Google Searching

Bakteri Wolbachia

 

Bakteri Wolbachia
Bakteri Wolbachia

Wolbachia menjadi populer dan saat ini banyak diperbincangkan di media sosial. Sebetulnya Wolbachia itu apa sih ?

Ternyata Wolbachia dimerupakan salah satu genus bakteri, yang hidup sebagai parasit pada hewan arthropoda. Wolbachia adalah kelompok bakteri yang umum dan tersebar luas yang ditemukan di jaringan reproduksi artropoda. 

Wolbachia juga ditularkan secara horizontal antar spesies artropoda. Bakteri ini ditularkan melalui sitoplasma telur dan telah mengembangkan berbagai mekanisme untuk memanipulasi reproduksi inangnya, termasuk induksi ketidakcocokan reproduksi, patogenesis, dan feminisasi.

Hewan yang terInfeksi Wolbachia akan menyebabkan partenogenesis (perkembangan sel telur yang tidak dibuahi), kematian pada hewan jantan, dan feminisasi (perubahan serangga jantan menjadi betina). 

Bakteri Wolbachia ini secara alamiah dapat menularkan ke lebih dari setengah species serangga. Wolbachia juga ditemukan pada 60 persen species serangga seperti Ngengat, Lalat buah, Capung, hingga Nyamuk, namun bakteri ini tidak terdapat pada nyamuk Aedes aegypti yang selama ini dikenal sebagai vektor penular virus dengue (Tantowarjoyo, 2014). 


Klasifikasi Ilmiah Bakteri Wolbachia

Kerajaan: Bacteria

Filum: Proteobacteria

Kelas: Alphaproteobacteria

Ordo: Rickettsiales

Famili: Rickettsiaceae

Genus: Wolbachia

Bakteri Wolbachia digunakan dalam pengendalian biologis penyakit, melalui pengendalian vektor, terutama karena interaksinya dengan spesies-spesies Arthropoda seperti nyamuk. 


#Bakteri Wolbachia, #Wolbachia


Referensi:

https://www.annualreviews.org/doi/abs/10.1146/annurev.ento.42.1.587?journalCode=ento

https://www.worldmosquitoprogram.org/sites/default/files/2019-11/WMP%20Wolbachia%20Factsheet.pdf

https://www.vanderbilt.edu/wolbachiaproject/wp-content/uploads/sites/267/2021/10/Wolbachia-Reproductive-Parasitism_Teacher-Guide1.pdf

https://pengabdian.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/854/2020/03/03-Wolbachia.pdf

https://id.wikipedia.org/wiki/Wolbachia

Komentar