Google Searching

Apa itu unsur hara pada tanah ?

Kenali Manfaat Unsur Hara Bagi Tumbuhan
Unsur Hara Untuk Pohon Jeruk 


Tumbuhan untuk tumbuh dan berkembang membutuhkan unsur hara. 
Apa fungsi unsur hara?
Jika tumbuhan tidak tercukupi kebutuhan unsur haranya ini, maka tanaman tidak dapat tumbuh normal. Unsur hara adalah unsur kimia yang terdapat dilingkungan dan dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Unsur hara ini didapat dari lingkungan tumbuhan yaitu udara, tanah dan air. 
Contoh: 
Unsur hara yang didapat dari Udara dan Air: C, H, O. 
Unsur hara yang didapat dari tanah: N, P, K, Ca, Mg, S.
Untuk mencukupi kebutuhan unsur hara ini dapat ditambahkan dalam bentuk pupuk, baik pupuk organik, seperti pupuk kandang, kompos, humus, maupun pupuk kimia.

Apa itu unsur hara pada tanah?
Yaitu Unsur hara yang didapat dari tanah, contohnya: N, P, K, Ca, Mg, S.

Manfaat setiap unsur hara secara umum adalah membantu pertumbuhan tanaman agar berkembang , berbunga, dan berbuah secara maksimal. 

Unsur hara apa saja?
Unsur hara dibagi menjadi berapa?
Unsur hara berdasarkan kebutuhannya dibagi dua yaitu: Unsur hara makro dan Unsur hara Mikro. Untuk penjelasan lebih jauh ada dibawah ini. 

Unsur Hara Makro: Unsur hara makro (Macro Nutrient) merupakan unsur pokok yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang banyak, yang termasuk didalamnya adalah: Nitrogen (N), Belerang atau sulfur (S), Kalium (K),  Kalsium (Ca), Fosfor (P), Magnesium (Mg)

Unsur hara Mikro: Unsur hara Mikro (Micro Nutrient) merupakan unsur hara dasar yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah yang sedikit, terdiri dari unsur Seng (Zn), Tembaga (Cu), Besi (Fe), Molibdenum (Mo), Boron (B), Mangan (Mn), dan Klor (Cl). 

Unsur hara dapat digolongkan berdasarkan ketergantiannya oleh unsur lain yang dikenal dengan unsur hara esensial dan non esensial. 

Unsur esensial artinya unsur-unsur tersebut keberadaannya tidak dapat digantikan oleh unsur lain, yang termasuk golongan esensial adalah Belerang (S), Kalsium (Ca), Fosfor (P), Besi (Fe), Molibdenum (Mo), Boron (B), Mangan (Mn), Seng (Zn), Oksigen (O), Carbon (C), dan lain-lain.

Unsur non esensial artinya unsur ini hanya memiliki peran yang kecil terhadap pertumbuhan tanaman, sehingga dapat digantikan oleh unsur lain. Contoh unsur ini adalah Natrium (Na), Silikon (Si), Brom (Br), dan Fluor (F).

Apa yang terjadi jika tanaman kelebihan unsur hara? 

(1) Warna daun lebih hijau dan lemas, 
(2) Daun tanaman lebat dan rimbun, menyebabkan proses pembungaan menjadi lebih lama, 
(3) Tanaman rentan terhadap penyakit, batang tanaman menjadi rapuh dan mudah patah, 
(4) Produksi bunga dan buah menurun.

Tag: #Pupuk,#Unsur Hara,#Hobi tanaman, #Manfaat Unsur Hara Bagi Tumbuhan.


Lainnya: 

Referensi:

https://www.geografi.org/2022/02/unsur-hara-dalam-tanah.html

https://www.geologinesia.com/2018/01/unsur-hara.html

https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-unsur-hara/

https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/04/083000469/unsur-hara--pengertian-dan-fungsinya#:~:text=Dikutip%20dari%20buku%20Pupuk%20dan,tumbuh%20dan%20berkembang%20secara%20optimal.

https://dtphp.luwuutarakab.go.id/berita/3/unsur-hara-makro-dan-mikro-yang-dibutuhkan-oleh-tanaman.html

https://pertanian.sariagri.id/57071/harus-tahu-ini-manfaat-13-unsur-hara-tanah-bagi-tanaman



Komentar