Google Searching

Info

Jumat, 27 Juli 2018

Wajah Baru Taman Lapangan Banteng Kini


Wajah Baru Taman Lapangan Banteng Kini
 Wajah Baru Taman Lapangan Banteng Kini

Taman di kota Jakarta kini bertambah lagi dengan diresmikannya Taman Lapangan Banteng yang sudah direnovasi punya wajah yang lebih manis yang terdiri dari zona Monumen Pembebasan Irian Barat, olahraga, dan taman.

Kolam air mancur menari lapangan banteng
 Kolam air mancur menari

Pengerjaan revitalisasi Lapangan Banteng ini dilakukan sejak awal 2017 lalu dengan anggaran dari pihak swasta mencapai Rp 68 miliar. Monumen Pembebasan Irian Barat yang ada di Lapangan Banteng kini dikelilingi kolam air mancur dan undakan bagai amphitheater. Di tengan kolam air mancur, ada bagian yang bisa jadi 'panggung, bisa digunakan untuk aneka kegiatan warga, termasuk fashion show.

 amphitheater dan kolam air mancur di Lapangan Banteng
Penampakan amphitheater dan kolam air mancur di Lapangan Banteng dilihat dari atas.


Sejarah Lapangan Banteng.
Dari situs Wikipedia didapat sejarah singkat Lapangan Banteng, dulu bernama Waterlooplein (bahasa Belanda: plein = lapangan) yaitu suatu lapangan yang terletak di Weltevreden, Batavia; tidak jauh dari Gereja Katedral Jakarta. Pada masa itu, Lapangan Banteng dikenal dengan sebutan Lapangan Singa karena di tengahnya terpancang tugu peringatan kemenangan pertempuran di Waterloo, dengan patung singa di atasnya. Pertempuran Waterloo tersebut terjadi tanggal 18 Juni 1815 di dekat kota Waterloo, yaitu sekitar 15 km ke arah selatan dari ibukota Belgia, Brussels. Pertempuran itu merupakan pertempuran terakhir Napoleon melawan pasukan gabungan Inggris-Belanda-Jerman. Pertempuran ini juga dicatat dalam sejarah sebagai penutup dari seratus hari sejak larinya Napoleon dari pengasingannya di pulau Elba.

Sedangkan Tugu Singa tersebut didirikan pada zaman pemerintahan pendudukan tentara Jepang (1942-1945). Setelah Indonesia merdeka, namanya diganti menjadi Lapangan Banteng. Terdapat kemungkinan pada zaman dahulu tempat yang kini menjadi lapangan itu dihuni berbagai macam satwa liar seperti macan, kijang, dan banteng. Pada waktu J.P. Coen membangun kota Batavia di dekat muara Ciliwung, lapangan tersebut dan sekelilingnya masih berupa hutan belantara yang sebagian berpaya–paya. Sebelah timur dijalan Lapangan banteng timur tedapat Kantor Satlantas Polres jakarta Pusat. (sumber wikipedia)

 

Ada tiga zona di lapangan banteng
Setelah revitalisasi rampung, Taman Lapangan Banteng dapat digunakan untuk aneka kegiatan warga, termasuk fashion show. Taman Lapangan Banteng, Lapangan seluas 5,2 hektare dengan wajah barunya dilengkapi dengan air mancur menari, Air mancur itu beratraksi mengikuti irama lagu.Pemerintah Provinsi DKI akan membuka Taman Lapangan Banteng ini kegiatan yang berbasis sosial budaya, olahraga dan lingkungan hidup. 

Ada tiga zona di taman Lapangan banteng yang baru ini yang bisa dipergunakan masyarakat untuk bersosialisasi, berkumpul, maupun berolahraga.  Ketiga zona yang yang ada memiliki fungsi dan fasilitas yang berbeda yaitu: 

Tugu Pembebasan Irian Barat.

