukan terlama di dunia pernah di alami seorang pria afrika, dirinya mengalami cegukan selama 63 tahun dari usia 3 tahun.

Untuk masalah cegukan yang sementara dapat di atasi dengan beberapa cara berikut ini :   
     1. Minumlah air putih sambil tahan nafas kira – kira sekitar 10 tegukan air. Ulangi hingga cegukan mereda atau hilang.
     2. Bernafaslah dalam kantung plastik , hiruplah udara karbon dioksida sekitar 3 kali atau 5 kali. Karena ternyata karbondioksida dapat menetralkan kerja fungsi katup tenggorokan manusia.
     3. Terapi pijat pundak, lakukan sambil mengatur nafas secara teratur. Hirup udara sedalam – dalam nya sambil memijat bagian pundak.
     4. Minum air putih sambil membungkuk, dan mengatur nafas.
     5. Terapi pijat jempol kali atau ibu jari kaki, lakukan sambil kaki di luruskan.
     6. Telungkup dengan meletakkan kedua tangan di dada dan tekan perlahan sambil menahan nafas.
     
Kondisi keseleo atau terkilir merupakan kondisi cedera yang terjadi pada ligamen. Pertolongan pertama untuk keseleo bisa dilakukan dengan metode RICE, yaitu Rest, Ice, Compress, dan Elevate. Pertama, istirahatkan (Rest) bagian tubuh yang keseleo. Jangan melakukan aktivitas berat dua sampai tiga hari setelah Anda jatuh agar cedera tidak bertambah parah. Langsung kompres es batu area yang terkena cedera selama 15-20 menit. Lakukan ini 3-5 kali dalam 48 jam pertama, namun hentikan apabila area yang dikompres memutih. Perban kaki Anda (Compress) di area keseleo jika dibutuhkan. Posisikan bagian tubuh yang keseleo di atas jantung Anda (Elevate) untuk kapanpun memungkinkan untuk mengurangi pembengkakan.

Sakit punggung atau Nyeri di punggung ketika beraktivitas bisa menyerang tanpa aba-aba. Mendadak saja datang dan membuat aktivitas yang sedang berjalan jadi tertunda. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan apabila Anda atau orang lain terserang sakit pinggang adalah dengan tidur atau rebahan untuk mengistirahatkan punggung. Hal ini diperlukan karena sakit pinggang disebabkan oleh tekanan berlebihan yang diberikan dari aktivitas sehari-hari pada pinggang Anda. Jika nyeri masih terasa, kompreslah pinggang dengan air es, selama 15 menit, dan kemudian dengan air hangat selama 15 menit 1 jam kemudian. Jangan melakukan aktivitas yang terlalu berat dulu meskipun sakit pinggang Anda sudah lebih baik, supaya sendi di punggung tidak langsung tertekan setelah diistirahatkan sebentar.

Nah itulah 8 kondisi yang sering kita alamai. Saran saya jangan simpan saja info ini. Silahkan berbagi. Siapa tahu Anda dapat menyelamatkan orang lain yang sedang mengalami salah satu masalah diatas.

Baca Juga:


Dari berbagai Sumber,
Tag: #Cara mengatasi Tersedak makanan,#Cara mengatasi Salah bantal,#Cara mengatasi Kram kaki,#Cara mengatasi Kaki kesemutan,#Cara Mengatasi Keseleo,#Cara Mengatasi Sakit Punggung,#Cara Mengatasi Sakit Mimisan, #Cara Mengatasi Cegukan, Kesehatan,
Cara Mengatasi Kesemutan Akibat Penyakit Hati
Apakah Kaki Kesemutan Merupakan Gejala Diabetes ?
8 Masalah Kesehatan Yang Sering Dialami Dan Cara Mengatasinya
Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan Tubuh
13 Jenis Vitamin dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia
Mencegah Batu Empedu Secara Alamiah
Gejala Aneurisma Apa Itu ?
You love the Heart
Empty-nest syndrome apakah itu ?
Collaboration Herbs and Chemotherapy
Coffee can increase libido
Jahe untuk Terapi Kanker
Cara Alami Untuk Awet Muda Dengan kolagen
Tahukah anda 8 Cara Seksi Bakar Kalori
10 Makanan Ini Tingkatkan Metabolisme Tubuh
Inilah 10 Makanan Penyembuh
Khasiat Tanaman Lengkuas Merah di Taman
Lemak Berkurang Dengan Makanan ini
Meniran Dan Tujuh Resep Untuk Kesehatan
Efek Samping Minum Teh Pekat
Sembelit, 6 Resep Alami Mengatasinya
Cara Tradisional Usir Bau Badan
Sari Kurma membuat tubuh sehat dan kuat siap menjalani puasa
Makanan Herbal Sahabat Perut
Kayu Manis Atasi Diare Hingga Kolesterol
Stroberi Dapat Melindungi Jantung
Cobalah konsumsi enam makanan membantu Anda mengusir stres secara sehat.
Jangan biarkan otak melemah akibat pola diet tak seimbang.
Coba Makan Keju, membuat Mimpi Indah?
Cara Alami Kecilkan Pori-pori
Cara Cepat Bakar Lemak
Makan Petai Dianjurkan Saat Mens
Hypertensi apakah itu ?
Aspartame
Usefulness of coconut water
Garlic and a variety of properties
Natural Contraceptive Method
Pineapple fruit for slimming

Info Lainnya:


Info Bisnis:






Mobile ads:















Komentar