Langsung ke konten utama

Unggulan

Jenis Sumber Energi Yang Dihasilkan Bumi

Ilustrasi sumber energi (www.iatekunsri.com) Kehidupan sehari hari kita sangat membutuhkan Enegi, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan, semuanya memerlukan energi untuk melakukan aktivitasnya. Selain mahluk hidup, berbagai kendaraan dan mesin juga membutuhkan Energi untuk membuatnya bergerak.  Energi yang digunakan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan berasal dari berbagai makanan dan minuman yang dimakannya, sumber energi ini dikenal dengan sumber energi yang dapat diperbaharui. Sumber energi ini tidak menimbulkan polusi udara.  Sementara energi untuk mesin mesin yang digunakan berasal dari bahan bakar berupa bensin, solar, atau dapat juga berasal dari bahan bakar bentuk lainnya. Bahan bakar berupa Bensin dan solar itu sendiri diperoleh dari sumber energi tak terbaharui, yaitu sumber energi yang berasal dari fosil. Sumber energi yang berasal dari fosil ini,  merupakan sumber energi yang paling banyak digunakan oleh manusia.  Karena tidak dapat diperbaharui maka banyaknya penggunaan jenis

Geoduck Salah Satu Nama Jenis Kerang


Kerang Geoduck
The geoduck is kinda of freaky-looking. [Photographs: Naomi Tomky except where noted]
Kerang Geoduck (Pacific geoduck)

Pernahkah anda mendengar istilah Geoduck  ?
Terasa asing di telinga kita yah...
Geoduck adalah nama dari sebuah spesies kerang laut yang berukuran besar dan merupakan spesies kerang liang yang paling besar di dunia. 

Kata Geoduck sendiri memiliki pengertian “menggali dalam (dig deep)”.  Kerang dengan bentuk unik ini memiliki banyak nama seperti: Mirugai, tetapi ada juga yang menyebutnya dengan Kerang Belalai Gajah. 
Daerah pantai Pasifik, Kanada, dan Jepang merupakan daerah banyak ditemukannnya Kerang dengan bentuk tubuh Raksasa yang unik ini.

Kerang jenis ini memiliki berat rata-rata dari kerang geoduck dewasa bisa mencapai adalah 2 pon atau kurang lebih 1kg (termasuk dengan cangkangnya). Geoduck terbesar pernah ditemukan dan ditimbang memiliki berat 8.16pon (kurang lebih 4kg), Kerang Geoduck ini ditemukan oleh peneliti biologi WDFW pada tahun 2000 di Pantai Adelma, Washington.

Jenis kerang Geoduck ini dapat hidup dengan umur panjang dengan rata-rata 140 tahun.. Hal ini disebabkan karena geoduck tidak memiliki musuh (predator). Biasanya setelah mengubur diri, geoduck akan tetap berada ditempat tersebut hingga mati. Geoduck umumnya bisa mencapai ukuran maksimal mereka pada umur 15 tahun. Kerang ini memiliki bentuk dengan leher panjang (siphon). Panjang dari leher kerang ini bisa mencapai 2 meter. 

Kerang ini menjadi makanan favorit karena memiliki rasa yang gurih. Geoduck sendiri biasanya sering dijumpai pada kuliner khas Korea, Jepang dan China. Berikut ini beberapa makanan yang terbuat dari Geoduck:

1. Sushi Migurai
2. Geoduck and avocado salad with fruit salsa
3. Sauteed geoduck japanese style
4. Geoduck aglio olio


Geoduck (Panopea generosa)
Geoduck (Panopea generosa)


The Scientific classification of Geoduck (Panopea generosa)
Kingdom:     Animalia
Phylum:        Mollusca
Class:           Bivalvia
Order:          Myoida
Family:         Hiatellidae
Genus:          Panopea
Species:       P. generosa
Binomial name: Panopea generosa, Gould, 1850

Geoduck Facts
 Geoduck Facts

Geoduck

Habitat geoduck
Habitat geoduck

Sumber Referensi;
https://edwinlimanto22.wordpress.com/2015/03/08/geoduck-menjadi-makanan-khas-di-beberapa-negara/
https://en.wikipedia.org/wiki/Geoduck
http://www.seriouseats.com/2015/05/what-is-a-geoduck-clam-seattle-pacific-northwest-how-geoduck-are-farmed.html
http://www.ecy.wa.gov/programs/sea/pugetsound/species/geoduck.html
http://otlibrary.com/geoduck-clam/




Info:

Komentar

Postingan Populer