- Zona kesatu konservasi berpusat di Tugu Pembebasan Irian Barat.  
Monumen Pembebasan Irian Barat yang ada di Lapangan Banteng kini dikelilingi kolam air mancur dan undakan bagai amphitheater.Di tengan kolam air mancur, ada bagian yang bisa jadi panggung. 


 ruang terbuka publik lapangan banteng

- Zona kedua adalah Zona olahraga berupa ruang terbuka publik. Warga pun bebas melakukan aktivitas fisik di zona olahraga.


kehutanan dan pertamanan lapangan banteng

- Zona ketiga adalah kehutanan dan pertamanan.

Menurut berita dari megapolitan.kompas.com histori  pengerjaan proyek revitalisasi lapangan banteng sebagai berikut:
Revitalisasi Lapangan Banteng ini dimulai sejak Maret 2017. Peresmian dimulainya proyek revitalisasi ini dilakukan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono yang saat itu menjabat Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta.
Kala itu, Sumarsono menyebutnya sebagai amanat dari Ahok. "Setelah berkomunikasi dengan Pak Basuki Tjahaja Purnama gubernur definitif, revitalisasi ini merupakan satu dari sembilan pekerjaan rumah yang dititipkan kepada saya untuk segera diselesaikan," ujar Sumarsono. Baca juga: Demi Keamanan, Pemprov DKI Batasi Jam Operasional Lapangan Banteng Ahok memang menggagas revitalisasi ini sejak 2016. Tujuan awalnya, dia ingin Lapangan Banteng memiliki lapangan bola berstandar internasional. Tak hanya lapangannya, patung Pembebasan Irian Barat juga akan dipugar. Akan dibangun danau kecil yang mengelilingi patung tersebut. "Kami lagi kerjain lapangan bola itu, standar internasional. Dengan rumput sintetis dan lengkap dengan saluran air pembuangannya. Jadi lapangan bisa dibersihkan dan ada pembuangannya, biar enggak bau karena kutu," kata Ahok.

Peresmian revitalisai taman lapangan Banteng menurut berita dari kompas.com sebagai berikut;
Setelah pengerjaannya dilakukan lebih dari satu tahun yang lalu, revitalisasi Lapangan Banteng akhirnya selesai. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan ikon baru Jakarta tersebut pada Rabu (25/7/2018) malam.Sumber kompas.com

Lapangan seluas 5,2 hektare ini mulai direvitalisasi pada Maret 2017 lalu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan meresmikannya pada 25 Juli 2018.Semoga taman Lapangan banteng yang kini menjadi sangat indah dan penuh kenangan sejarah menjadi bermanfaat bagi masyarakat banyak
Revitalisasi Lapangan Banteng ini dimulai sejak Maret 2017. Peresmian dimulainya proyek revitalisasi ini dilakukan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Sumarsono yang saat itu menjabat Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Revitalisasi Lapangan Banteng yang Digagas Ahok dan Diresmikan Anies...", https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/26/19170891/revitalisasi-lapangan-banteng-yang-digagas-ahok-dan-diresmikan-anies.
Penulis : Jessi Carina
Editor : Icha Rastika
Mobile ads:



Referensi:
https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/26/19170891/revitalisasi-lapangan-banteng-yang-digagas-ahok-dan-diresmikan-anies
https://megapolitan.kompas.com/read/2018/03/05/14021471/seperti-apa-wajah-taman-lapangan-banteng-kini
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180721115332-272-315903/foto-wajah-baru-taman-lapangan-banteng/2
https://id.wikipedia.org/wiki/Lapangan_Banteng
https://news.detik.com/foto-news/d-3956958/keren-wajah-baru-lapangan-banteng-dilihat-dari-ketinggian
https://news.detik.com/foto-news/d-4134134/melihat-kerennya-air-mancur-menari-di-lapangan-banteng/2#share_top
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180721115332-272-315903/foto-wajah-baru-taman-lapangan-banteng/4
https://www.antaranews.com/berita/707722/ini-tiga-zona-di-lapangan-banteng-yang-perlu-anda-tahu



LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mobi Info

...

Info Promo