Info

Senin, 29 Juni 2020

Cara Mengatasi Tulang Ikan Yang Tersangkut di Tenggorokan

Cara Mengatasi Tulang Ikan Yang Tersangkut di Tenggorokan
Cara Mengatasi Tulang Ikan Yang Tersangkut di Tenggorokan  

Tulang Ikan Yang Tersangkut di Tenggorokan, sebuah masalah yang kadang tidak terduga terjadi dan sangat menggangu kenyamanan kita.  Tulang ikan yang menempel terus di kerongkongan dapat menyebabkan sejumlah risiko komplikasi, seperti merobek kerongkongan. Pada beberapa kasus, hal tersebut juga dapat mengancam nyawa.

Berikut adalah cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan: 

1. Batuk yang kencang 
Batuk yang kencang merupakan cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.  Pada beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang tersangkut di dalam tenggorokan. 

2. Minum air garam 
Minum segelas air hangat yang telah ditambahkan sejumput garam. Apabila tulang ikan yang tertelan cukup kecil, duri akan luruh terbawa air garam sehingga langsung masuk ke saluran pencernaan. 

3. Menelan minyak zaitun 
Minyak zaitun adalah salah satu pelumas alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan tulang ikan yang nyangkut di tenggorokan. Cobalah untuk menelan 1-2 sendok makan minyak zaitun secara langsung, atau mencampurkannya terlebih dulu dengan air hangat. 

4. Menelan marshmallow 
Menelan marshmallow sebagai cara mengatasi tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Caranya, isi mulut dengan beberapa buah marshmallow. Kemudian, kunyah marshmallow, tetapi jangan sampai halus atau biarkan sedikit kasar, lalu telan. Tekstur marshmallow yang tebal dan kenyal akan berubah menjadi lengket apabila terkena air liur. Hal inilah yang memungkinkan tulang ikan menempel pada marshmallow sehingga akan luruh menuju saluran pencernaan. 

5. Makan buah pisang 
Makan beberapa potongan buah pisang dan mengulumnya di dalam mulut. Setelah cukup lembap akibat tercampur dengan air liur, telan pisang tersebut secara perlahan. Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan menggunakan nasi. Kunyahlah sekepal nasi, lalu telan secara bersamaan. 

 6. Menelan roti dan air 
Menelan roti yang telah dicelupkan ke dalam air juga menjadi cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan. Metode ini memungkinkan duri ikan menempel pada roti sehingga akan mendorongnya masuk ke dalam saluran pencernaan.

7. Telan sekepal nasi 
Menelan sekepal nasi hangat tanpa dikunyah. Caranya, ambil nasi segenggam tangan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil. Ingat, jangan terlalu besar karena Anda berisiko tersedak. Pada saat menelan nasi tadi tarik kedua telinga anda. Jangan lupa siapkan segelas air agar membantu nasi mendorong duri lepas dari tenggorokan.

8. Minta Bantuan Orang untuk Menepuk Punggung
Minta bantuan orang lain untuk menepuk punggung, Anda harus berdiri membungkuk, sedangkan orang yang membantu Anda berada di samping Anda. Lalu minta orang tersebut melingkarkan lengannya ke leher atau dada, dan kemudian mintalah agar ia menepuk punggung bagian atas (tepat di antara dua tulang belikat). Ulangi gerakan tersebut sampai duri yang mengganjal benar-benar keluar.

9. Konsultasi dengan dokter
Jika setelah dilakukan cara cara diatas tetapi tidak hilang juga, sebaiknya seger konsultasi dengan dokter. Jika  ketulangan yang Anda alami menimbulkan beragam keluhan, seperti rasa sakit yang tidak kunjung sembuh ataupun pembengkakan di daerah tenggorokan. Segera konsultasi ke dokter THT jika diperlukan.

Baca Juga lainnya:

Referensi: 
https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/15/135157220/6-cara-mengatasi-tulang-ikan-yang-tersangkut-di-tenggorokan?page=all
https://lifestyle.kompas.com/read/2017/09/11/131500920/8-cara-mengusir-tulang-ikan-yang-tersangkut-di-tenggorokan?page=all
https://hot.liputan6.com/read/4200129/10-cara-mengatasi-tulang-ikan-yang-nyangkut-di-tenggorokan


Info:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info

Info Promo